Apa Perbedaan Mandiri Online Dengan Mandiri Mobile?

Tahukah anda apa perbedaan mandiri online dengan mandiri mobile? jika belum tahu maka saya akan coba jelaskan sedikit mulai dari persamaannya dulu yaitu keduanya merupakan layanan dari bank mandiri yang berfungsi untuk memudahkan transaksi nasabahnya baik finansial maupun non finansial.

Namun demikian, aplikasi mandiri online lebih lengkap jika dibandingkan dengan mandiri mobile sebagai contoh pada mandiri online ada pilihan untuk upgrade, top up, transfer mandiri e-cash sedangkan di mandiri mobile tidak ada.

Advertisements

Sedangkan untuk perbedaanya yang paling mencolok adalah untuk aktivasi mandiri mobile harus menggunakan nomor hp yang sudah terdaftar kemudian kita buat password untuk mengakses aplikasinya, tapi mandiri online tidak demikian karena untuk bisa mengakses dari hp selain harus terdaftar ke mandiri sms kita juga harus sudah mempunyai akun internet banking.

Karena untuk masuk ke mandiri online harus menggunakan user id dan pin internet banking mandiri. Lalu untuk otorisasi transaksi dari HP masih tetap menggunakan pin mandiri sms, untuk lebih mudah memahami apa perbedaan mandiri online dengan mandiri mobile silahkan lihat perbandingan berikut ini.

Ini Dia Perbedaan Mandiri Online Dengan Mandiri Mobile

Saya hanya akan menampilkan sebagian perbedaan keduanya, karena pada dasarnya yang berbeda itu hanya cara login dan menu nya saja sisanya hampir sama dan jika anda masih bingung atau kesulitan mengakses aplikasi mandiri online maka sebaiknya langsung tanyakan saja pada pihak mandiricare.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar antara Mandiri online VS Mandiri Mobile.

#1 Tampilan dan Cara Login

Apa Perbedaan Mandiri Online Dengan Mandiri Mobile?

Seperti terlihat pada gambar diatas tampilan mandiri online (kiri) lebih menarik dibanding mandiri mobile dan untuk login pun caranya berbeda.

Mandiri online login menggunakan user ID dan PIN mandiri internet sedangkan mandiri mobile login dengan password yang anda buat saat aktivasi.

Artinya sebelum bisa menggunakan mandiri online di HP maupun via web, anda harus daftar internet banking mandiri terlebih dahulu via atm atau datang langsung ke kantor cabang lalu lakukan aktivasi agar bisa memiliki user id dan pin (password).

#2 Mandiri Online Bisa Diakses Dari HP Dan Dari Web Browser

Perbedaan kedua adalah, mandiri online ini bisa diakses dari hp (install aplikasi) maupun dari PC akan tetapi jika mengakses dari pc maka kita harus mempunyai token mandiri terlebih dahulu sebelum bisa transaksi.

Mandiri Online Gabungan Dari Internet Banking dan Mandiri Mobile

Berbeda dengan mandiri mobile yang mana kita tahu hanya merupakan aplikasi jadi otomatis hanya bisa diakses dari HP.

#3 Mandiri Online Lebih Informatif

Jika dibandingkan dengan mandiri mobile, mandiri online ini lebih informatif misalnya saat kita masuk maka akan langsung terlihat nomor rekening, nama pemilik dan juga sisa saldo tabungan tanpa harus repot memilih menu apapun.

Tidak hanya itu melalui mandiri online kita juga bisa cek mutasi rekening dengan lebih lengkap yang bisa difilter atau dicari berdasarkan tanggal yang diinginkan sama seperti saat mengakses dari internet banking.

Berbeda dengan mandiri mobile yang hanya bisa melihat 5 transaksi terakhir saja jadi jelas mandiri online ini lebih infomatif dan memudahkan kita saat ingin mengetahui history transaksi dari rekening tabungan mandiri kita lewat HP.

#4 Fitur Mandiri Online Lebih Lengkap Atau Sama Dengan Internet Banking

Untuk urusan fitur, mandiri online lebih lengkap dibandingkan mandiri mobile. Misalnya selain bisa untuk transfer, pembayaran, pembelian ada menu untuk transfer, top up, upgrade e-cash.

Cara Menggunakan Mandiri Online di HP Android

Bahkan dari mandiri online di HP kita juga bisa gunakan untuk melakukan top up maupun cek saldo e-money e-toll atau Indomaret card.

Tapi jika disimpulkan fungsi keduanya adalah sama yaitu untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi dari HP, yang beda hanya cara login, fitur dan tampilan.

Note : mandiri online versi smartphone ini sepertinya masih dalam tahap pengembangan dan tidak jarang ada pengguna yang tidak bisa login termasuk saya yang belakangan ini malah mengalami masalah tidak bisa masuk dengan pesan kesalahan “Login tidak dapat dilakkan karena user ID masih digunakan pada browser yang lain….”

Login tidak dapat dilakkan karena user ID masih digunakan pada browser yang lain

Padahal saya tidak dalam keadaan login di device maupun browser tetapi sampai detik ini belum berhasil login kembali bahkan setelah melakukan install ulang aplikasi sekalipun.

Selain itu saat error terjadi, saya masih bisa mengakses layanan mandiri lain dari HP yang sama termasuk membuka mandiri mobile maupun mandiri e-cash, entah apa penyebabnya karena satu hari sebelumnya masih lancar.

Kekurangan Aplikasi Mandiri Online Android

Setelah menggunakan beberapa hari untuk transaksi berikut adalah beberapa kekurangan yang saya dapatkan.

  1. Untuk login harus menggunakan user id dan pin internet banking walau akses dari hp jadi mau tidak mau anda harus daftar dan aktivasi internet banking terlebih dahulu.
  2. Masih sering update dan tidak ada notifikasi yang jelas. Tidak jarang saat pertama kali membuka aplikasi mandiri online hanya muncul lingkaran berputar-putar (loading) ternyata setelah coba di close atau keluar baru muncul notifikasi sedang mendownload update dan tidak ada pilihan untuk melewati atau skip dulu.
  3. Update sepertinya dilakukan langsung dari server sehingga saat kita clear data aplikasi atau install ulang maka harus melakukan update lagi, kenapa saya curiga update dilakukan langsung dari server? karena jika cek di Google Play Store aplikasinya terakhir rilis pada Feb 2017 artinya tidak ada update di aplikasi.
  4. Ketika login kadang membutuhkan OTP (one Time Password) dan dikenakan biaya jadi jika no hp yang terdaftar tidak mempunyai pulsa maka tidak bisa menerima kode otp akibatnya tidak bisa masuk ke aplikasi.

Selain memiliki kekurangan tentu mandiri online memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan mandiri mobile dan yang paling mencolok adalah fiturnya lebih lengkap.

Itulah 5 perbedaan mandiri online dengan mandiri mobile yang saya tahu dan untuk lebih jelasnya maka anda bisa coba langsung download lalu jalankan sendiri, atau jika masih butuh informasi lain silahkan baca juga cara menggunakan mandiri online di hp Android.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *