Cara Pesan Barang Di Lazada Bayar Di Tempat Gratis Ongkir

Sebelum membahas tentang bagaimana cara pesan barang di Lazada bayar di tempat gratis ongkir. Ada hal penting yang perlu kamu tahu yaitu tidak semua pesanan di Lazada bisa COD atau bayar di tempat dan gratis ongkos kirim.

Kenapa demikian? karena tidak semua penjual mengaktifkan COD. Sehingga metode bayar di tempat tidak muncul saat kita pilih metode pembayaran. Jadi inilah salah satu penyebab kenapa Lazada tidak bisa cod.

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah, tidak semua pesanan barang di Lazada bisa gratis ongkir. Karena untuk bisa belanja di Lazada gratis ongkos kirim ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Antara lain memiliki voucher gratis ongkir Lazada, batas minimal pembelian, atau ada promo bebas ongkir dari penjual

Advertisements

Supaya lebih mudah, sebaiknya belanja menggunakan aplikasi Lazada. Jika belum ada silahkan download aplikasi Lazada dari Google Play Store..

Cara Pesan Barang Di Lazada Bayar Di Tempat Gratis Ongkir

  1. Buka aplikasi Lazada.
  2. Buka menu Akun lalu buka Lucky Egg, pecahkan telur supaya mendapatkan voucher gratis ongkir.
  3. Cara kedua, bisa juga dari beranda Lazada lalu ketika produk yang ingin kamu beli. Misalnya “baju muslim wanita” setelah muncul Tap pada logo Free ongkir. Maka nanti barang yang muncul hanya yang bisa kita beli tanpa ongkos kirim.
  4. Tapi jika toko tempat kamu memesan barang tidak ada logo free ongkir. Maka bisa cek voucher Lazada melalui halaman Akun – Voucher. Jika ada maka gunakan voucher tersebut. Biasanya untuk bisa mendapatkan gratis ongkir di Lazada harus mencapai minimum belanja. Misalnya 90.000, 120.000 atau 150.000.
    logo free ongkir
  5. Setelah mendapatkan produk yang akan kamu pesan, tap Tambah Ke Troli. Jika ada lebih dari satu produk, maka kamu bisa menggabungkan pesanan di Lazada supaya bisa menjadi 1 ongkir.
  6. Buka Troli, lalu cek kembali apakah benar mendapatkan potongan ongkir atau bahkan bebas pengiriman atau tidak.
  7. Jika semua sudah cocok, tap Checkout.
    Cara Pesan Barang Di Lazada
  8. Pada metode pembayaran pilih Bayar di Tempat. Jika belum terpilih maka tap dulu Lihat Semua Metode lalu cari opsi Bayar di Tempat – Konfirmasi Pilihan.
  9. Terakhir tap buat pesanan.

Setelah selesai memesan barang di Lazada, kamu tinggal penjual mengirim pesanan tersebut. Untuk mengetahui berapa lama pesanan sampai bisa langsung cek pada menu Pesanan Saya.

Kemudian klik pesanan yang tadi kamu buat, nanti akan terlihat tanggal estimasi paket sampai. Jadi tidak perlu tanya penjual, karena yang mengirim paket adalah kurir, jadi penjual yang kemas dan menunggu kurir pickup atau drop ke counter.

Sedangkan berapa lama pesanan cod sampai, tentu penjual tidak akan tahu secara pasti. Karena tergantung lokasi penerima dan kurir yang mengirim.

Penyebab Pesan Barang di Lazada Tidak Bisa Bayar Ditempat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan belanja di Lazada tidak bisa cod, seperti:

  1. Toko tidak mengaktifkan COD.Untuk mengetahui apakah suatu toko di Lazada bisa COD atau tidak caranya tap pada Pengiriman di halaman produk. Jika ada keterangan COD berlaku maka artinya bisa bayar di tempat.
    Penyebab Pesan Barang di Lazada Tidak Bisa Bayar Ditempat
  2. Barang yang kamu beli di Lazada nilainya lebih dari 5.000.000. Karena batas maksimal COD Lazada adalah 5.000.000 maka jika lebih tentu tidak akan bisa pilih pembayar di tempat. Hal ini tertulis jelas pada halaman ini.
  3. Alamat penerima di luar area COD. Tetapi ini biasanya terjadi jika kita membeli pada toko-toko baru yang jasa kirimnya masih menggunakan JNE. Belum pakai LEX atau Ninja. Jangkauan jasa pengiriman di Lazada untuk JNE lebih sedikit jika kita bandingkan dengan LEX maupun Ninja. Contoh untuk JNE, di Jawa Barat saja tidak semua bisa COD, karena dulu pernah ada teman di Cianjur ingin COD di Lazada tidak bisa, dan setelah tanya penjual katanya alamat pembeli tidak termasuk area COD. Padahal penjualnya masih sama-sama di Jawa Barat.
  4. Akun Lazada pembeli tidak bisa COD. Ini terjadi karena terlalu sering menolak atau pernah pesan di Lazada tapi gagal kirim. Alasannya pembeli tidak ditempat. Pembeli menolak bayar. Nah biasanya jika berulang maka fitur metode pembayaran COD pembeli akan nonaktif.

