Cara Cek Ukuran Database WordPress mySQL di VPS Ubuntu

Awalnya agak bingung bagaimana si cara cek ukuran database WordPress (MySQL) di VPS Ubuntu termasuk mencari tahu table apa saja yang ukurannya paling besar terutama setelah mengetahui ternyata ukuran database WordPress saya lumayan besar diatas 23MB.

Tujuan utama mencari tahu ukuran database dan table di MySQL pada server VPS karena setelah membandingkan dengan blog lain yang memiliki jumlah posting hampir sama tetapi ukuran databasenya sangat jauh lebih kecil dibanding penablog.com, blog satu lagi hanya 6MB sedangkan blog ini sampai 23MB.

Advertisements

Karena saya memakai unmanaged vps DigitalOcean dan tidak menggunakan PhpMyAdmin, mau tidak mau harus melakukan pengecekan secara manual dengan command line dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman cara melakukannya.

Cara Cek Ukuran Database WordPress mySQL di VPS Ubuntu

  1. Langkah pertama log in ke VPS lewat SSH dengan Xshell atau putty.
  2. Setelah berhasil masuk kemudian log in ke MySQL dengan cara ketik perintah mysql -u root -pPasswordAnda lalu Enter.
  3. Setelah berhasil masuk kemudian ketik perintah ini untuk menampilkan semua database serta ukurannya.
    SELECT table_schema "Nama Database",
    sum( data_length + index_length ) / 1024 /
    1024 "Ukuran MB",
    sum( data_free )/ 1024 / 1024 "Free Space in MB"
    FROM information_schema.TABLES
    GROUP BY table_schema ;

    Dan hasilnya adalah tampak seperti gambar berikut.
    Cara Cek Ukuran Database WordPress mySQL di VPS Ubuntu
  4. Sedangkan jika ingin menampilkan ukuran dari setiap table MySQL berikut perintahnya
    SELECT TABLE_NAME AS "Nama Table",
    round(((data_length + index_length) / 1024 / 1024), 2) AS Ukuran_MB
    FROM information_schema.TABLES
    WHERE table_schema = 'NamaDB'
    ORDER BY Ukuran_MB DESC;

    Note: ganti ‘NamaDB’ dengan nama database yang ingin kita cek, dan hasilnya adalah sebagai berikut.
    Cek Ukuran Table MySQL di VPS

Dari hasil pengecekan diatas ternyata yang membuat ukuran database WordPress besar adalah table _postmeta, _ewwio_images serta _blc_links.

Table wp_postmeta merupakan tempat menyimpan berbagai informasi meta data dari table posting selain itu beberapa plugin dan theme juga ada yang menggunakan table ini jadi tidak heran jika ukurannya membengkak.

Salah satu plugin yang menggunakan table ini adalah Yoast SEO, jika tidak percaya silahkan cek sendiri karena setelah saya buka ternyata isinya kebanyakan adalah settingan atau pengaturan dari meta description, title dan lainnya miliki Yoast SEO untuk setiap postingan.

Selain karena theme dan plugin, yang membuat _postmeta menjadi besar karena walaupun kita menghapus artikel dari table wp_posts tetapi value atau isi yang ada di wp_postmeta tidak terhapus.

Plugin lain yang menyebakan database WordPress cepat membesar adalah EWWW Image Optimizer yang berfungsi untuk mengoptimalkan gambar pada blog WordPress namun sisi buruknya plugin ini menyimpan semua data dari gambar yang sudah dioptimalkan pada tabel dan seperti terlihat pada gambar kedua diatas, ukurannya melebihi ukuran wp_posts.

Yang terakhir adalah table untuk plugin Broken link cheker, walaupun sudah dinonaktifkan ternyata dia cukup rakus juga dalam urusan database karena seperti terlihat pada gambar (urutan ke 3) ukurannya sampai 2.9MB.

Jadi jika kamu menginstall plugin Broken link cheker dan sudah tidak digunakan lagi sebaiknya dihapus bukan hanya dinonaktifkan, karena saat kita hapus maka table wp_blc_links pun akan ikut terhapus.

Itulah sedikit pengalaman cara cek ukuran database MySQL WordPress di server VPS Ubuntu tanpa menggunakan PhpMyAdmin, sangat mudah bukan? Setelah mengetahui ukurannya masing-masing langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan atau mengecilkan kembali ukuran Database WordPress yang akan saya bahas lain waktu.

Latest Comments
  1. alexshortpixel January 22, 2016
    • Penablog January 22, 2016