Aplikasi di Google Play Store Yang Mengandung Iklan Akan Diberi Tanda

Google baru saja mengumumkan kebijakan baru untuk Google Play Store yang mana semua aplikasi Android yang berisi iklan disana mulai 2016 akan diberi label ad-supported atau mengandung iklan untuk mempermudah pengguna mengetahui apakah aplikasi yang mereka unduh memiliki iklan atau tidak.

Karena seperti kita tahu saat ini ada banyak aplikasi gratis yang saat kita jalankan sering muncul iklan yang cukup menganggu karena terlalu banyak atau bahkan tampil full satu halaman.

Advertisements

Walaupun baru akan diwajibkan mulai tahun depan, tetapi saat beberapa aplikasi yang masuk kedalam kelompok keluarga atau family app di Google Play Store sudah diberi tanda Ad supported atau “Aplikasi keluarga yang mendukung iklan” salah satu contohnya adalah game Hot Wheels Showdown.

Walaupun tidak diberi label khusus sebetulnya bagi pengguna Android yang sudah terbiasa mendownload aplikasi gratisan disana sebagian besar sudah tahu jika aplikasi yang mereka unduh memang mengandung iklan, dan beberapa developer memberikan opsi upgrade agar iklan-iklan tersebut tidak muncul lagi.

Aturan pemberian label untuk aplikasi yang mengandung iklan dapat dilihat lebih jelas di halaman resmi Google dan bagi developer yang tidak mengikuti aturan ini maka mereka akan menghadapi resiko dibanned seperti kutipan berikut ini.

Aplikasi di Google Play Store Yang Mengandung Iklan Akan Diberi Tanda

 

If you misrepresent the presence of ads in your app(s), it’s considered a violation of Google Play policies and may result in your app(s) being suspended.

Jika kurang jelas dan ingin mencari informasi lebih lanjut silahkan buka halaman Android Developer page dan baca-baca keterangan yang ada disana.