Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

Cara Cek Tagihan, Pembayaran dan Limit Kartu Kredit Bank Mega

Penablog.com – Bagi pemegang kartu kredit Bank Mega seperti mega carrefour, visa gold, silver, platinum dan lainnya dan belum tahu bagaimana cara cepat cek limit, tagihan dan pembayaran terakhir maka dapat dilakukan dengan cara telepon ke 60010 via ponsel atau 500010 dari fixed line atau telepom rumah.

Advertisement

Salah satu hal yang biasa saya lakukan sebelum pergi belanja di carrefour adalah mengecek berapa sisa limit kartu carrefour mega card untuk memastikan saya tidak belanja melebihi limit karena akan kena denda atau penalty 100.000 (CMC) kurang tahu kalau yang lain.

Pengecekan ini biasanya saya lakukan untuk mengetahui kapan saya terakhir membayar, dan berapa jumlahnya untuk menghindari lupa atau malah telat membayar tagihan.

Update : Saat ini ada cara lebih mudah untuk mengetahui sisa limit yaitu melalui SMS, baca lengkapnya disini.

Cara Cek Tagihan, Pembayaran dan Limit Kartu Kredit Bank Mega

Karena cek limit maupun total tagihan kartu kredit Bank Mega tidak bisa dilakukan secara online atau via internet maka cara termudah selain mengunggu billing datang adalah dengan mengecek sendiri via telepon, dan berikut panduannya.

#1 Mengecek Via Telepon

Jika menggunakan HP sebaiknya pastikan anda memiliki pulsa yang cukup minimal 15rb-20rb untuk mencegah telepon terputus sebelum selesai.

  1. Call ke 60010 via ponsel atau 1500010 jika menggunakan telepon rumah maupun kantor.
  2. Setelah terhubung, pilih 1 yaitu Transaksi perbankan dan kartu kredit.
  3. Masukan nomor kartu kredit anda, 16 digit diakhiri tanda bintang. Misal 1234567891011*
  4. Setelah itu akan diminta memasukan PIN, jika belum dirubah biasanya berupa tanggal lahir dengan format DDMMYY atau tanggal bulan tahun, misal 301287 (30 Desember 1987)
  5. Tunggu sampai mendaptkan info berupa rincian total tagihan, limit transaksi baik tarik tunai maupaun belanja, tanggal dan jumlah pembayaran terakhir.

#2 Mengecek Tagihan dan Sisa Limit Via SMS

Pilihan kedua dan yang paling cepat serta murah saat ingin mengetahui berapa limit kartu kredit yang tersisa beserta total tagihan dan batas maksimal atau jatuh tempo pembayaran adalah cek via sms dengan cara sebagai berikut:

  1. Ketik sms dari no hp yang sudah terdaftar pada kartu kedit bank mega dengan format INFO LIMIT {spasi) 4 digit terakhir no credit card lalu kirim ke nomor 3377
  2. Tunggu sms balasan yang biasanya berisi informasi limit, tagihan terakhir dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Jika pada sms tertulis pembayaran minimum Rp 0 itu berarti pembayaran terakhir ada sudah tercatat sedangkan jika sudah bayar tapi masih muncul maka tunggu 2-3 hari untuk update informasi.

Walaupun setiap bulan bank mega mengirimkan detail billing via email tetapi karena tanggal cetak biasanya (kartu saya) setiap tanggal 14 dan ketika ingin tahu lebih cepat berapa total tagihan serta pembayaran yang sudah saya lakukan maka cara diatas adalah yang paling cepat untuk mendapatkan informasinya.

Jika takut pulsa tidak cukup atau tidak memiliki telepon rumah, maka bagi anda yang memiliki aplikasi ESIATalk maka anda bisa telepon CS Bank Mega untuk cek sisa limit kartu kredit ke nomor 1500010. Ini bukan hoax karena tadi pagi sudah saya tes dan berhasil.

