Cara Cepat Menghapus Ratusan Inbox Gmail

Menghapus email masuk di gmail memang mudah tetapi bagaimana jika ada ratusan atau bahkan ribuan pesan masuk di inbox gmail dan anda ingin menghapus semua sekaligus, jangan khawatir karena dengan beberapa fitur yang dimiliki oleh layanan email gratis milik google ini kita dapat melakukannya dengan mudah.

Pada artikel ini kami akan memberikan panduan cara mengelola terutama delete inbox gmail dengan mudah walau jumlahnya banyak sekalipun, atau hanya ingin menghapus dari pengirim tertentu. Baca juga : panduan cara mengganti password gmail.

Advertisements

Sebagai contoh kami akan membuang semua email masuk dari Facebook karena selain sifatnya hanya notifikasi atau pemberitahuan dan jumlahnya pun sudah terlalu banyak, dan berikut adalah panduan untuk melakukannya :

Cara Menghapus Inbox Email Gmail dari Pengirim Tertentu

  1. Login ke akun gmail anda.
  2. Pilih salah satu pesan dari pengirim yang ingin dihapus sekaligus misal dalam hal ini kami contohkan Facebook
  3. Setelah terbuka pilih More – Filter Messages like this Menghapus Gmail
  4. Kemudian Klik Create filter with this search Filter Inbox Gmail
  5. Centang Delete it lalu centang Also apply filter to matching conversations terakhir klik Create filter Filter Hapus Inbox Gmail
  6. Tunggu sampai proses selesai dan silahkan cek lagi karena jika mengikuti dengan benar maka semua email masuk dari pengirim yang telah difilter akan terhapus berapapun jumlahnya.

#Cara Cepat Mengosongkan Inbox Gmail Sekaligus

Jika akun email yang kita miliki sudah lama atau tahunan mungkin akan ada ratusan atau bahkan ribuan pesan didalamnya dan dapat dibayangkan jika menghapus semuanya hanya melalui fitur select All + delete tentu akan membutuhkan waktu banyak karena secara default hanya 50 pesan yang dapat dihapus dalam sekali proses.

Tetapi jika kita ingin buang atau kosongkan inbox gmail dengan cepat maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan salah satu contohnya bisa anda lihat dibawah ini :

  1. Login ke akun Gmail
  2. Kemudian ketik label:inbox pada field pencarian lalu Enter Label Inbox Email Gmail
  3. Setelah itu pilih All dan klik juga pada Select all conversations that match this search
  4. Jika semua sudah terpilih lalu klik icon tong sampah untuk hapus semuanya.
  5. Terakhir akan ada pertanyaan / konfirmasi (confirm bulk action) dan klik OK untuk melanjutkan, selesai.

Penting : Jika ada pesan yang penting sebaiknya anda pindahkan terlebih dahulu / mengelompokannya dalam satu Label yang sama sehingga saat mengosongkan email masuk tidak akan ikut terhapus, lihat tutorial dibawah

#Mengelompokan Email Masuk Kedalam 1 Label Agar Tidak Ikut Terhapus

Seperti kami jelaskan diatas, jika tidak ingin semua pesan masuk gmail anda terhapus maka pisahkan terlebih dahulu yang dianggap penting ke dalam label tertentu misal kami ingin tetap menyimpan semua pemberitahuan dari Google Plus dan agar tidak ikut terhapus saat ingin mengosongkan email secara masal maka caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih salah satu pesan dari pengirim yang dianggap penting, dalam contoh kami pilih notifikasi dari Google Plus.
  2. Kemudian pilih menu MoreFilter Messages like this.
  3. Lalu pilih Create filter with this search.
  4. Centang Skip the Inbox (Archive it) lalu pada Apply the label tentukan label yang diinginkan atau pilih New Label jika belum ada, beri nama lalu pilih Create.
  5. Terakhir centang Also apply filter to .. matching conversations klik Create filter
    Mengelompokan Email Masuk Kedalam 1 Label Agar Tidak Ikut Terhapus

#Penting : pastikan centang Skip the Inbox (Archive it) untuk menghilangkan label inbox dan membuat pesan masuk yang dianggap penting tidak akan ikut terhapus saat anda mengosongkan email gmail sekaligus banyak dengan cara diatas.

Sangat mudah bukan, selamat mencoba dan ingat lakukan dengan teliti sebelum melakukan penghapusan email masuk sekaligus terutama jika ada beberapa pesan penting yang tidak ingin ikut terdelete.

Bagaimana jika menggunakan Yahoo? silahkan baca panduannya disini.

Tags:,
Latest Comments
  1. Fatin Nurwahidah Kamil April 30, 2016