Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri

Ingin tahu bagaimana cara daftar dan aktivasi internet banking mandiri plus cara mendapatkan token kemudian mengaktifkan token mandiri? jika ya maka silahkan simak artikel ini sampai tuntas karena saya akan berbagi pengalaman daftar mandiri internet via atm kemudian aktivasi secara online dan terakhir aktivasi token mandiri.

Token mandiri ini diperlukan jika anda ingin bisa melakukan transaksi finansial melalui internet banking seperti transafer ke rekening mandiri maupun bank lain, membayar tagihan, membeli pulsa, bayar tagihan bpjs dan lain sebagainya.

Cara mendapatkan token mandiri harus datang langsung ke kantor cabang dengan membawa buku tabungan mandiri, kartu atm dan juga ktp tetapi jika anda hanya ingin daftar internet banking untuk keperluan cek saldo tabungan, cek saldo e-toll atau bukan transaksi finsial maka token ini tidak diperlukan.

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri

Jika disingkat proses pendaftaran mandiri internet ini ada 3 tahap yaitu daftar melalui atm, aktivasi secara online untuk mendapatkan userid dan password dan terakhir mendapatkan token lalu mengaktifkannya agar bisa dipakai untuk transaksi secara online.

Agar tidak bingung maka saya akan bagi proses pendaftaran tersebut menjadi beberapa bagian yaitu :

#1 – Daftar Internet Banking Mandiri Lewat ATM

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin daftar internet banking mandiri yaitu daftar di atm dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke mesin atm mandiri, masukan kartu atm lalu pilih bahasa Indonesia dan masukan PIN.
  2. Pilih Transaksi Lainnya.Daftar Internet Banking Mandiri Lewat ATM
  3. Pilih menu Pendaftaran E-banking. Pendaftaran E-banking
  4. Pilih Internet Banking. Pilih Internet Banking
  5. Kemudian pilih Setuju.
  6. Masukan kembali PIN ATM lalu buat PIN untuk aktivasi internet banking mandiri dan ingat atau catat pin ini karena akan diperlukan saat membuat user dan password mandiri internet.
  7. Masukan lagi PIN mandiri internet lalu pilih Benar. buat PIN untuk aktivasi internet banking mandiriJika pendaftaran berhasil maka akan ada keterangan bahwa pendaftaran mandiri internet berhasil dan akan keluar slip atau struk, segera lakukan aktivasi maksimal 14 hari kerja setelah daftar di atm, karena jika tidak maka anda tidak bisa daftar internet banking lagi sebelum meminta penghapusan ke cs.

#2 Aktivasi Mandiri Internet Secara Online (Membuat User ID dan Password)

Langkah kedua setelah kita daftar internet banking mandiri di atm adalah melakukan aktivasi secara online melalui situs bank mandiri untuk membuat userid dan password dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka halaman ib mandiri berikut ini.
  2. Kemudian pilih tombol Setuju.
  3. Pada kolom ACCESS ID isi dengan 16 digit nomor kartu atm mandiri yang ada didepan.
  4. Pada kolom ACCESS CODE isi dengan 6 digit PIN Mandiri internet yang anda buat sebelumnya di mesin atm.
  5. Pilih Tombol Aktifkan. Aktivasi Mandiri Internet Secara Online (Membuat User ID dan Password)
  6. Terakhir silahkan buat userid dan 6 PIN internet banking (tidak boleh sama dengan pin yang dibuat di atm), isi juga alamat email kemudian pilih tombol Kirim.
  7. Jika berhasil maka anda akan melihat halaman pemberitahuan yang menginformasikan proses aktivasi mandiri internet berhasil dan anda sudah bisa login menggunakan userid dan password (PIN) yang baru dibuat pada langkah ke 6.Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri

#3 Mendapatkan Token Mandiri di Kantor Cabang dan Aktivasi PIN Token Mandiri

Langkah terakhir yang diperlukan agar layanan internet banking mandiri bisa digunakan untuk transaksi keuangan maka anda harus meminta token ke kantor cabang lalu mengaktifkan token tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang mandiri terdekat dengan membawa buku tabungan mandiri, atm, dan juga ktp.
  2. Ambil nomor antrian untuk pembuatan token ke bagian cs lalu jika diberi form maka isi form tersebut.
  3. Setelah dipanggil kemudian beritahukan cs anda ingin membuat token mandiri agar bisa transaksi finansial secara online baik dari pc maupun HP.
  4. Jika token mandiri sudah didapat kemudian segera lakukan aktivasi dengan cara login ke ib mandiri melalui pc lalu pilih menu Administrasi – Aktivasi Token PIN Mandiri.
  5. Hidupkan alat token dengan menekan tombol merah lalu masukan PIN tokennya. Lalu tekan tombol 2 untuk masuk ke mode APPLI 2 dan lihat 6 digit kode yang muncul.
  6. Pada web browser masukan angka tersebut lalu pilih tombol Kirim.
  7. Jika proses berhasil maka anda akan melihat tulisan “Token internet banking anda telah berhasil diaktifkan” dan sudah bisa langsung digunakan untuk transaksi.

Proses diatas memang terlihat panjang karena setelah daftar internet banking mandiri di atm kita juga harus aktivasi secara online lalu meminta token dan mengaktifkannya.

Oleh karena itu jika bingung atau ingin lebih cepat maka alternatifnya adalah anda bisa langsung datang ke kantor cabang mandiri dan meminta untuk daftar mandiri internet + token agar proses pendaftarannya dibantu pihak cs.

Advertisements

Itulah sedikit pengalaman cara daftar dan aktivasi internet banking mandiri, selamat mencoba.

Latest Comments
  1. Andira August 21, 2017
    • Dian Ayu L August 24, 2017