Catatan : Saya bukan bagian/karywan Bank Mega jadi jika anda memiliki keluhan sebaiknya hubungi pihak terkait jangan disini

Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

59 Replies to “Cara Cek Tagihan, Pembayaran dan Limit Kartu Kredit Bank…”

  1. Tolong utuk Pengiriman Tagihan Mega Visa saya kirim ke Rumah aja di KOMPLEK ANTILOP JL JATI SARI BLOK B3 No 29 Jaticempaka Jatiwaringin Pondo Gede Bekasi 17411

  2. Tolong Kirim ke rmh saya bukti Tanggal Penggunaan dan Nominal Penggunaan<Total keseluruhan Yg harus di Bayar Kartu Mega Visa Gold Saya…Alamat Komp ANTILP JL JATISARI BLOK B3 NO 29 JATICEMPAKA PONDO GEDE BEKASI 17411

    1. lah ko disini mintanya mas πŸ™‚ telp cs bank mega aja mas buat ganti alamat, tapi lebih enak pake email mas pasti masuk terus tiap bulan

  3. Mas bro ane mau tanya. Kalo limit yang Gold berapa ya mas broo..?? Kalo bisa share donk cara pake cc yg aman dan nyaman. Thx mas bro. Artikelnya membantu

    1. Kalau limit bisa cek di situs bank mega mas, tapi biasanya pas awal2 bikin disesuaikan dengan gaji dulu & nanti kalau transaksi & pembayaran lancar limitnya naek
      sebagai contoh sy bikin mega carefour dulu pertama limitnya 3jt, terus pas udah agak lama pakai naek jadi 8jt (sy ga ngajuin) tapi limit naek sendiri πŸ™‚
      Kalau mau aman ya pakai buat belanja ditempat2 terpecaya aja mas, kalau online si ati2 kecuali ditoko2 online besar
      kalau mau nyaman alias ga kena bunga ya pakai sesuai kebutuhan πŸ™‚
      selain itu kalau masalah tagihan mendingan pilih kirim via email aja biar cepet dapetnya & kalau pindah alamat rumah jg ga ribet karena billing dikirim via email

  4. Mohon pengiriman tagihan Mega Visa saya ke email: jamhudin@gmail.com tepat waktu, karena bulan juli 2015 saya tidak mendapat kiriman rekapbill-nya sampai ditelpon bagian penagihan (krntelat menyetor) dan saya minta baru dikirim, bill bln Agt sampai sekarang belum dikiriman juga. Trim

    1. waduh jangan minta disini mas, saya buka cs bank mega πŸ™‚
      emang tagihan tanggal berapa? kalau saya tanggal 14 pembukuannya dan minimal tgl 17 udah masuk tiap bulan
      kalau takut telat bisa cek via telepon mas ga usah nunggu billing datang πŸ™‚

  5. Sepertinya perlu dibuat disclaimer kalo blog ini bukan bagian pengaduan bank Mega, deh. Lol.

    Btw, nice article. Mungkin lebih bagus kalo dilengkapi tips n trik memakai dan membayar kartu kredit dengan bijak, atau cara menghitung bunga kartu kredit, etc etc. IMHO.

    1. Bener juga perlu diedit ni artikelnya πŸ™‚
      kalau ngitung bunga si bukan keahlian saya mas πŸ™‚

  6. maaf boleh tau ga berdasarkan pengalaman anda.. saya baru saja mengajukan pembuatan cc mega carefour waktu tanggal 15 Sep 2015, kira2 kartu saya terima kapan y? sampai sekarang juga blm ada konfirmasi

    1. waktu saya cepet mba, ga sampai seminggu udah dapet telp ke HP terus 2 hari kemudian ada yg survey ke rumah besoknya ke kantor dan ga sampe seminggu kartu sampe kantor.
      Note : Dulu sy ngajuin aplikasi di carefour dan kirim aplikasi ke sales yg ada dicarefour tsb via email abis itu sy tanya aplikasi sy udah diproses atau belum

