Baru Seminggu Ganti Kipas Laptop Acer 4739 Rusak Lagi

Kipas laptop merupakan salah satu komponen penting karena tanpanya laptop akan cepat panas lalu mati, nah kali ini saya akan berbagi pengalaman mengganti kipas laptop Acer Aspire 4739 yang ternyata hanya tahan satu minggu.

Karena waktu itu mendesak akhirnya saya mencari toko servis laptop yang menyediakan kipas Acer 4739 dan setelah ketemu akhirnya segera mendatangi toko tersebut dan tak lama kipas diganti dengan yang baru walau memang bukan asli atau original.

Advertisements

Kalau tidak salah harganya waktu itu sekitar 100ribuan, setelah diganti laptop normal kembali tidak sering mendadak mati sendiri ketika sedang digunakan, namun ternyata ini hanya tahan satu minggu saja karena setelahnya kipas pendingin processor kembali bermasalah dengan mengeluarkan suara yang lumayan keras seperti terjadi gesekan.

Penampakan Kipas Laptop Acer Aspire 4739

Baru Seminggu Ganti Kipas Laptop Acer 4739 Rusak Lagi

Gambar diatas adalah kipas laptop Acer Aspire 4739 yang hanya kuat bertahan 1 minggu dan kini sudah mulai kembali bermasalh karena sering berhenti sendiri dan akibatnya laptop sering mati.

Ciri-Ciri Kipas Laptop Rusak

Berdasakan pengalaman pribadi dan teman yang mengalami masalah serupa, berikut tanda-tanda kipas laptop sudah minta diganti dengan yang baru.

  1. Mengeluarkan suara yang cukup keras seperti plastik yang sedang bergesekan, lalu kadang hilang lagi.
  2. Laptop terasa lebih cepat panas, dan jika dibiarkan biasanya sering mati sendiri.
  3. Jika sudah parah biasanya laptop hanya bisa hidup sampai start up lalu shutdown.

Entah apa penyebabnya, apa karena faktor usia atau kotor terkena debu, tetapi sudah tiga tipe laptop Acer yang mengalami masalah kipas rusak ini diantaranya Acer Aspire 4739, Travelmate (lupa serinya) dan Acer 4738z (sudah diganti dengan total biaya Rp. 200.000)

Apakah ini salah satu kelemahan dari Laptop merk Acer entahlah, tetapi sejak menggunakan merk ini dari tahun 2006 sudah ada 3 yang bermasalah dan biasanya terjadi ketika penggunaan laptop sudah lebih dari 2 tahunan.

Saat ini saya masih coba mencari kipas pengganti namun sepertinya bukan original lagi dan harganya pun berbeda-beda mulai dari 60ribu – 165ribuan, mungkin yang terbaik harus datang langsung ke servis center resmi untuk memastikan kejadian ini tidak terulang.

Adakah yang mengalami masalah serupa dengan saya? jika ya silahkan share pengalamannya.