Cara Daftar, Upgrade dan Tarik Tunai Mandiri e-cash di ATM

Mandiri e-cash merupakan salah satu alat pembayaran dalam bentuk uang elektronik yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan seperti membayar transaksi online, transfer ke rekening Mandiri dan bisa juga tarik tunai di ATM atau agen.

Untuk daftar Mandiri e-cash tidak perlu rekening Mandiri terlebih dahulu namun untuk bisa transfer ke sesama rekening ponsel e-cash maupun tarik tunai di ATM tanpa kartu debet kita harus upgrade terlebih dahulu.

Advertisements

Untuk upgrade ada beberapa opsi diantaranya lewat sms banking, internet banking atau datang ke kantor cabang bagi yang tidak mempunyai rekening tabungan mandiri.

Apa sih manfaat e-cash? beberapa manfaat dari mandiri e-cash diantaranya untuk membeli pulsa listrik, pulsa isi ualng, belanja online di Tokopedia, elevenia dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu kita juga bisa tarik uang di e-cash langsung dari ATM Mandiri atau beberapa agen seperti Indomaret dengan mudah dan cepat.

Masih bingung? tidak perlu bingung karena saya akan coba membahas beberapa poin penting tentang e-cash mulai dari registrasi, upgrade, belanja online sampai tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu ATM.

#1 Cara Registrasi Mandiri e-cash di HP Android

  • Langkah pertama silahkan unduh dan install mandiri e-cash dari Google Play Store.
  • Kemudian jalankan dan lakukan pendaftaran, yaitu dengan pilih tombol Setuju untuk dikirimkan sms verifikasi ke nomor HP yang akan kita daftarkan.
  • Setelah sms verifikasi sukses kemudian silahkan isi data dengan nama lengkap, tanggal lahir dan alamat email, lalu Lanjut.
  • Berikutnya buat PIN untuk login dan transaksi 6 digit dan kata rahasia yang akan berguna saat kita lupa PIN mandiri e-cash.Cara Registrasi Mandiri e-cash di HP Android
  • Setelah proses registrasi berhasil maka kita akan dibawa ke menu utama dan disana akan terlihat nama maupun no ponsel yang berfungsi sebagai nomor rekening.

Nah sampai langkah terakhir diatas maka proses pendaftaran sudah selesai selanjutnya kita harus mengisi saldo lalu upgrade jika ingin bisa tarik tunai di ATM atau transfer ke sesama rekening e-cash maupun ke rekening tabungan Mandiri.

#2 Bagaimana Cara Isi Saldo E-Cash Mandiri?

Untuk mengisi saldo ke rekening ponsel e-cash ada beberapa pilihan diantaranya lewat sms banking, internet banking ATM, atau transfer dari pemilik e-cash lainnya.

Untuk isi ulang lewat Mandiri SMS (UMB *1418^#) caranya adalah:

  1. Dial ke nomor *141*6#
  2. Kemudian pilih menu Tranfser lalu e-cash
  3. Setelah itu masukan nomor HP tujuan kemudian nominal uang yang akan dikirim.
  4. Terakhir masukan 2 digit PIN SMS banking sesuai perintah.

Isi lewat ATM Mandiri

  1. Masukan kartu ATM dan PIN
  2. Pilih Menu Uang Elektronik – Mandiri E-CASH – Isi Ulang
  3. Isi no HP rekening e-cash kita lalu masukan jumlah uang.

Isi Saldo Lewat ATM Bank Lain

  1. Setelah berhasil masuk ke menu utama pilih Transfer antar bank.
  2. Kemudian pilih Mandiri kodenya 008.
  3. Masukan rekening tujuan dengan format 80+no HP, misal 80081218234567.
  4. Setelah itu masukan nominal atau jumlah transfer.

Dari beberapa cara diatas yang pernah saya coba langsung adalah isi ulang lewat sms banking dan prosesnya sangat mudah.

Tanya Jawab:

Q : Bisakah kita mengisi/mengirim uang ke rekening e cash orang lain tanpa mempunyai rekening mandiri e-cash?

A : Bisa, jadi jika ada yang meminta kirim ke rekening e-cash kita tidak perlu membuat dulu tetapi bisa langsung lewat ATM, sms banking, maupun internet banking caranya seperti isi ulang biasa yang saya contohkan diatas.

Q : Saya sudah isi ulang tetapi saldo tidak bertambah?

A : Untuk melihat saldo secara realtime sepertinya memang membutuhkan waktu, tetapi agar lebih cepat maka solusinya kita logout dulu dari aplikasi e-cash kemudian login lagi biasanya saldo akan berubah.

#3 Cara Upgrade Mandiri E-Cash Lewat SMS Banking

Untuk nasabah bank mandiri kita bisa langsung upgrade layanan e cash melalui sms banking atau atm sedangkan bagi kamu yang tidak memiliki rekening mandiri maka bisa datang ke kantor cabang, berikut adalah salah satu contoh upgrade lewat sms banking.

