Cara Mudah Install WordPress di VPS Vultr

Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang minta dibantu migrasi dari blogger ke wordpress dan karena dia tidak memiliki web hosting akhirnya saya coba pinjamkan space di vps yang saya gunakan, tetapi tentu saja bukan untuk selamanya dan setelah mencari-cari alternatif DigitalOcean akhirnya saya pilih Vultr.

Kenapa vultr.com, karena dari beberapa situs yang melakukan tes performa hasilnya VPS Vultr cukup memuaskan dan untuk urusan I/O sepertinya lebih bagus dibanding digital ocean, selain itu speknya lebih bagus sedikit dengan harga yang sama.

Advertisements

Setelah sukses pindah dari blogger ke wordpress dan sementara menggunakan DigitalOcean kini saatnya mempersiapkan WordPress di VPS baru yaitu vultr.com kemudian nanti setelah sukses terinstall akan saya pindahkan blog tersebut dari DigitalOcean ke vultr (antar VPS), namun kali ini yang akan saya bahas adalah bagaimana cara install wordpress di vultr, dan berikut langkah-langkahnya.

Panduan Cara Mudah Install WordPress di VPS Vultr

  1. Pilih Menu Deploy dan pada Server Type pilih Computer Instance lalu pilih Location misal New York / New Jersey.Panduan Cara Mudah Install WordPress di VPS Vultr
  2. Pada Operating System pilih Application.Operating System pilih Application
  3. Kemudian pada Application pilih WordPress on CentOS 6 x64 dan silahkan tentukan juga pilih server size yang ingin digunakan, pada contoh kali ini saya pilih yang memiliki RAM 1GB.
  4. Scroll kebawah lalu pada Server label silahkan beri nama sesuai keinginan kemudian pilih Place Order.Place Order
  5. Tunggu proses pembuatan VPS tersebut selesai yang ditandai berubahnya status dari Installing menjadi Running (berwana hijau).pembuatan VPS
  6. Setelah selesai Status berganti menjadi Running pilih Manage untuk melihat username dan password untuk proses install wordpress selanjutnya. Catat username dan password tersebut pada notepad agar mudah.Login Details
  7. Akses halaman untuk install wordpress yaitu dengan cara ketik http://IP VPS kamu, misal htpp://107.191.42.144. Masukan username dan password yang kita dapat pada langkah ke-6 diatas lalu OK.Login
  8. Selanjutnya silahkan lakukan penginstallan WordPress sampai selesai. Pilih Bahasa lalu Continue.Panduan Cara Mudah Install WordPress di VPS Vultr
  9. Langkah selanjutnya silahkan isi Site Title, username, password, alamat email kemudian pilih Install WordPress.Install WordPress
  10. Terakhir silahkan log in ke blog wordpress yang telah dibuat tersebut. Selesai.

Setelah selesai tentu masih banyak langkah lainnya seperti mengubah url wordpress dari IP Address VPS ke nama domain, mengubah permalinks dan pengaturan lain.

Jika kamu ingin menggunakan domain yang sesungguhnya bukan lagi IP VPS caranya ubah dahulu DNS atau name server domain kamu sehingga bisa terhubung ke VPS vultr.

Caranya masuk ke tempat dimana kamu sewa domain lalu uba DNS dan isi nameserver 1 dan 2 dengan ns1.vultr.com dan ns2.vultr.com kemudian save. Setelah diubah sekarang lakukan juga perubahan di akun vultr kamu melalui menu My Server – DNS lalu masukan nama domain dan IP VPS dan klik Add.

Untuk mengetahui apakah dns propagation sudah selesai atau belum caranya buka command prompt lalu ketik ping namadomain.com dan lihat apakah IP Address domain tersebut sudah berubah menjadi IP VPS atau belum, jika sudah maka kamu bisa lakukan langkah selanjutnya yaitu mengganti WordPress Address (URL) dan Site Address (URL).

Caranya dari dashboard pilih Settings – General kemudian masukan http://namadomain.com pada kolom WordPress Address dan Site Address lalu Save.

Itulah cara paling mudah install wordpress di VPS vultr. Sebetulnya hampir sama dengan DigitalOcean yang juga menyediakan fitur one click install tetapi bedanya di Vultr menggunakan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB/MySQL, PHP) sedangkan di DigitalOcean menggunakan LAMP Linux, Apache, MySQL, PHP.

Untuk lebih detail mengenai menghubungkan domain ke vps vultr.com akan saya bahas lain kali. Semoga bermanfaat dan jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Catatan : langkah diatas merupakan langkah dasar menginstall wordpress di vultr, setelah selesai masih ada banyak lagi pengaturan dan optimasi yang harus dilakukan misalnya Enable gzip compression di Nginx dan lainnya agar skor gtmetrix menjadi bagus dan loading blog menjadi lebih cepat.

Latest Comments
  1. David De Gea June 30, 2016