Cara Isi Ulang E-Toll Mandiri Lewat HP Menggunakan Livin

Salah satu cara isi ulang e-toll Mandiri lewat HP adalah dengan menggunakan Mandiri Online atau Livin by Mandiri. Kelebihan top up saldo kartu e-money melalui aplikasi Livin adalah tidak ada biaya admin dan bisa menentukan nominal sendiri.

Tidak ada ketentuan berapa batas minimal top up e-toll di Mandiri Online, setidaknya untuk saat ini. Karena jika kita isi saldo 1 rupiah pun ternyata bisa masuk.

Jadi jika kita bandingkan dengan aplikasi untuk top up e-toll Mandiri lainnya. Mobile banking Mandiri (Livin) merupakan yang termurah dalam hal biaya, karena gratis admin.

Advertisements

Sedangkan jika kita isi lewat Indomaret, Alfamart, LinkAja, Tokopedia, Shopee, BliBli, iSaku, BukaLapak dan lainnya ada biaya admin 1.500 per transaksi.

Selain itu kita tidak bisa tentukan nominal isi ulang e-toll card sesuai keinginan, karena hanya bisa pilih dari nominal yang sudah ada.

Namun tidak demikian jika kita top up e-money di HP Android lewat Mandiri Online. Bisa bebas input nominal sesuai kebutuhan dan tanpa biaya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Isi Ulang E-Toll Mandiri Lewat HP Menggunakan Livin

  1. Login ke Mandiri Online atau sekarang berganti nama menjadi Livin by Mandiri.
  2. Pilih menu e-Money.
    Cara Isi Ulang E-Toll Mandiri Lewat HP Menggunakan Livin
  3. Kemudian pilih Isi Ulang e-money.
  4. Tap kolom Kartu Tujuan.
    Update Saldo E-Money Di Aplikasi Livin
  5. Jika dari HP tanpa NFC kamu bisa unput manual nomor kartu. Sedangkan jika dari HP dengan NFC maka bisa tap tanda kotak yang ada pada bagian kanan lalu tempelkan kartu e-toll atau Indomaret card ke belakang HP.
  6. Masukan nominal isi ulang e-toll yang kamu inginkan. Tap Lanjut.
  7. Periksa kembali apakah nomor kartu dan nominal top up sudah benar. Jika ya tap Konfirmasi.
    Isi Ulang Kartu E-Toll Menggunakan Livin By Mandiri
  8. Masukan MPIN Mandiri Online.
  9. Jika dari HP ber-NFC tap Update Saldo Sekarang.
    Cara Top Up E-Toll Lewat HP
  10. Tempelkan kartu e-money Mandiri di belakang ponsel dan jangan lepas sampai proses update saldo selesai.
  11. Jika proses update saldo e-toll Mandiri berhasil maka saldo akan bertambah dan muncul notifikasi di bagian atas aplikasi.

FAQ

Berapa minimal top up e-money Mandiri lewat Livin (Mandiri Online)?

Saat tulisan ini kami buat, tidak ada ketentuan batas minimal tertentu. Asalkan lebih dari nol rupiah maka bisa kita input saat isi ulang e-toll Mandiri.

Sebagai contoh kami isi dengan nominal 1 rupiah dan berhasil. Berikut adalah hasil pengecekan riwayat transaksi e-toll Mandiri yang menunjukan ada top up senilai 1 rupiah.

Apakah isi ulang e-toll Mandiri lewat m banking Mandiri kena biaya?

Saat ini tidak ada biaya tambahan, jadi saldo tabungan akan terpotong sesuai dengan jumlah nominal top up yang kita input.

Bagaimana jika top up berhasil tapi saldonya tidak masuk?

Apabila ini terjadi maka kamu harus laporan ke pihak Bank Mandiri. Sertakan bukti riwayat transaksi penggunaan e-toll tersebut dan bukti transaksi top up yang tidak masuk saldonya.

Untuk komplain masalah pengisian e-money Mandiri tabungan terpotong tapi saldo e-money tidak bertambah bisa via email ke Bank Mandiri.

Untuk lebih jelasnya silahkan cek artikel ini.

Kesimpulan

Cara isi ulang e-toll Mandiri atau e-toll Indomaret Card lewat HP menggunakan aplikasi Livin by Mandiri adalah melalui menu e-Money.

Jika dari laptop, pc atau dari HP tanpa NFC maka kamu harus masukan nomor kartu e-money secara manual.

Kemudian setelah berhasil top up dari HP tanpa NFC maka harus update saldo e-toll di ATM Mandiri, EDC atau bisa pakai HP lain yang memiliki NFC.

Untuk mengupdate saldo kartu e-toll card tidak hanya bisa pakai Mandiri Online. Kamu juga bisa pakai salah satu aplikasi cek saldo e-money, asalkan HP yang digunakan sudah dilengkapi NFC.