  7. saya selalu gagal melakukan cek tagihan dengan cara diatas,padahal saya sudah memasukan 16 nomor KK terus di minta masukan pin yaitu 2 digit tanggal 2 digit bulan dan 2 digit tahun setelah itu di balas dengan “permintaan anda sedang diproses” tp lagi-lagi saya di suruh untuk memasukan pin 6 digit sampai terjadi 3x permintaan pada akhirnya saya di arahkan ke customer service juga hahahah,knp ya kok bisa gagal gitu pdhl saya sudah benar mengisi 16 digit no KK dan 6 digit pin KK

    1. Pin nya bawaan atau bikin sendiri mas, kalau sy bikin sendiri di ATM Bank Mega
      kalau gagal terus memang lebih enak langsung ke CS si, sy juga pernah sekali gagal tapi kesananya lancar

  8. Saya juga sama sudah masukin PIN salah terus. padahal PIN nya langsung di bikin pas aktivasi KK pertama kali lwt SMS. nyoba2 salah terus. trus coba ikutin cara disini yg pake tanggal lahir baru deh bisa. abis itu langsung ganti PIN via megacall. untung aj baru aktif iseng2 telpon mega call. coba klo langsung di pake belanja bisa di tolak tuh gara2 PIN salah. -_-

    1. Buat transaksi kan ga selalu harus pakai PIN mas πŸ™‚ biasanya pake tanda tangan juga bisa, kalau online apalagi ga kepake sama sekali karena pas bayar ada sms otorisasi.
      Info aja, dulu sy juga bikin PIN pakai SMS dengan mengisi form dulu disitus bank mega tapi ternyata PIN itu ga aktif & baru bisa bikin PIN setelah saya ke ATM Mega lalu bikin PIN baru disitu πŸ™‚
      jadi coba aja bikin PIN nya di ATM mas

  9. Mbak boleh share gak soal potongan asuransi itu gimana yah?? Adek sy punya KK bank mega aktif tpi gak prnah digunakan. Tpi ktanya tetap ada biaya asuransi itu maksukdx gimana??
    Makasih mbak..

    1. Seingat saya dulu pernah ditawarin “credit card protection” waktu pertama aktivasi tapi saya tolak (lupa kejadian pas nya udah lama soalnya 2013)
      kalau ga salah biayanya 50.000 per bulan

      coba baca yg ini : http://www.kaskus.co.id/thread/514dd2af20d719c51100000c/kartu-kredit-agan-ada-proteksi-asuransinya-hentikan-secepatnya/

      jadi coba cek billing terus liat berapa potongan per bulannya dan harusnya ada keterangan
      Kalau memang ga dipakai kan sayang tu kartu, karena mau dipake mau engga kena biaya taunan πŸ™‚
      Saran saya si hubungi mega call aja biar cepet beres,

      Kalau sy tiap kali ada yg nawarin asuransi via telp pasti sy tolak karena ngeri πŸ™‚ bikin deal tanpa liat langsung kaya apa perjanjiannya

  10. ada ngga sih no tlp dari pihak KK bank mega yg menipu ..
    soalnya saya baru dapat tlp dari pihak KK bank mega untuk tunggakan saya hanya 1 bln tp bilang 3 bln dan menggunakan no tlp bukan no tlp kantor tp no tlp 0811810384

    1. kalau yg pake nomor seluler gitu biasanya mah sales mas
      kalau mau yakin ada tunggakan mendingan langsung hubungi mega call

    1. Yah kalau memang ga ada tunggakan sebaiknya abaikan aja, soalnya kalau dari Mega biasanya pakai no kantor biarpun hari minggu
      Tapi kalau masih penasaran coba aja tanyakan langsung, hub mega call terus tanya itu nomor dari mereka bukan
      kalau pengalaman sy si ditelepon nomor2 yg mirip kaya diatas biasanya sales yg namawarin cc atau asuransi

    1. Hubungi cs mega aja langsung mas, minta diubah
      lebih efisien & cepet sampe kalau pake email soalnya, apalagi kalau suka ganti alamat rumah

  11. Mas Ganggu dikit.. Plus melenceng dikit juga..
    Gue pux tagihan lebih dari Limit yg ada, tp gue uda di PHK.
    Sekarang ud gk kerja lagi, cari makan aja susah e. Apalagi buat Bayar tagihan yg skrg uda lwt 3 bln..
    Solosi gmn ya,. Share dong atw saran..
    Thx ya bro.

