Apa Bedanya Internet Banking Mandiri VS Mandiri Online?

Saat akan login ke ib mandiri saya melihat ada banner mandiri online lalu sempat bertanya apa bedanya internet banking mandiri vs mandiri online ini? nah untuk mengobati rasa penasaran akhirnya saya pilih banner tersebut.

Kemudian setelah itu login menggunakan user id dan password akun internet banking dan setelah masuk ternyata mandiri online ini fungsinya sama dengan internet banking mandiri namun memiliki beberapa perbedaan signifikan seperti tampilan, cara mengakses, cara transaksi dan informasi yang ditampilkan.

Advertisements

Mandiri online bisa dikases dari HP menggunakan aplikasi sedangkan internet banking tidak, jadi bisa dibilang kalau mandiri online ini merupakan gabungan dari internet banking dengan mandiri mobile.

Apa Saja Perbedaan Internet Banking Mandiri VS Mandiri Online?

Seperti saya sebutkan diatas, secara fungsi keduanya tidak mempunyai perbedaan karena sama-sama bisa dipakai untuk melakukan berbagai transaksi secara online namun ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu anda tahu diantaranya.

# 1 Tampilan Menu Utama

Saat masuk ke halaman internet banking mandiri, kita tidak dapat melihat informasi apapun kecuali ucapan selamat datang dan untuk menuju ke menu yang diinginkan harus klik melalui menu yang ada di sebelah kiri.

Misalnya jika ingin cek saldo tabungan kita harus buka dulu menu Informasi rekening dan seterusnya setelah itu harus memilih tanggal juga baru bisa terlihat saldo beserta rincian mutasi rekening.

Apa Saja Perbedaan Internet Banking Mandiri VS Mandiri Online?

Sedangkan mandiri online web tidak demikian, saat kita sudah masuk maka akan langsung terlihat informasi rekening yang kita miliki termasuk saldo dan no rekening mandiri seperti tampak pada gambar berikut ini.

Mandiri Online Gabungan Dari Internet Banking dan Mandiri Mobile

Tidak hanya itu navigasi menu pun lebih mudah diakses karena posisinya ada dibagian atas dengan model drop down sehingga kita tidak perlu klik berkali-kali untuk menuju ke suatu menu yang diinginkan.

# 2 Otorisasi Transaksi

Pada internet banking mandiri untuk melakukan otorisasi transaksi cukup dengan menggunakan token, aktifkan token lalu masukan challenge code yang terlihat pada browser.

Otorisasi Transaksi

Sedangkan pada mandiri online tidak demikian, kode challenge tidak lagi ada pada layar pc melainkan dikirim via sms ke nomor HP terdaftar.

Sehingga agar berhasil otentikasi transaksi kita juga harus selalu berada didekat ponsel dan dalam keadaan aktif.

Cara Menggunakan Mandiri Online di Komputer via Web

# 3 Mandiri Online Membutuhkan Mandiri SMS

Masih berhubungan dengan perbedaan poin ke-2, agar bisa transaksi via web mandiri online selain harus mempunyai token pin mandiri kita juga harus sudah terdaftar pada layanan sms banking mandiri karena no hp diperlukan untuk menerima kode challenge saat akan otorisasi transaksi.

Jadi tanpa terdaftar ke mandiri sms kita tidak bisa transaksi hanya menggunakan token, mungkin ini perbedaan yang paling mencolok antara internet banking mandiri vs mandiri online.

# 4 Mandiri Online Web Lebih Cepat Untuk Transaksi Dibanding Internet Banking Mandiri

Berdasar pengalaman saya pribadi, mandiri online memiliki keunggulan lebih cepat saat digunakan untuk transaksi, kenapa?

  1. Tidak perlu repot memilih rekening tabungan asal. Berbeda dengan internet banking mandiri walaupun kita hanya punya 1 rekening tetapi saat akan transaksi baik itu transfer uang maupun bayar tagihan pasti diminta untuk memilih rekening yang akan digunakan. Sedangkan pada mandiri online tidak demikian.
  2. Semua no rekening, nomor ponsel e-cash bahkan kartu e-toll sekalipun saat pertama kali akan kita input untuk transaksi akan disimpan terlebih dahulu sehingga saat akan melakukan transaksi yang sama ke no rekening tersebut kita tidak perlu lagi input manual nomor rekening tujuan tapi cukup pilih dari daftar yang sudah ada.

Baca juga : cara kirim uang lewat mandiri online.

# 5 Mandiri Online Tersedia Untuk Versi Smartphone

Perbedaan lainnya adalah internet banking mandiri tidak tersedia untuk versi smartphone sehingga jika ingin transaksi via hp mau tidak mau harus membuka mobile browser.

masukan MPIN

Sedangkan mandiri online bisa dipasang pada HP sehingga tidak perlu repot lagi membuka mobile browser. Cukup jalankan aplikasinya dan untuk otorisasi transaksinya menggunakan MPIN atau PIN SMS Banking Mandiri bukan token sama seperti mandiri mobile. Lebih lengkapnya baca : cara menggunakan mandiri online di HP Android.

Itulah beberapa perbedaan antara internet banking mandiri vs mandiri online. Yang paling terlihat saat akan transaksi via web selain harus mempunyai token kita juga harus sudah terdaftar ke layanan sms banking mandiri agar bisa menerima kode challenge.

Perbedaan siginifikan lainnya adalah mandiri online tersedia untuk smartphone sedangkan internet banking mandiri tidak. Sedangkan untuk urusan fungsi keduanya sama saja.

Penting : saya hanya nasabah mandiri biasa bukan bagian dari bank mandiri jadi jika anda mengalami kendala dengan mandiri online sebaiknya segera hubungi pihak terkait agar bisa dibantu.

Akhir kata terimakasih telah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat dan jangan lewatkan tulisan lain seperti : apa perbedaan mandiri online dengan mandiri mobile.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *