Cara Backup WordPress ke DropBox Dengan UpdraftPlus

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membackup wordpress full baik file maupun database dengan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan plugin UpdraftPlus. Plugin ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat langsung membackup wordpress ke DropBox, Google Drive, OneDrive, Email dan lainnya.

Kenapa kita harus membackup wordpress? salah satu alasannya adalah untuk mencegah kita kehilangan blog kesayangan saat web hosting yang kita gunakan bermasalah.

Advertisements

Karena tidak jarang ada saja kejadian akibat web hosting bermasalah seperti file wordpress kita terhapus, atau saat database rusak, corrupt sehingga data posting yang kita miliki hilang maka dengan memiliki file backup kita tidak perlu terlalu khawatir lagi.

Nah daripada menyesal belakangan ada baiknya kita lakukan backup secara teratur sehingga akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Cara Backup WordPress ke DropBox Dengan UpdraftPlus

Kembali ke UpdraftPlus, plugin ini bisa digunakan secara gratis walaupun memang ada beberapa fitur yang hanya bisa dinikmati jika kita upgrade ke premium salah satunya adalah clone/migrate wordpress. Namun jika yang dibutuhkan hanyalah untuk backup maka UpdraftPlus sudah lebih dari cukup.

Cara Install dan Konfigurasi UpdraftPlus Pertama Kali

Setelah plugin terpasang, maka kita harus melakukan pengaturan yang bisa diakses dari menu settings untuk menghubungkan UpdraftPlus ke akun DropBox, dan berikut adalah langkahnya.

  1. Log in ke akun DropBox kamu
  2. Install dan aktifkan plugin UpdraftPlus yang bisa kamu dapatkan dari sini
  3. Kemudian dari dashboard wordprss pilih Settings – UpdraftPlus backups
  4. Kemudian pilih tab Settings, scroll kebawah dan lihat Copying Your Backup To Remote Storage. selanjutnya Choose your remote storage pilih DropBox lalu Save Changes.Cara Install dan Konfigurasi UpdraftPlus Pertama Kali
  5. Setelah pengaturan disimpan, sekarang buka kembali tab Setting lalu scroll sampai bagian “Authenticate with Dropbox”  kemudian klik “After you have saved your settings (by clicking ‘Save Changes’ below), then come back here once and click this link to complete authentication with Dropbox.”
  6. UpdraftPlus akan meminta otorisasi, klik Allow.Cara Install dan Konfigurasi UpdraftPlus Pertama Kali

Sampai sini kita sudah berhasil menghubungan plugin UpdraftPlus ke wordpress sehingga nantinya dapat digunakan untuk backup dan upload otomatis ke akun DropBox tersebut.

Backup Otomatis Terjadwal

Jika tidak ingin repot maka kita bisa mengatur agar proses backup berjalan secara otomatis yang bisa dilakukan setelah melakukan perubahan seperti berikut ini.

Masuk ke dashboard wordpress lalu pilih Menu Settings – UpdraftPlus Backups. Setelah terbuka pilih Tab Settings lalu ubah File backup intervals dan Database backup intervals sesuai keinginan, bisa harian, mingguan bulanan, tiap dua jam, 4 jam dan seterusnya. Setelah selesai klik Save Changes.

Backup Otomatis Terjadwal

Cara Membackup WordPress ke DropBox – Manual

Cara yang akan saya tunjukan dibawah ini adalah backup manual, sedangkan jika kamu pilih backup otomatis atau terjadwal maka tidak perlu melakukan langkah dibawah ini.

  1. Dari dashboard wordpres, pilih Settings – UpdraftPlus Backups
  2. Setelah terbuka pilih Backup Now, akan muncul pop up yang menanyakan apa saja yang ingin kita backup, silahkan pilih sesuai kebutuhan (biarkan/jangan centang satupun jika kamu ingin backup database, theme, plugin serta folder upload), klik Backup now untuk melanjutkan.Cara Membackup WordPress ke DropBox - Manual
  3. Tunggu sampai proses backup serta upload ke dropbox selesai.Cara Membackup WordPress ke DropBox - Manual

Catatan :

  • Jika space hosting terbatas sebaiknya file backup yang tersimpan di server dihapus secara reguler, yang bisa dilakukan dari tab existing backups, kemudian pilih Delete. Jangan centang jika hanya ingin menghapus dari penyimpanan lokal saja.
  • Jika hanya ingin backup ke server tanpa upload maka saat muncul pop up centang “Don’t send this backup to remote storage”
  • File backup yang dihasilkan akan terpisah menjadi beberapa file yaitu themes, plugins, uploads dan db (database).
  • Untuk melihat atau mendownload dari DropBox caranya login ke akun kamu lalu, buka folder Apps – UpdraftPlus. Lihat gambar dibawah ini.Cara Backup WordPress ke DropBox Dengan UpdraftPlus

Itulah sedikit panduan cara backup blog WordPress ke Dropbox menggunakan plugin UpdraftPlus dan selain DropBox kamu juga bisa pilih penyimpanan cloud lainnya termasuk Google Drive.

Semoga panduan singkat ini bisa bermanfaat atau jika sobat blogger memiliki cara lain yang lebih baik silahkan berbagi pengalaman disini.