  12. Mas Bro,. Maap cm mau mnta saran aja..
    Gue Pux CC yg tagihanx ud 3 bulan ini.. tp gue sdh gk bisa bayar lagi.. krn ud gk pux pekerjaan/Penghasilan lagi. Cari mkn aja kdg dpt kdg ngga..
    Gmn y solusi n saranx..
    Thx Bro..

    1. Ya buru2 hubungin penerbit CC nya mas soalnya namanya tagihan CC pasti dikejar terus
      jelasin aja kondisinya, biasanya nanti dikasih keringanan biar dijadiin cicilan tagihannya
      Jadi ya secepatnya hubungin bank penerbit kartu kreditnya biar cepet selesai (FYI: dulu sy juga punya kenalan yg susah bayar karena memang lagi sulit, tapi tetep diteleponin terus & akhirnya minta keringanan dengan dicicil tagihannya) kalau ga gitu bengkak terus tar bunganya

  13. Gampang bro, kalo di tagih bilang aja orang sudah pindah keluar kota, petugas penagihan nya pasti juga gak pegang foto km atau km kasih uang bensin aja 20 ribu km bilang aja gak punya duit buat bayar percuma di tagih gimanapun tetap g punya duit kapan2 klo ada duit pasti di bayar.

    1. kalau saya dikirim via email mas, coba aja request ke cs supaya billing dikirim via email jangan ke rumah/kantor biar lebih cepet dapetnya

  14. saya ingin tanya,saya punya cc mega uda 2x saya transaksiin semenjak baru aktif tidak bisa gunakan PIN. Padahal saya sudah coba buat ke MEGA WEB harusnya dapet balasan SMS tetapi tidak di balas. Setelah saya hubungi MEGA CALL untuk dibantu katanya sudah bisa aktif PINnya tetapi kok masih belum bisa juga menggunakan PIN, keterangan di EDCnya KOREKSI PIN?
    itu kenapa ya selalu tidak bisa pakai PIN?
    dan bagaimana caranya saya dapat memastikan kalau PIN saya sudah benar benar aktif?
    terimakasih.

    1. Kalau mau tau udah aktif belum PIN nya coba masukin CC bank Mega ke ATM Bank Mega mba nanti kalau belum aktifin PIN ada pesan (lupa kaya apa)
      Tapi dulu saya juga begitu, udah bikin PIN via SMS cuma ga bisa dipake dan setelah bikin langsung di ATM baru bisa

  15. Pokoknya kalau mau ganti cara kirim penagihan dari kurir ke email biar ga ditagih tiap bulan 10,000, hubungi mega call center aja 60010/1500010…. kalau mau tahu tagihan, limit, minpay, jatuh tempo, status kartu ter,terblokir apa ga, jumlah poin, ada tunggakan atau ga, promo2, dll…..

    1. Sip infonya πŸ™‚ kalau saya dari awal udah via email biar ga repot2 nunggu billing
      tapi kalau mau cek limit biasanya sy pakai sms aja lebih cepet

  16. Call center bank mega 60010 khok sulit sekali ya dihubungi..sy pakai no indosat..apa perlu pakai kartu khusus.

    1. Wah kurang tau juga kalau perlu kartu khusus atau engga tapi pengalaman saya setiap call mereka langsung bisa si mas, saya pakai simpati πŸ™‚

  17. SAYA SUDAH BAYAR KARTU KREDIT MEGA TAPI MASIH DI SMS IN TERUS,DI TELP SUSAH TERUS GAK ADA CUSTOMER CARE NYA …,MOHON PENCERAHAN NYA

    1. Biasanya di SMS cuma sekali doang mas, itu juga kalau udah dibayar mah ada keterangan suruh diabaikan
      kalau saya biasanya bayar minimal 7 hari sebelum tgl jatuh tempo jadi ga pernah terima sms lagi
      Saya tiap nelepon bisa terus mas, pakai nomor apa emang? kalau saya telkomsel & telp ke mega call 60010

  18. kalau pemakaian CC bank mega sampai overlimit itu kira2 bisa di cicil ga ya tiap bulan nya dengan nominal tagihan yg sma? soalnya sya tiap bln total tagihannya beda2 ..

