Blog Lama Ditinggal Pengunjung Ko Malah Naik

Penablog.com – salah satu teman blogger baru saja bercerita tentang blog WordPressnya yang sudah satu bulan ini tidak pernah diupdate lagi karena sedang sibuk mengerjakan urusan lain.

Tetapi ada yang menarik ketika dia log in ke akun WordPress.com ternyata pada bulan Januari 2016 ini jumlah visitor dan page view meningkat hampir 100%, ko bisa tanya dia.

Advertisements

Sebetulnya hal ini tidaklah aneh apalagi blog teman tersebut masih baru, dan mungkin masih perlu waktu untuk bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung dari mesin pencari terutama Google.

Penampakan Statistik Blog – Ditinggal Tetapi Pengunjung Bertambah

Untuk meyakinkan saya meminta teman untuk mengirimkan screen shoot statistik blog WordPress miliknya dari dashboard wordpress.com karena dia menggunakan plugin jetpack dan mengaktifkan site stats, dan berikut penampakannya.

Penampakan Statistik Blog - Ditinggal Tetapi Pengunjung Bertambah

Statistik diatas bukan dari Penablog.com tapi dari blog teman yang sedang saya ceritakan.

Terlihat pada gambar diatas, kenaikan visitor terjadi mulai dari 8 januari 2016 dan terus berlanjut bahkan naik 100% lebih dari awalnya hanya 300an vsisitor per hari menjadi 600-700 UV dengan rata-rata page view 800-1000 per hari.

Entah karena pada bulan Januari ada perubahan algoritma Google atau hanya kebetulan blog baru tersebut sudah mendapatkan tempat di hati Google.

Jumlah Posting dan Tanggal Terakhir Post Artikel

Jumlah Posting dan Tanggal Terakhir Post Artikel

Dengan total artikel 40an, 13 komentar dan 3 halaman, dan tanggal terakhir posting adalah 19 Desember 2015 blog baru tersebut sudah bisa mendapatkan pengunjung yang lumayan dan jika diupdate terus bukan hal yang mustahil akan mencapai 1.000 UV per hari dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Bukan Hal Luar Biasa

Statistik pengunjung blog yang saya tampilkan diatas memang bukan hal luar biasa, tetapi bisa menjadi inspirasi buat blogger yang merasa kesulitan meningkatkan jumlah pengunjung walau sudah update artikel setiap hari.

Dengan perencanaan matang terutama dalam menentukan niche atau tema serta membangun konten untuk pembaca bukan hanya untuk search engine adalah hal yang dilakukan teman saya tersebut, dan terbukti cukup menggembirakan hasilnya.

Walaupun sebetulnya pencapaian diatas masih kurang maksimal, karena pada percobaan pertamanya dia berhasil mendapatkan 1.000 pengunjung per hari dari 30 artikel saja dalam waktu 2 bulan.

Memang ada beberapa perbedaan yang dia lakukan pada percobaan kali ini terutama untuk sumber dan cara mencari backlink, dimana pada blog baru ini dia lebih hati-hati dan tidak terlalu mengandalkan backlink lagi tetapi lebih fokus pada konten.

Info Tambahan

Blog tersebut masih polos alias tidak dipasang script iklan apapun termasuk Google Adsense karena memang tujuannya mencari traffic dulu baru memikirkan monetasi.

Tema blog tentang teknologi dan komputer, tidak jauh berbeda dengan blog saya.

Pemilik blog tersebut mengambil konsep membuat blog niche dari micro niche artinya dia membahas secara detail dari niche2 kecil kemudian menggabungkan menjadi satu menjadi sebuah blog niche besar yang tentu saja temanya masih seputar teknologi.

Sederhananya dia membagi posting dalam beberapa kategori utama kemudian mencari ide postingan dan membuat artikel yang saling terkait dan mendalam karena semua tulisan rata-rata berupa tutorial dan dicoba sendiri sebelum ditulis jadi tidak asal tulis.

Itulah sedikit cerita kurang penting 🙂 dari seorang teman blogger yang sedang berkesperimen dengan beberapa blog baru, tetapi karena kesibukan akhirnya eksperimen tersebut ditunda dulu tetapi hasilnya sudah cukup memuaskan karena walau blog tidak diupdate lagi pengunjung malah bertambah terus.

Tags: