Cara Menggunakan Mandiri Online di HP Android dan PC

Cara menggunakan mandiri online di HP Android maupun pc sebetulnya tidak jauh berbeda dengan saat menggunakan aplikasi mandiri mobile dan internet banking. Artinya kita masih membutuhkan token atau pin mandiri sms.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba berikan contoh bagaimana cara menggunakan mandiri online di HP Android melalui aplikasi dan pc melalui web browser.

Advertisements

Untuk bisa menggunakan mandiri online sebelumnya kita harus sudah terdaftar pada layanan internet banking dan memiliki token atau sudah daftar layanan sms banking sehingga nomor kita terdaftar dan bisa melakukan transaksi finansial.

Saat transaksi via web mandiri online kita bisa menggunakan token namun beda dengan mandiri internet, challenge code tidak tampak pada layar pc namun dikirim via sms ke nomor ponsel kita.

Sedangkan jika transaksi via hp dari aplikasi mandiri online maka kita bisa gunakan pin mandiri sms tanpa harus pakai token lagi atau sama seperti saat menggunakan aplikasi mandiri mobile.

Cara Menggunakan Mandiri Online di HP Android

Catatan : pada tulisan ini saya tidak akan memberikan info terlalu mendetail karena pada dasarnya cara menggunakan aplikasi mandiri online di HP tidak jauh berbeda dengan saat pakai mandiri mobile, yang beda hanya tampilannya saja dan saat login pertama kali harus memasukan kode otp.

  1. Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi mandiri online di HP, jika belum punya maka bisa langsung download dari Google Play Store ini.
  2. Kemudian login menggunakan user id dan password internet banking mandiri lalu pilih Masuk.
  3. Berikutnya pilih OK lalu cek sms masuk yang berisi 6 digit kode OTP yang berlaku 5 menit dan masukan kode otp tersebut lalu OK.
  4. Jika kode benar maka kita akan masuk ke menu utama aplikasi mandiri online dan akan terlihat nama pemilik rekening, nomor rekening mandiri dan sisa saldo.
  5. Jika ingin melihat rincian transaksi atau mutasi rekening tap pada nama pemilik rekening dan nanti akan muncul rinciannya.
  6. Sedangkan jika ingin melakukan transaksi seperti transfer uang, membayar tagihan, upgrade e-cash, isi saldo e-cash, bayar cicilan termasuk bpjs dan lainnya maka tap menu garis 3 yang ada dibagian pojok kiri atas, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
  7. Misalnya jika ingin kirim uang baik ke sesama mandiri maupun ke bank lain maka pilih menu Transfer, setelah itu pilih rekening bank tujuan, no rekening dan nominal transfer. Terkahir masukan MPIN (sama dengan pin sms banking mandiri).

Pada dasarnya cara menjalankan aplikasi mandiri online ini tidak berbeda jauh dengan mandiri mobile, yang beda hanyalah tampilan dan fiturnya sama dengan yang ada pada internet banking.

Selain kita juga melihat mutasi rekening lebih lengkap, sedang di mandiri mobile hanya tampak 5 transaksi terakhir saja.

Cara Menggunakan Mandiri Online di Komputer via Web

  1. Pertama-tama kunjungi halaman mandiri online ini.
  2. Kemudian masukan user id dan password mandiri internet anda.
  3. Setelah masuk kemudian akan terlihat informasi rekening berupa nama pemilik, saldo, no rekening dan untuk melakukan transaksi caranya klik salah satu menu yang ada dibagian atas.
  4. Jika ingin melihat rincian transaksi caranya klik pada nama pemilik rekening dan tunggu sampai muncul datanya, nanti akan terlihat mutasi debet, kredit maupun saldo.
  5. Jika ingin kirim uang maka pilih menu Transfer, kemudian pilih bank tujuan, nomor rekening, jumlah uang.
  6. Untuk melanjutkan transaksi kita akan menerima sms berisi challenge code kemudian aktifkan token mandiri, pilih angka 1 (APPLI 1) lalu masukan kode challenge itu dan nanti akan muncul kode otorisasi dan masukan pada kolom yang tersedia lalu OK.
  7. Jika kode benar maka transaksi akan berhasil.

Apa bedanya dengan internet banking?

Perbedaanya adalah jelas tampilan yang lebih modern, menarik dan informatif dan challenge code yang sebelumnya muncul di layar pc kini di mandiri online dikirim via sms tetapi tetap saja sama-sama membutuhkan token.

Kalau Tidak Punya Token Apakah Bisa Mengakses Mandiri Online Web?

Bisa tetapi anda tidak bisa gunakan untuk transaksi karena seperti saya sebutkan diatas, untuk melakukan transaksi keuangan tetap membutuhkan token.

Kalau Belum Aktivasi SMS Banking Finansial Apakah Bisa Transaksi Via Aplikasi?

Tidak bisa, untuk bisa transaksi keuangan dari aplikasi mandiri online di HP anda harus terdaftar ke sms banking mandiri dan sudah mengaktifkan transaksi finansial.

Apakah Bisa Akses Aplikasi Mandiri Online dari HP Mana Saja?

Bisa, mungkin ini adalah kelebihan dari mandiri online tidak seperti aplikasi mandiri mobile yang hanya bisa dibuka dari hp dengan nomor yang sudah terdaftar ke layanan sms banking.

Kita bisa buka aplikasi mandiri online walaupun tidak pada HP dengan nomor terdaftar (saya sudah buktikan sendiri) namun saat membuka aplikasi kita tetap harus memasukan kode otp dulu.

Menurut cs mandiri saat saya tanya di Twitter, menjelaskan kalau mandiri online di HP hanya bisa diakses dari HP dengan nomor terdaftar tapi setelah saya coba sendiri pakai 3 rekening mandiri berbeda dengan 1 HP yang sama ternyata semua rekening tersebut bisa diakses dan bisa dipakai untuk transaksi menggunakan MPIN.

Kesimpulan

Cara menggunakan mandiri online di HP Android itu tidak jauh berbeda dengan saat mengakses mandiri mobile namun fiturnya lebih lengkap seperti internet banking mandiri.

Untuk melakukan transaksi via HP, syaratnya nomor HP anda sudah terdaftar pada layanan sms banking dan mengaktifkan layanan transaksi finansial.

Sedangkan mandiri online versi web tidak jauh berbeda dengan layanan internet banking mandiri lama, untuk transaksi keuangan dibutuhkan token.

Perbedaanya adalah tampilannya lebih modern dan informatif serta menu-menunya lebih mudah diakses.

Jadi mandiri online itu merupakan internet banking mandiri yang sudah lebih modern dan bisa diakses dari pc maupun HP dengan aplikasi.

Demikianlah sedikit info mengenai cara penggunaan mandiri online, mungkin lain kali akan saya berikan contoh lebih lengkap misalnya cara transfer ke rekening bank lain, mengisi saldo e-cash dan sebagainya. Baca juga : bagaimana cara transfer beda bank lewat mandiri online.