Cara Scan Ke PDF Di Android Banyak File Sekaligus

Ada beberapa cara scan ke PDF di Android sehingga bisa menyimpan gambar menjadi PDF dengan mudah dan cepat. Misalnya untuk scan KTP, Ijazah, kwitansi, bukti pembayaran dan lainnya.

Cara ini bisa menjadi alternatif ketika harus membuat dokumen dari foto atau gambar sebagai PDF tetapi tidak ada scanner. Karena cukup gunakan aplikasi MS Office dan kamera HP.

Salah satu fitur MS Office yang bisa kita gunakan secara gratis untuk scan ke PDF di HP Android adalah Office Lens.

Advertisements

Kelebihan Microsoft Office Lens Android selain bebas untuk digunakan adalah, bisa menggabungkan banyak gambar menjadi satu file PDF.

Cara Scan Ke PDF Di Android Dengan Office Lens

  1. Pertama-tama download aplikasi Office dari Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasinya, pilih Tindakan.
  3. Pilih Pindai menjadi PDF.
    Cara Scan Ke PDF Di Android Dengan Office Lens
  4. Arahkan kamera HP ke gambar atau objek yang akan kita scan. Jika sudah tap tombol ambil gambar (tombol bulat).
  5. Silahkan sesuaikan posisi gambar, bisa kamu potong (crop) sehingga hanya bagian tertentu saja yang tersimpan sebagai file PDF nantinya sesuai kebutuhan. Jika sudah pas, tap Konfirmasi.
    Office Lens Android
  6. Bila ingin mengambil gambar lagi, tap Tambahkan.
  7. Jika sudah selesai mengambil semua foto, tap Selesai.

Apabila nama file hasil scan dianggap kurang sesuai, kamu bisa ubah nama file dengan cara tap menu titik 3 yang ada pada bagian kanan atas lalu pilih Ganti Nama

Cukup mudah bukan? hanya dengan kamera HP kita bisa membuat hasil scan di HP Android dengan bagus kemudian disimpan sebagai PDF.

Apakah bisa menggunakan foto dari galeri HP? bisa, caranya tap tombol Media yang ada di sebelah kiri tombol kamera dan nanti akan terbuka galeri HP.

Cara lainnya adalah dari menu Tindakan, pilih Gambar ke PDF dan nanti akan langsung terbuka galeri ponsel kamu.

Apabila hasil foto kurang bagus, maka kamu bisa ulang lagi dengan cara tap Batal.

Selain bisa menyimpan sebagai file PDF, aplikasi Office Android juga bisa convert JPG menjadi Word (.docx), dengan cara pilih tombol + (plus) lalu pilih Lens kemudian ambil foto.

Sebelum tap Selesai, tap Tipe File lalu pilih ikon Word. Nanti setelah selesai akan langsung tersimpan menjadi dokumen dalam format Word bukan PDF atau JPG.

Fitur Lain Office Untuk Android – Scan Gambar ke Teks

Selain bisa scan gambar menjadi PDF di HP Android, aplikasi MS Office bisa kita gunakan untuk scan dokumen menjadi teks.

Karena Office Lens sudah dilengkapi fitur OCR atau Optical Character Recognition. Yaitu sebuah fitur yang mampu menangkap teks pada gambar.

Bingung membayangkan seperti apa OCR pada Office Lens Android? silahkan lihat gambar berikut ini.

OCR Office Lens Android

Gambar di atas adalah contoh ketika kami scan sebuah soal latihan untuk anak SD yang sudah tercetak.

Kemudian kami scan menggunakan Office Lens, dan hasilnya teks pada kertas latihan soal tersebut terbaca dengan sempurna.

Sehingga teks pada lembaran kertas bisa disalin atau dibuat kembali menjadi format Word dengan mudah.

Fitur ini bisa kamu akses dari Tindakan lalu pilih Gambar ke teks. Nanti hasilnya teks yang ada pada dokumen hasil print akan terbaca semua.

Dengan catatan, dokumen tersebut bukan berupa tulisan tangan atau hasil print tidak jelas, karena nanti tidak akan terbaca.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan ketika ingin mengambil teks dari hasil scan, seperti kwitansi, atau dokumen lainnya.

Kesimpulan

Selain bisa menggunakan Google Drive untuk scan ke PDF di HP Android bisa juga menggunakan aplikasi MS Office Android.

Keunggulan lain dari Office Lens adalah memiliki fitur crop. Sehingga saat kita akan menyimpan hasil scan bisa sesuaikan dulu ukurannya, atau membuang area yang tidak perlu.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk mengubah banyak file JPG ke PDF sekaligus menjadi satu file yang sama.