    1. Tagihan pasti beda2 kalau normal kan dia ngitung sisa hutang sama pembayaran, nanti bulan depan keluar beda lagi karena udah plus bunga

      Kalau mau bisa dicicil mas, namanya kalau ga salah balance conversion nanti cicilannya tetap tiap bulan & bisa pilih jangka waktu mulai dari 6 bulan, 1 tahun dst
      Cuma ya dihitung2 dulu nanti jatohnya malah lebih besar atau engga hutangnya, soalnya kalau udah pilih balance conversion nanti walau kita mau lunasin bunganya tetep diitung.
      Coba langsung hubungi cs bank mega aja mas, dulu saya pernah sekali tagihan dibikin cicilan πŸ™‚

  19. Biasa’y tagihan mega bisa d buka dgn tgl lahir, bln, thn n nmr kartu kredit. tp skrg gak bs knp ya? apa arti istilah NBSP, mksh

    1. Berubah mas sekarang cuma tanggal lahir doang :)full ngisinya misal 02101991 jadi udah ga pake 4 terakhir kartu

  20. pake SMS aja lebih mudah kalo pake telkomsel

    INFO(spasi)LIMIT(spasi)4 digit terakhir kartu kredit anda kirim ke 3377

    nanti akan keluar info sisa limit, tagihan terakhir, pembayaran minimum dan jatuh tempo

    kena pulsanya 250-300 kayaknya. lebih murah drpda pake telpon.

  21. Mas tagihan saya kok nggak dikirim selama 3 tahun ini, juga nggak pernah ditagih selama 3 tahun ini, gimana ya saya jadi bingung

    Tolong mas saya mau bayar nih, nanti tau2 tagihannya sampe 100 juta kan bikin deg-deg an.. tolong ya mas

    1. itu kartu masih aktif mas? ko bisa ga ditagih2 3 tahun
      kan walau ga ditagih bisa kita cek sendiri tagihan dengan telp mereka atau via sms

  22. Maaf gan,kalo pake ebiliing apa emailnya di kirim tepat saat tanggal cetak tagihan?trus untuk daftar ebilling harus nunggu 5 hari kerja? Makasih gan

    1. kalau dibilang tepat banget si engga mba, karena dia dikirim setelah tanggal jatuh tempo tapi paling lama 3 hari setelah jatuh tempo
      misal punya saya jatuh tempo tgl 17 tiap bulan & rata2 masuk tagihan tgl 20an

      Kalau enable biling harus nunggu saya kurang tahu juga, soalnya dulu pas ngajuin saya langsung minta kirim via email si tagihannya

  23. Ada yang pernah punya pengalaman ga ya?? Ditelpon katanya dari bank Mega, mau kirim kartu tambahan, sudah saya tolak tapi ga bisa karena merupakan fasilitas dari bank mega. Akhirnya saya bilang oke dan mau pakai nama suami di kartu tambahannya, trus dia minta foto ktp suami dikirim via whatsapp bank mega katanya. Tp saya masih ragu jadi belum saya kirim foto ktpnya…takutnya penipuan nanti disalahgunakan. Ada yg tau bank mega punya no wa atau ngga??? Untuk make sure aja sih…Saya ditelponin terus jadi ribet juga ?

    1. Blok aja nomornya mba, kartu tambahan kalau ga perlu mah jgn bikin karena biaya tahunannya juga lumayan
      itu yg nelepn sales kali bukan dari bank mega langsung, kalau dari bank mega resmi nomornya no kantor

    1. Ke nomor mana mas?
      saya selama ini selalu lancar telp cs, tapi saya telp pakai nomor hp yang dipakai buat daftar & telp ke mega call 60010

Comments are closed.