Cara Boot Safe Mode Samsung Galaxy Grand 2

Penablog.com – Tidak jauh berbeda dengan komputer ternyata di HP Android pun memiliki opsi untuk boot dalam keadaan safe mode sehingga aplikasi yang terpasang selain aplikasi bawaan tidak akan berjalan.

Posting ini sebetulnya masih kelanjutan dari aplikasi Android install sendiri, setelah melakukan scanning dengan ESET untuk Android akhirnya saya tahu yang membuat HP Samsung Galaxy Grand 2 selalu nginstall aplikasi tanpa ijin adalah karena adanya adware.

Advertisements

Karena tidak bisa dihapus akhirnya hanya bisa dinonaktifkan, celakanya dalam keadaan normal adware yang menginfeksi file Security Service tersebut tidak bisa benar-benar dinonaktifkan (stop) karena tidak lama setelah dimatikan tiba-tiba bisa aktif sendiri.

Oleh karena itulah saya coba lagi menonaktifkan dalam keadaan boot safe mode, dan bagi sobat pengguna Android yang belum tahu cara safe mode Galaxy Grand 2 silahkan lanjut membaca.

Cara Boot Safe Mode Samsung Galaxy Grand 2

Saya kurang tahu apakah cara yang akan saya jelaskan dibawah ini bisa digunakan juga pada tipe ponsel pintar Samsung lain atau tidak, tetapi jika googling ternyata langkah ini sama dengan cara restart safe mode Galaxy Grand PRIME, dan berikut langkahnya.

  1. Matikan HP Android kamu seperti biasa melalui tombol power.
  2. Setelah itu nyalakan kembali, dengan menekan tombol power dan terus tekan jangan dilepas sampai muncul logo Samsung Galaxy Grand 2 (yang berwarna putih).
  3. Kemudian setelah melepas tombol power segera tekan tombol volume down dan jangan dilepas sampai HP Samsung tersebut berhasil restart.
  4. Jika sobat melakukan dengan benar maka akan muncul tulisan Safe mode dibagian kiri bawah seperti terlihat pada gambar berikut.

Cara Boot Safe Mode Samsung Galaxy Grand 2

Saat safe mode hanya aplikasi bawaan pabrik saja yang akan berjalan jadi, safe mode bisa menjadi solusi ketika sobat baru install aplikasi tapi membuat HP menjadi error atau langsung crash setelah restart misalnya sehingga sulit untuk dihapus.

Maka pilihlah safe mode karena setelah restart kita bisa menghapus aplikasi yang tidak diinginkan atau yang bermasalah.

Selain bisa dengan mudah menghapus app, ketika safe mode ternyata saya juga bisa mematikan beberapa services yang terus berjalan walau sudah distop seperti SecurityService dan FirewallServices yang keduanya terinfeksi Adware sehingga Galaxy Grand 2 saya selalu muncul app tertentu dan akan kembali muncul walau sudah dihapus.

Itulah sedikit pengalaman melakukan restart safe mode pada Samsung Galaxy Grand 2, seperti saya sebutkan diatas saya tidak tahu apakah cara ini bisa digunakan untuk tipe Samsung lain atau tidak, tetapi tidak ada salahnya dicoba dulu. Semoga bermanfaat dan jika masih bingung silahkan tanyakan semoga saya bisa membantu.