Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

Cara Memblokir Akses Internet Ke Wifi First Media Dengan Modem Cisco DPC2320

Cara Memblok Akses User Tertentu Ke Wifi First Media

Memiliki akses internet unlimited di rumah seperti yang ditawarkan First Media memang sangat banyak manfaatnya, namun dibalik itu ada juga efek negatif yang harus kita antisipasi, misal anak menjadi terlalu asik online via smartphone baik untuk main game atau melihat Video dan untuk mengatasi hal tersebut biasanya saya memblokir akses ke wifi dirumah sehingga anak tidak lagi bebas menggunakan internet.

Advertisement

Kali ini yang akan saya bahas adalah cara memblokir akses internet via Wifi First Media yang menggunakan modem Cisco DPC2320, tutorial ini mungkin berguna juga bagi yang menggunakan modem tipe lain tetapi tentu tampilan menu nya akan berbeda.

Tidak jauh berbeda dengan cara mengganti SSID dan password First Media, untuk memblok user atau perangkat tertentu terhubung ke jaringan wifi First Media dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Cara Memblok Akses User Tertentu Ke Wifi First Media

  1. Langkah pertama masuk ke halaman konfigurasi modem, yang bisa diakses melalui web browser dengan mengetikan alamat IP 192.168.0.1 kemudian masukan username dan password (defaultnya kosong) jadi jika belum pernah diubah passwordnya klik OK saja.
  2. Setelah berhasil masuk, pilih Setup kemudian scroll kebawah dan lihat bagian Wireless lalu klik Access Control.Cara Memblok Akses User Tertentu Ke Wifi First Media
  3. Selanjutnya pada Access restriction, pilih Deny
  4. Lalu masukan mac address HP atau PC yang ingin kita blok. Jika perangkat tersebut sedang terhubung anda bisa melihat mac address dari Client ID, kemudian klik Add lalu ApplyCara Memblokir Akses Internet Ke Wifi First Media Dengan Modem Cisco DPC2320Setelah melakukan langkah diatas maka perangkat yang sudah kita blok tidak akan bisa lagi terhubung ke wifi First Media yang kita miliki dirumah.

Pertanyaan

#1 – Jika HP atau komputer yang ingin diblok sedang tidak terhubung ke Wifi Modem bagaimana cara mengetahui Mac Address nya?

Untuk Android anda bisa cek melalui menu Settings – General – About Phone lalu pilih status, sedangkan jika di PC bisa melalui command prompt (CMD) ketik ipconfig /all lalu lihat Physical Address yang ada di Wireless Lan Adapter Wireless Network Connection.

#2 – Bagaimana untuk membuka kembali akses setelah diblok?

Lakukan seperti langkah diatas, namun pada langkah ke.4 pilih mac address yang ingin dibuka lalu klik Remove – Apply.

Mudah bukan? dengan melakukan pemblokiran akses internet maka kita bisa lebih mengontrol siapa saja dan kapan saja yang bisa mengakses wifi First Media yang kita miliki dirumah, semoga bermanfaat. Baca juga : cara mengubah SSID dan Password wifi First Media.

Advertisement
Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

16 Replies to “Cara Memblokir Akses Internet Ke Wifi First Media Dengan…”

    1. kalau itu si bisa mas, tapi yang jadi masalah itu kalau anak udah kelamaan akses dan dengan cara memblok satu2nya biar dia berenti πŸ™‚
      kalau mengganti password udah saya bahas diartikel sebelumnya

    1. Hehe abis anak saya kalau udah online suka lupa waktu ga mau belajar makanya diblok aja sementara, dia kan ga ngerti πŸ™‚

  1. Mbak Ayu oot ya, iklannya sdh terlihat, saya online dari tablet, klo dari komputer ga pernah terlihat tp blog wp lain klo dr komputer saya lihat ada iklan.

    Blog mbak ko bisa gabungan WA dan Ga ya?, 3 iklan Wa dan 2 GA. Bisa dapat 2 begitu keren euy πŸ˜€ .

    1. Iya mba kalau dari HP langsung keliatan tapi kalau dari PC kadang suka muncul satu kaya berat πŸ™‚ tapi udah dicek sama support WA dia kasih liat muncul dua2nya
      GA saya baru diterima bandingnya mba jadi muncul lagi, saya lagi tanya WA juga boleh atau engga gabungin sama GA πŸ™‚ tapi dibales ga boleh disangka saya pakai wordpress.com (lupa bilang saya pakai self hosted) jadi nanya lagi deh & nunggu balesan karena di TOS WA saya ga nemuin larangan kecuali kalau pakai wordpress.com memang ga boleh sama sekali pakai apa2 kecuali WA

  2. mbak Ayu, aku mau balas dibalas komenmu ko ga bisa yaa, jd tulis baru nih .. dari dr komputer gak prnh terlihat iklan di blogmu, coba tanya supportnya aja theme apa yg cocok utk blogmu, sayang kan soalnya pasti lebih banyak yg online dr komputer saat hari kerja. Klo WP iya hanya boleh pasang WA saja, klo self hosted bisa GA dan WA ko aku mau pindah juga yaaa hehehe *maruk.com .

    1. memang ga bisa reply kayanya mba πŸ™‚ kecuali dari admin
      Iya ni WA jarang2 munculnya, kalaupun muncul itu2 aja
      Udah tanya si sama support WA & kata mereka muncul dan saya dikasih liat screenshootnya memang muncul, kalau dari WA ga ada larangan ko mba digandeng sama Adsense asal jangan kontektual ads aja mungkin maksudnya yang kaya infolinks, yang ga boleh selain WA kan cuma buat wp.com

  3. Saya mau nanya dah kan saya blok begitu tapi tiba tiba semua wifi gk bisa connect ke cisco saya? Kecuali android yg susah connect dirumah saya semua gk bisa connect kaya ke blok itu gimana ya?

    1. salah blok berarti mas itu keblokir semua, buka lagi blokirannya dari Android yang masih bisa konek masukin IP modemmnya & ulang langkah diatas
      ‘atau clear dulu

  4. Login password dan username nya apa yaa?
    Saya belum pernah rubah, tapi jika dikosongkan aja gak mau login , ada yg tau defaultnya?

    1. ada di boxnya mas coba ceh cek lagi deh, saya pernah reset dari hardwarenya soalnya terus liat password di box modemnya

  5. mau tanya ,, wifi saya salah blokir mac address sendiri skrg saya tidak bisa konek lagi ke wifi,, gmna cara mengembalikannya ? mksh

    1. direset mas alatnya, ada lobang kecil dibelakang colok beberapa detik
      nanti jadi default lagi tapi harus inget passwordnya
      Alternatif lain coba pakai pc/hp lain buat akses ke modem & buka blokir mac yg salah

Comments are closed.