  1. Dial ke *141*6#
  2. Pilih menu Admin
  3. Pilih Upgrade Layanan E-Cash lalu masukan no HP rekening e cash.
  4. Terakhir masukan PIN SMS banking sesuai perintah.Cara Upgrade Mandiri E-Cash Lewat SMS Banking

Apakah upgrade wajib? tidak wajib sebetulnya tetapi jika ingin bisa transfer dan tarik tunai maka kita harus upgrade dulu.

Sedangkan jika hanya akan digunakan untuk belanja online dengan nominal kurang dari 1juta maka kita tidak perlu upgrade.

#4 Bagaimana Cara Tarik Tunai Mandiri E Cash Di ATM Tanpa Kartu Debet?

Seperti saya jelaskan diatas, saat kita mempunyai saldo di rekening ponsel e cash maka kita bisa ambil uang tersebut melalui atm maupun merchant seperti indomaret.

Namun pada kesempatan ini saya hanya akan memberikan contoh proses penarikan di mesin ATM tanpa perlu memasukan kartu ATM, emang bisa? bisa karena kemarin sudah saya coba sendiri.

  1. Cari lokasi ATM yang sudah bisa untuk tarik tunai e-cash mandiri, biasanya ada logo berwana kuning dengan tulisan e-money.
  2. Buka aplikasi e cash di HP kamu kemudian pilih menu Tarik Tunai – Tarik Tunai ATM seperti terlihat pada gambar berikut.Cara Tarik Tunai Mandiri E Cash Di ATM Tanpa Kartu Debet
  3. Pilih nominal mulai dari 100.000 sampai 500.000 sekali tarik.
  4. Kemudian masukan PIN dan tunggu OTP dikirim lewat SMS.
  5. Pada mesin ATM tekan tombol Hijau agar bisa masuk ke menu Electronic Money.
  6. Setelah itu pilih Mandiri E-Cash.
  7. Pilih Cash Withdrawal.
  8. Masukan nomor telepon e cash kemudian Correct.
  9. Masukan 6 digit kode OTP yang tadi diterima lewat SMS.
  10. Jika kode benar maka dilayar akan muncul informasi berupa nomor HP dan kode OTP, Pilih YES jika sudah benar.
  11. Tunggu uang keluar dari mesin, selesai.

Jadi untuk mengambil uang dari saldo e cash mandiri bisa dilakukan dari ATM Mandiri tanpa perlu memasukan kartu ATM tetapi kita harus cari ATM yang sudah bisa digunakan untuk tarik tunai e-cash dan untuk mengetahui dimana saja lokasinya bisa kamu cek dihalaman resmi mandiri ecash.

Info penting lainnya sebelum kamu putuskan untuk membuat rekening e-cash adalah,

  1. Kita akan dikenakan biaya 10.000 per bulan jika mandiri e-cash tidak aktif digunakan untuk transaksi finansial selama 6 bulan berturut-turut (dormat).
  2. Untuk menerima uang melalui e-cash mandiri kita tidak perlu melakukan apapun, karena cukup pengirim saja yang bertransaksi dan setelah selesai saldo akan masuk saat itu juga.
  3. Untuk bisa kirim atau transfer maupun tarik tunai kita harus upgrade terlebih dahulu.
  4. Saldo di e-cash bisa di transfer ke rekening mandiri e-cash lain atau rekening tabungan mandiri.
  5. Akan dikenakan biaya untuk sms saat kita menerima OTP misalnya saat tarik tunai di ATM, dan belanja online.
  6. Hati-hati dengan penipuan mandiri e cash terutama jika kamu diminta ke ATM lalu memilih menu e-cash kemudian memasukan nomor ponsel dan jumlah uang karena biasanya itu salah satu modus agar penipu bisa tarik dana dari ATM kamu.
  7. Jika kamu akan menerima dana melalui e cash tidak perlu ke ATM karena baik itu transfer ke rekening mandiri maupun e cash yang kita miliki maka kita tidak perlu melakukan apapun karena uang akan otomatis masuk dan yang harus memasukan OTP adalah pengirim bukan penerima.
  8. Tidak ada batas minimal saldo, tetapi ada batas maksimal saldo yaitu 1.000.000 bagi yang belum upgrade dan 5.000.000 untuk yang sudah registered (upgrade)

Pada dasarnya mandiri e cash mempunyai banyak manfaat misalnya bisa dijadikan alat pembayaran alternatif saat akan belanja online bagi yang tidak mempunyai kartu kredit.

Contoh saat kita akan membeli pulsa di Tokopedia dan tidak ingin repot membuat kartu kredit atau harus bayar ke Indomaret, Alfamaret maka mandiri e-cash bisa menjadi pilihan.

Itulah sedikit gambaran mengenai mandiri e-cash semoga bisa bermanfaat dan jika kamu masih bingung silahkan tanyakan melalui kotak komentar dibawah.

Latest Comments
  1. hasan September 1, 2016
    • Dian Ayu L September 3, 2016
      • hasan September 5, 2016
        • Dian Ayu L September 5, 2016
          • hasan September 6, 2016
          • Dian Ayu L September 7, 2016