Cara Mudah Edit File PDF Dengan LibreOffice Draw

Ketika ingin mengedit file PDF tetapi tidak memiliki software pdf editor maka solusi yang bisa kita pilih adalah dengan mengubah terlebih dahulu ke MS Word kemudian diedit lalu disimpan kembali menjadi file PDF, namun jika pengeditan yang akan dilakukan hanya sedikit maka kita bisa mencoba alternatif lain yaitu menggunakan LibreOffice.

LibreOffice bisa digunakan secara bebas alias gratis dan menjadi alternatif pengganti Microsoft Office, salah satu fitur yang bisa kita manfaatkan ketika ingin mengedit file PDF adalah LibreOffice Draw.

Advertisements

Nah bagi pembaca yang belum tahu bagaimana langkahnya silahkan ikuti panduan singkat dibawah ini, semoga bisa sedikit membantu terutama bagi anda yang ingin mengedit file PDF tetapi tidak memiliki aplikasi berbayar seperti Adobe Acrobat PRO.

Cara Edit File PDF Dengan LibreOffice Draw

  1. Langkah pertama, silahkan download lalu install terlebih dahulu LibreOffice melalui situs resminya.
  2. Setelah terpasang, jalankan LibreOffice Draw lalu pilih Open dan cari file PDF yang ingin diedit dari komputer kamu.
  3. Untuk melakukan pengeditan, caranya cukup mudah yaitu dengan klik pada teks atau gambar yang ingin diubah sampai muncul kotak pembatas.Cara Edit File PDF Dengan LibreOffice Draw
  4. Setelah selesai, simpan dengan cara klik pada icon export directly as PDF yang ada disebelah icon printer.

Sangat mudah bukan, kita bisa menambah juga menghapus teks atau gambar namun cara ini kurang cocok jika pengeditan yang akan dilakukan sangat banyak atau ingin melakukan perubahan besar karena teks yang bisa kita pilih hanya perbaris dan saat kita tambahkan kata-kata terlalu panjang pada baris tertentu maka kita juga harus sesuaikan lagi tampilan dokumen tersebut agar tidak melewati batas sisi kanan maupun kiri.

Semoga bermanfaat, dan saya tegaskan kembali cara diatas hanya cocok jika pengeditan yang dilakukan hanya minor atau sedikit, jika terlalu banyak teks yang ingin kita ubah maka cara yang lebih baik adalah dengan mengubah PDF ke MS Word terlebih dahulu, lalu edit dengan aplikasi Office setelah itu simpan kembali menjadi PDF.