Jadi apabila kamu belanja online di Lazada tapi tidak bisa bayar di tempat. Solusinya cek dulu toko tersebut sudah mengaktifkan fitur COD atau belum.

Jika aktif tapi tetap tidak bisa, cek toko lain, apakah sama tidak bisa juga atau malah bisa. Jika di toko lain bisa maka kemungkinan alamat penerima di luar area COD.

Tetapi jika semua toko di Lazada yang ingin kamu beli produknya tidak bisa cod, maka kemungkinan akun kamu yang bermasalah.

Untuk memastikan apa penyebanya bisa langsung chat ke CS Lazada via Live Chat 24 jam..

FAQ

Kenapa saat pesan barang di Lazada tidak bisa checkout?

Lazada tidak bisa checkout

Jika tidak muncul tombol Beli Sekarang dan Tambah ke Troli, tetapi hanya ada tombol Tambah ke Whishlist maka kemungkinannya ada 3 yaitu:

  1. Produk habis sehingga tidak bisa kita beli.
  2. Penjual sedang kena penalty Lazada, atau terkena OVL yaitu Limit Order Harian yang bisa diterima penjual. Hal ini bisa karena penjual melanggar kebijakan Lazada atau terlalu sering membatalkan pesanan pembeli.
  3. Ada gangguan sistem di Lazada. Tapi ini biasanya terjadi lebih dari satu toko dan rata-rata semua tidak bisa kilik beli atau tambah ke troli. Kami lupa tepatnya kapan, tetapi tahun 2020 hal ini pernah terjadi pada beberapa penjual, dan normal lagi setelah beberapa jam.

Kenapa sudah pakai voucher gratis ongkir Lazada masih kena biaya kirim?

Pastikan nominal belanja sudah memenuhi syarat penggunaan voucher tersebut, karena biasanya berbeda-beda.

Contoh jika syarat free ongkir belanja minumum 120.000 tapi kamu hanya belanja 90.000. Maka jelas tidak bisa mendapatkan gratis ongkir.

Selain itu cek juga berat produk yang kamu beli, jika lebih dari 1 kg maka biasanya akan terkena ongkir kelebihannya. Karena free ongkir di marketplace itu tidak 100%, biasanya ada batas maksimal, misalnya 10.000, 15.000.

Terakhir cek juga berapa ongkos kirim pesanan tersebut ke alamat kamu, karena bebas ongkir tidak berarti semua ongkos kirim di tanggung Lazada atau penjual.

Jika promo dari Lazada biasanya maksimal 10.000 sampai 15.000 tetapi jika promo free ongkir penjual Lazada bisa lebih kecil dari itu, misalnya hanya menanggung 8.000 maksimal.

Jadi misalnya ongkos kirim pesanan barang di Lazada ke alamat kamu adalah 20.000 sedangkan promo bebas ongkir maksimal hanya menanggung 15.000. Maka sisanya 5.000 harus kamu bayar.

Kesimpulan

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, tidak semua produk di Lazada bisa kita beli dengan bayar di tempat. Karena tergantung toko atau penjualnya mengaktifkan COD atau tidak serta harga atau jumlah tagihan belanja kamu.

Jika lebih dari 5.000.000 maka tidak bisa COD, harus bayar pakai metode pembayaran lain. Seperti kartu kredit, bank transfer.

Sedangkan untuk pembayaran pakai OVO, DANA, Alfamart, Lazada Credit, kartu debit rata-rata batas maksimal transaksi pembayarannya hanya 2 juta sampai 2,5 juta.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara pesan barang di Lazada gratis ongkir melalui aplikasi Lazada. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar