Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Indosat

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Indosat

Mungkin sudah banyak yang mendengar sekarang ada peraturan baru dimana kita harus registrasi ulang kartu prabayar sesuai dengan nomor e-ktp (NIK) dan nomor kartu keluarga yang akan mulai diberlakukan mulai 30 Oktober 2017 dan batas akhirnya kalau tidak salah 28 Februari 2018.

Advertisement

Jadi bagi kamu yang sudah memiliki nomor prabayar baik itu Telkomsel, Indosat dan lainnya diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang dengan cara mengirim sms ke nomor 4444 dengan format ULANG(spasi)#NIK#NO KK atau datang langsung ke gerai miliki penyelenggara telekomunikasi dan nanti akan dilakukan validasi.

Jika data sesuai dengan data dukcapil maka kita akan mendapat balasan yang isinya berupa nama, alamat dan tanggal lahir, artinya kita tidak perlu repot lagi menuliskan nama, alamat, tanggal lahir dan lainnya karena datanya akan mengambil dari data kependudukan sesuai dengan yang ada pada kartu keluarga dan ktp.

Baca juga : Cara hapus pesan WhatsApp Permanen Agar Tidak Terlihat Lagi.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Indosat

Info : Sebelum registrasi ulang no hp agar bisa tervalidasi maka cek dulu nik di e-ktp/ktp lama sama dengan nik yang tertulis di kartu keluarga, karena bisa jadi berbeda seperti milik adik saya di kk dan ktp niknya beda entah apa sebabnya.

#Simpati, Kartu AS, Loop

  1. Untuk pelanggan baru, caranya ketik REG(spasi) NIK e-KTP#No Kartu keluarga lalu kirim ke nomor 4444. Untuk nomor baru maksimal proses validasinya 1×24 jam.
  2. Untuk pelanggan lama, ketik ULANG (spasi) NIK e-KTP#No Kartu keluarga lalu kirim ke nomor 4444. Untuk no lama yang sudah terdaftar biasanya tidak lama setelah ketik sms akan ada balasan yang memberitahukan sukses atau gagal prosesnya.

Baca juga : Cara cek apakah no Indosat sudah berhasil registrasi ulang atau belum.

#Indosat (IM3, Mentari)

  1. Pelanggan baru NIK#No KK# kirim ke 444
  2. Pelanggan lama (no lama) ULANG#NIK#KK# kirim ke 444
    Registrasi Ulang Indosat

Jadi kalau kamu sudah coba daftar lalu gagal sebaiknya coba cek lagi apakah formatnya sudah benar atau belum, karena banyak yang menuliskan formatnya tanpa awalan REG atau ULANG jadi prosesnya akan gagal seperti yang saya alami sebelumnya.

Untuk pengguna lama yang ingin mengubah data bisa langsung ketik ULANG (spasi) NIK e-KTP#No KK dan kirim ke 4444.

Baca juga : Cara upgrade 4G Telkomsel.

Keterangan : Jika registrasi ulang Telkomsel berhasil maka akan mendapat balasan yang isinya kira-kira seperti ini.

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Indosat

Aturan Seputar Registrasi Ulang Kartu Prabayar Yang Perlu Anda Tahu

  1. Registrasi menggunakan NIK dan KK diperlukan hanya untuk pelanggan prabayar.
  2. Satu NIK hanya bisa melakukan registrasi ulang 1x dalam 24 jam.
  3. Satu NIK hanya bisa dipakai untuk 3 nomor HP untuk setiap penyelenggara telekomunikasi. Jika lebih dari 3 maka harus datang ke Grapari atau Gerai Indosat.
  4. Jika nomor tidak didaftarkan ulang maka nomor tersebut akan diblokir sehingga nantinya tidak bisa digunakan untuk menerima panggilan, melakukan panggilan keluar, sms dan internet. Untuk Indosat Ooredoo bisa baca aturannya disini.
  5. Jika belum punya e-ktp maka bisa menggunakan KTP lama, asalkan memiliki KK dan nik sama dengan yang tercantum pada KK tersebut (saya pakai ktp lama karena e-ktp belum jadi)
  6. Selain daftar sendiri, pelanggan bisa datang ke gerai penyelenggara misalnya gerai Indosat atau grapari dengan membawa ktp dan KK.

Tidak Bisa Atau Gagal Registrasi Ulang

Berdasarkan pengalaman, berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa registrasi ulang kartu prabayar Telkomsel dan Indosat yang pernah saya alami.

#1 – NIK atau No KK Salah

Biasanya jika ada kesalahan pengetikan pada NIK atau KK maka akan muncul pesan seperti ini.

– Telkomsel :

Maaf, proses registrasi kartu prabayar Anda telah gagal. Silakan periksa data diri Anda dan lakukan proses registrasi beberapa saat lag

Pesan diatas biasanya muncul jika salah ketik nik. Sedangkan jika no KK salah maka pesannya akan seperti ini.

Maaf, data NO_KK yang Anda masukkan salah.

– Indosat:

Maaf. Data yg Anda masukkan tidak sesuai dgn Data Kependudukan. Pastikan data yg Anda masukkan benar (sesuai eKTP dan Kartu Keluarga). Silakan coba lagi.

#2 Format SMS Salah

Jika format salah, untuk Telkomsel (Simpati, Kartu AS) biasanya akan mendapat balasan seperti ini.

Maaf, saat ini permintaan Anda tidak dapat diproses. Silakan hubungi call centre 188 untuk informasi lebih lanjut.

Balasan diatas saya dapat ketika mencoba registrasi ulang tanpa memakai kata “ULANG” jadi hanya NIK dan KK dan jawabannya seperti diatas, oleh karena itu jika kamu mendapat sms balasan yang sama maka coba cek kembali apakah format sms registrasi ulang kartu prabayar yang kamu ketik sudah benar atau belum.

#3 Data NIK dan KK Benar Tetap Tidak Bisa Daftar (Jangan Panik)

Nah kalau yang ini sekarang lagi marak terjadi, sudah daftar pakai data yang benar tapi dinyatakan data tidak benar. Menurut info yang saya baca salah satu penyebabnya adalah data NIK/KK dari dinas kependudukan invalid atau tidak bisa divalidasi.

Tapi jangan khawatir karena biasanya jika 5x gagal melakukan registrasi ulang akan ada sms pemberitahuan untuk daftar secara manual.

Berikut adalah contoh sms pemberitahuan ketika daftar ulang selalu gagal 5x.

Data NIK dan KK Benar Tetap Tidak Bisa

Update : Tenang Jangan Panik Batas Reg Ulang Sampai 28 Feb 2018

Jangan percaya kalau ada yang bilang batas akhir pendaftaran perdana adalah 31 Oktober 2017 dan kalau tidak reg ulang nomor akan nonaktif, yang benar adalah mulai 31 Oktober 2017 pengguna baru wajib daftar pakai NIK dan KK sedangkan no lama wajib reg ulang.

Batas akhir daftar ulang semua operator adalah 28 Februari 2018. info valid silahkan baca situs kominfo.go.id.

Itulah sedikit info mengenai bagaimana cara registrasi ulang kartu prabayar atau sim card Telkomsel dan Indosat, tetapi sepertinya untuk operator lain seperti AXIS, XL dan 3 formatnya tetap sama seperti yang saya tulis diatas. Jika mengalami kendalah maka kamu bisa langsung tanya melalui Twitter di akun @Telkomsel atau untuk pengguna Indosat bisa tanya-tanya di akun resmi Indosat Ooredoo Care @indosatcare.

Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

91 Replies to “Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Indosat”

  1. KALO BIASANYA KELUARNYA MAAF FORMAT YG ANDA MASUKAN SALAH SILAKAN KETIK
    CONTOH(:REGNIK#NO-KK#
    INI MAKSUTNYA GIMANA PADAHAL SAYA BENAR KIRIMNYA SEKARANG SUDAH BENAR MALAH ADA TULISAN
    KARTU ANDA TELAH AKTIF.SECARA BERKALA ANDA WAJIB REGESTRASI ULANG SAMPAI DATA ANDATERVALIDASI .LAIN SAMA SMS NYA TEMANKU INI KENAPA YA TOLONG JELASKAN YA PLISS

  2. DAN KARTU SATUNYA SAYA BUANG.GUE PATAH PATAH KARNA CARANYA BENAR TAPI BILANGNYA SALAH SAMPAI EMOSI SAYA CELUPKAN KE AIR

  3. Saya sudah coba beberapa kali tapi tidak ada balasan dari indosat. Terus bagaimana kalau keblokir berarti nanti salah indosat ya karena kita sudah coba tapi malah tidak ada balasan terimakasih

    1. Tenang aja mba masih lama ko sampai 28feb 2018 batas waktunya
      Mungkin jaringan Indosatnya lagi ada masalah, waktu itu saya juga gitu ko ga ada balesan setelah besoknya nyoba lag baru bisa
      beda dengan simpati yg dibalas saat itu juga

    1. coba cek lagi mba, kadang keselip atau kurang 1 angka ga keliatan karena angkanya banyak
      kalau masih ga bisa juga bisa dibawa ke grapari atau gerai Indosat ko dengan membawa KK & KTP

    1. Coba diulang lagi nanti mba tanggal 31, saya 1 no Indosat juga begitu tapi besoknya saya coba sms ada balasan & sukses reg ulang

  4. Saya sudah registrasi ulang 1 no nik ktp untuk 4 nomor kartu prabayar 3 telkomsel 1 indosat dan berhasil
    Tapi katanya 1 no nik ktp hanya berlaku untuk 3 no kartu prabayar itu gmn ya? Apa yg di maksud hanya berlaku untuk 3 no kartu perdana yg sama kalo ada yg beda operator boleh ya???

  5. gmana kalau yg belum punya ktp?
    Misalnya yg punya kartu anak berumur dibawah 17 tahun. cara daftar ulangnya gmana?

    1. Di KK kan ada NIK walau belum punya KTP pasti ada NIK nya dan itu bisa dipakai
      saya udah coba pakai NIK anak saya yg umur 6 tahun bisa soalnya

  6. sesudah saya daftar dapat balasan kayak gini gagal terus,pdh saya sudah benar masukan data2 saya disitu malah balasannya kyk gini: Registrasi gagal 5x.Utk Aktivasi/Pembaruan data balas dg format NIK#NamaLkp#Alamat#TmptLahir#TglLahir#NoKK# Keabsahan data & akibat hukum menjadi tg jawab Anda

    1. Memang begitu mba, kalau gagal 5 kali ada sms pemberitahuan daftar manual
      itu kalau ga salah penyebabnya data dari dukcapol invalid ga ngerti deh lebih detailnya yg dimaksud invalid bagaimana
      saya pernah baca dari pernyataan kominfo

    1. lihat nik di kartu keluarga mas kan ada disitu dan nanti kalau buat ktp juga ngambil dari situ NIk nya

    1. Maksudnya ga bisa daftar sendiri bagaimana mba?
      kan ga ada batasan satu kk bisa pakai berapa nomor, yang ada batasan itu 1 NIK cuma bisa untuk 3 nomor per operator seluler
      misal Simpati max 3 no, IM3 max 3 no

  7. Saya udah coba registrasi ulang sampe tiga kali no.nik e.ktp dan no kk sudah benar tapi sampe sekarang belum ada balasan ny dari telkomsel atau no.4444
    Mohon penjelasan ny
    tks.

    1. dicoba lagi nanti mas/mba kemungkinan sibuk 4444 nya
      waktu saya daftar sih ga lama langsung dapat balesan tapi itu sebelum orang ramai reg ulang

    1. kalau no baru max 1×24 jam mas tapi kalau reg ulang biasanya langsung ada balesan
      yang pernah lama saya pas reg ulang indosat, tapi ga sampe 1 hari, beberapa menit kemudian ada sms

    1. Kalau dari kominfo ada batas maksimal 5x gagal dan nanti pelanggan akan diminta memasukan data manual
      tapi kalau mba udah 5x gagal belum ada sms lagi maka coba reg lagi

  8. Kartu saya telkomsel tapi gak ada respon nya. Padalah udah di cek. Bener. Sampai beberapa kali. Itu kenapa ya? Sedangkan kalo tri cepet banget respon nya

    1. dicoba lagi nanti mba kemungkinan overload jaringannya karena banyak yg daftar apalagi ada kabar hoax yang bilang batas akhir pendaftarannya adalah 31 oktober 2017 padahal salah

  9. NIK sama No KK sama kan y? Ko gagal mulu balesannya. “Silahkan periksa data diri anda. Beberapa saat lagi. “????????

    1. setahu saya kalau 5x gagal nanti ada sms dikasih tau formatnya buat daftar secara manual mas
      nanti saya cari info lagi dan update artikelnya

  10. Sudah hampir sepuluh kali smas tpi pesan selalu gagal
    Sudah d coba juga gnti hp dgan krtu sma tetp sms selalu gagal.knapa ya klo bgtu

  11. Maaf, format Anda Salah. Untuk Registrasi Baru, Kirim SMS ke 4444: NIK#Nomor Kartu Keluarga# Untuk Registrasi Ulang: ULANG#NIK#Nomor Kartu Keluarga#

    kaya gitu keteranganya. giliran di coba mslah gak dapet” balasan..

  12. saya gagal registrasi sudah 5x. lalu sudah dikirimkan format pembaruan data sudah saya balas sesuai yg di minta. lalu dibalas
    “Aktivasi atau Pembaruan Data berhasil. Secara berkala Anda diwajibkan untuk registrasi ulang sampai data Anda tervalidasi. Info hub 185”

    ini maksutnya gmn ya? apakah sudah berhasil registrasi atau blm?

    1. Kalau dari info yang saya baca si itu sudah berhasil daftar tapi untuk memastikan bisa cek ke opsel yang dipakai
      kalau mau cepat bisa kontak via Twitter aja biar cs mengecek
      Telkomsel @telkomsel \ Indosat @indosatcare

    1. kalau no wa kan sebetulnya udah ga berhubungan langsung dengan perdana / sim card kecuali nanti pas install ulang maka harus verifikasi lagi pakai sim card tsb
      jadi kalaupun nomornya udah ga aktif tapi wa masih bisa dipakai

  13. : udah ku coba sampai jempol kapalan tetep gak ada respon dr Tsel..ah selalu begitu neh Tsel…susah buat daftar n regist…maka provider lain baik2 saja….aq sangat kecewa dgn pelayananmu…

    1. dicoba lagi besok2 mas mungkin sedang penuh karena jutaan orang dari kemarin daftar ulang
      tenang aja batas akhir sampai 28 Feb 2018 ko & no saya juga Indosat masih ada 2 belum reg ulang 🙂

  14. 1 nik untuk 3 nomor itu maksudnya, 1 Nik untuk 3 nomor dalam 1 provider..kalo total provider ada 6 (Indosat, Telkomsel,xl,, Smartfren,tri,bolt) berarti bisa didaftarkan sendiri maksimal 18 nomor (3 no x 6).

    1. Punya KK kan? nah di KK kan ada NIK
      orang bayi baru lahir kalau udah masuk kartu keluarga aja ada NIK nya ko & itu bisa dipakai daftar 🙂

  15. Jawaban dari Tsel
    Maaf Sistem Sedang Sibuk
    Mohon Coba Beberapa Saat lagi
    Gmna ni???
    Apakah hrus mnunggu

    1. dicoba lagi mas pasti sibuk orang banyak yg daftar bersamaan 🙂
      kalau saya reg sebelum tgl 31 jadi lancar

  16. Kok gk ada respon terus ya, padahal udah dicoba beberapa kali… Indosat sama telkomsel.
    Solusinya min?

    1. dicoba lagi nanti mas, saya baca2 di Twitter Indosatcare kasusnya banyak yang kaya mas dan jawabannya suruh cek secara berkala 🙁

  17. Saya udah reg ulang 1 minggu yang lalu dan sukses. Apakah saya harus reg lg? Kan wktu it blm tgl 31 oktober.

  18. Yg dimaksud kartu prabayar tuh yg kyak gmna? Apa betul jika kita tidak merigstrasikan nomor kita bakal hangus? Terimakasih

    1. kartu prabayar itu gampangnya yang harus isi pulsa mas baru bisa dipakai / ga perlu langganan bulanan
      kalau kartu yang bayar langganan (abodemen bulanan = pasca bayar)

  19. Ko saya gaada balesan sama sekali ya dari kemaren terus skrg di coba daftar ulang lagi masi gaada balesan???? mohon bantuan nya mas/mba

    1. dicoba lagi aja nanti mas, banyak yang mengalami kendala sama kemungkinan si kebanyakan yg reg bersamaan ke 4444 jadi ngaco mungkin sistemnya

  20. Pertama saya registrasi kartu xl bisa lancar dan saya lanjut mau registrasi kartu simpati. Tpi jawabnya “Maaf blablabla”. Saya udah coba berulang-ulang jawabannya tetap sama.
    Solusinya kayak mana ?
    Terimakasih

    1. formatnya udah bener mba?
      kalau format bener tapi ga ada jawaban berhasil coba lagi nanti, masih lama ko batas akhirnya sampai 28 Feb 2018

  21. sy udah coba berkali2 balasan selalu ky gini dr indosat :
    “Maaf. Data yg Anda masukkan tidak sesuai dgn Data Kependudukan. Pastikan data yg Anda masukkan benar (sesuai eKTP dan Kartu Keluarga). Silakan coba lagi.”
    KTP sy masih bentuk resi ,apa iya pengaruh gk bs daftar ulang yaa ??

    1. Itu karena data dari dukcapilnya mas
      saya aja pakai resi ko daftarnya, NIk yang di KTP dan yang ada di kartu keluarga kan sama
      jadi mau e-ktp atau resi NIK pasti sama

  22. PUNYA KU SUDAH JADI TAPI TULISANYA SMSNYA. SELAMAT KARTU ANDA TELAH AKTIF.SECARA BERKALA ANDA WAJIB REGISTRASI ULANG SAMPAI DATA ANDA TERVALIDASI .INI APA MAKSUTNYA JIKA SAMPAI KEBLOKIR TO SALAHNYA TELKOMSEL. SUDAH TULISANYA AKTIF TAPI KALO KE BLOKIR TO SALAH TELKOMSEL????SAYA KECEWAN SAMA REGISTRASI INI KALO KEBLOKIR????

  23. Walupun batas registrasinya tanggal 28 febuari 2018 tapi kalo kagak jadi ya percuma????????????????????????

  24. Maaf, nomor Anda telah terdaftar. Anda tidak dpt melakukan Registrasi Ulang utk nomor ini. Utk perubahan kepemilikan silakan kunjungi Gerai Indosat Ooredoo.

    saya dapat jawaban seperti itu,maksudnya gimana ya?

    1. biasanya sih kalau begitu jawabannya sudah terdaftar mas
      coba cek dengan cara ketik sms ke 4444
      formatnya INFO#no hp# (no hp pakai kode negara) misalnya 0856789222 jadinya 62856789222
      nanti biasanya ada balasannya

  25. Banyak juga mungkin yg gagal paham dengan no KK.
    pastikan no KK yg kalian masukan adalah no KK yg dibawah judul KARTU KELUARGA.
    bukan NIK kalian.
    No KTP beda dengan No KK.
    sekali lagi gan, no KK yg dimaksud adalah no KK dibawah judul besar KARTU KELUARGA.
    itu dibawahnya ada NO KK.
    semoga dapat membantu dan semoga berhasil.

  26. Kalo mau aktifkan whatsapp dengan no yang lama kan harus verifikasi,la ini masalah nya kartu nya sudah hilang…bantu dong infonya biar saya masih bisa gunakan whatsapp yang lama tanpa verifikasi no….

  27. ini gimana sih kok aku selalu gak bisa meregistrasi ulang kartu prabaya punyaku kartu as padahal data datanya sudah benar tapi masih banyak masalah yg no kk salah yg sibuk yg ini yg itu ahh telkomsel paya bukan cuma punya ku yg gak bisa di daftar ulang tapi punya ibuku juga kan aneh mohon infonya untuk pihak telkomsel saya pelanggan setia telkomsel saya memakai kartu telkomsel sudah sejak tahun 2007 tapi kalau telkomsel begini cara saya jadi kecewa berat

    1. Punya mba/mas ga bisa gimana?
      kalau KK salah biasanya ada beberapa penyebab misalnya pindah kota atau kepala keluarga meninggal

  28. Regristrasi 5x gagal. Untuk regristrasi ulang balas dengan format NIK#nama#alamat#temptlahir#tgllahir#nokk keabsahan data dan akibat hukuk menjadi tanggung jawab anda
    Jika menggunakan format itu alamat ngisinya lengkap beserta rt/rw kel,kec,kel ngk?dan dikasih spasi ngk?

Comments are closed.