Akibat Mengganti Domain Blogspot Dengan Custom Domain Trafik Turun Drastis?

Beberapa waktu lalu saya coba melakukan pengantian sub domain blogspot ke custom domain atau TLD, karena dengan menggunakan domain sendiri naman blog menjadi lebih singkat dan mudah diingat selain itu tidak perlu memikirkan lagi sub domain blogspot.com yang kini redirect ke blogspot.co.id.

Mengganti domain Blogger dengan TLD sangat mudah karena hanya tinggal menyesuaikan DNS dan tutorialnya sangat banyak sekali jika kita cari di Google, namun permasalahan tidak selesai disitu ternyata setelah mengubah domain blogspot ke TLD ada beberapa efek yang kurang menyenangkan diantaranya trafik blog berkurang drastis sampai 60% dibanding sebelumnya.

Advertisements

Traffic Blog Berkurang Setelah Mengganti Blogspot ke Custom Domain

Awalnya blogspot tersebut memiliki pengunjung rata-rata 3.000 per hari (jika dilihat di Google Analytic) sedangkan jika dilihat dari dashboard Blogger ada sekitar 8.000 Pageview per harinya, setelah mengubah dengan domain berbayar satu hari kemudian pengunjung berkurang drastis sampai 60% seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

 

Akibat Mengganti Domain Blogspot Dengan Custom Domain Trafik Turun Drastis?

Beberapa Efek Buruk Mengganti Blogspot ke TLD

  1. Posisi SERP di mesin pencari terutama di Google berubah, contoh saat masih menggunakan blogspot dengan kata kunci tertentu blog tersebut menempati posisi nomor satu ternyata berubah turun menjadi posisi 3-4 namun yang muncul adalah nama domain baru bukan lagi blogspot seperti sebelumnya.
  2. Alexa rank menjadi besar lagi, jumlah index berkurang karena masih menyesuaikan proses pergantian domain tersebut.
  3. Pengunjung berkurang dratis, ini yang paling tidak disukai dan akibatnya penghasilan Adsense pun berkurang sampai 50% dibanding sebelumnya.

Tapi jangan khawatir karena 3 efek negatif yang saya sebutkan diatas sepertinya sementara karena setelah dicek kembali, untuk posisi serp di Google sudah mulai pulih dan kini beberapa keyword sudah kembali ada di nomor satu. Sedangkan untuk trafik setelah dua minggu sepertinya sudah kembali merangkak naik menuju normal.

Setelah Mengganti Blogspot ke Custom Domain Apa Yang Saya Lakukan

  1. Submit ulang blog ke Google Webmaster yang sekarang berganti menjadi Google Search Console
  2. Hapus sitemap lama dan ganti dengan sitemaps menggunakan domain baru.
  3. Jika anda menggunakan Adsense maka masukan domain tersebut ke situs yang diotorisasi.
  4. Jika anda mengunakan Feedburner, sesuaikan url di feedburner ke yang baru.

Kesimpulan sementara, semua efek kurang bagus akibat mengganti domain blogspot ke cuatom domain atau TLD tampaknya tidak permanen atau hanya sementara saja jadi bagi kamu yang ingin melakukan hal sama seperti saya tidak perlu takut akan kehilangan trafik selamanya.

Tags:
Latest Comments
  1. Muliadinur August 15, 2016
  2. Muliadinur August 1, 2016
  3. koko 1745 May 18, 2016
  4. gadget android May 12, 2016
  5. ikhz2015 March 28, 2016
  6. ikhz2015 March 28, 2016
    • Penablog March 28, 2016
  7. gamaparfum March 14, 2016
  8. aryaditia February 8, 2016
    • Penablog February 9, 2016
  9. afrid December 30, 2015
    • Penablog December 30, 2015
  10. seputar IT December 25, 2015