Cara Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri

Penablog.com – Awalnya bingung juga bagaimana cara verifikasi akun Neteller karena berbeda dengan dulu yang bisa hanya bermodal KTP kita bisa verifikasi tanpa deposit terlebih dahulu.

Belakangan aturan ini berubah entah kapan tepatnya jadi sebelum melakukan verifikasi akun pakai KTP atau SIM, sebelumnya kita diwajibkan untuk memiliki saldo terlebih dahulu yang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti isi dengan kartu kredit, transfer bank dan yang paling mudah adalah deposit neteller dengan bank lokal seperti yang kemarin saya lakukan menggunakan ATM Mandiri.

Advertisements

Salah satu tujuan saya melakukan verifikasi akun Neteller sebetulnya hanya ingin tahu saja seperti apa prosesnya dan butuh berapa lama, selain itu ingin mencoba menghubungkan ke akun PayPal sehingga bisa digunakan untuk pembayaran saat belanja online misal untuk bayar tagihan hosting, sewa domain dan lainnya.

Pengalaman Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri

Perlu diingat sebetulnya hanya ada 2 langkah yang diperlukan saat akan verifikasi akun, yaitu deposit saldo kemudian upload dokumen (data diri) sesuai dengan nama akun yang kita buat.

Cara Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri

Sebelum lanjut ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar proses verifikasi berjalan lancar yaitu.

  1. Kartu ATM Mandiri dengan saldo rekening mencukupi tentunya, entah berapa minimal deposit yang diwajibkan tetapi kemarin saat deposit ada keterangan minimal adalah $5.
  2. Scan KTP atau SIM yang jelas tidak burem atau blur, pada kesempatan ini saya pilih pakai SIM. Jika tidak punya scanner tidak perlu bingung karena bisa memanfaatkan kamera HP asal hasilnya bagus atau bisa juga pakai Google Drive sebagai scanner di Android.
  3. Siapkan HP dengan nomor yang terdaftar pada rekening Mandiri kita.

Setelah semua siap, mari kita lanjut pada pembahasan utama yaitu verifikasi Neteller pakai bank lokal dalam hal ini ATM Mandiri jadi kita tidak perlu melakukan setor tunai atau transfer dengan pergi ke bank. Berikut adalah langkah detailnya.

#1 – Deposit

  1. Login ke akun Neteller.
  2. Kemudian pilih Money in, lalu pilih Visa Electron ingat jangan yang lain yah.Cara Isi Saldo Neteller Pakai Kartu Debet Mandiri (ATM)
  3. Selanjutnya isi data-data yang diperlukan yaitu jumlah deposit (minimal $5), berikut cara mengisinya
    Card number : isi dengan nomor kartu debet (ATM Mandiri) yang ada dibagian depan 16 angka
    Card currency : USD
    Expiry month : bulan expired kartu ATM
    Year : tahun kadaluarsa ATM
    Security code : kode cvv 3 angka yang ada dibelakang kartu
    Jika sudah terisi semua pilih Continue
  4. Langkah selanjutnya kita akan melihat data-data yang tadi dimasukan termasuk nominal deposit plus biaya 4.95% lalu Continue.Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri
  5. Akan muncul halaman transaksi verified by visa, dan siapkan ponsel karena akan ada sms yang berisi kode otorisasi.
  6. Masukan kode otorisasi 6 angka yang kita dapatkan lalu OK. Jika transaksi sukses maka kita akan dibawa lagi ke halaman akun Neteller dan akan muncul informasi deposit yang kita lakukan diterima / accepted seperti gambar dibawah ini.Pengalaman Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri

Sampai langkah no 6 berarti satu langkah sudah kita lewat dan selanjutnya adalah upload dokumen dalam hal ini saya pilih SIM. Jika sobat masih bingung pada langkah ini bisa baca panduan lengkapnya disini.

#2 – Upload KTP/SIM

Setelah berhasil isi saldo pakai Mandiri ATM langkah selanjutnya adalah upload SIM atau KTP, dan berikut caranya.

  1. Dari halaman utama akun, pilih Verifiying your account.
  2. Kemudian silahkan pilih identitas yang ingin kita upload (sama dengan nama pada akun), contoh SIM maka pada Document type pilih Driving License, lalu isi nomor SIM serta tanggal expired – Continue.Upload KTP/SIM
  3. Pada halaman Select ID type silahkan pilih sesuai yang kamu akan upload (bisa passport, sim, ktp) karena pakai sim maka saya pilih Driver License.Cara Verifikasi Akun Neteller Pakai Kartu ATM Mandiri
  4. Kemudian silahkan pilih Choose File lalu cari hasil scan SIM / KTP yang akan diupload dari komputer.Verifikasi Akun Neteller
  5. Tunggu sampai dokumen tersebut sukses terupload, terakhir setelah tombol confirm berubah menjadi hijau pilih Confirm dan tunggu proses verifiying sampai selesai.
  6. Jika langkah ini berhasil maka kamu akan dibawa lagi kehalaman utama dan tulisan yang meminta untuk verifikasi akun akan menghilang dan akan terlihat juga status sudah berubah menjadi verified.

Info : Dokumen hasil scan yang saya upload ukurannya 500px lebar, tingginya lupa berapa tapi tidak terlalu besar yang penting jelas, jadi setelah foto sim pakai kamera HP saya crop terlebih dahulu sebelum diupload dan beri nama file dengan nama kita + driver license atau national ID misalnya.

Yang jelas jangan sampai upload file dengan ukuran melebihi 8MB itu sebabnya dicrop terlebih dahulu.

Berapa Lama Prosesnya?

Pengalaman saya kemarin sih instant alias setelah selesai upload SIM status berubah menjadi verified tanpa menunggu lama, mungkin prosesnya kalau dihitung tidak sampai 5 menit.

Bisakah Dipakai Buat Verifikasi PayPal?

Bisa, dengan catatan masih ada saldo minimal 1.44 dan kamu sudah membuat VCC lewat menu NET + Cards lalu pilih Tab Virtual Card dan buat dulu vcc disitu, tidak perlu isi apa-apa kecuali nama karena akan otomatis termasuk tanggal expired serta no vcc nanti akan muncul setelah berhasil dibuat.

Setelah kamu punya VCC Neteller kemudian lakukan verifikasi PayPal dengan kartu debet virtual tersebut. Yakin bisa? yakin karena kemaren saya sudah coba menghubungkan neteller ke PayPal jadi seharusnya untuk verifikasi pun bisa karena langkahnya sama saja.

Untuk masalah aman atau tidaknya saya kurang tahu karena sebetulnya pihak PayPal tidak memperbolehkan, jadi untuk amannya mungkin ada baiknya jika buat net card plastic dengan syarat ada saldo minimal $13 dan untuk detailnya semoga lain kali saya bisa coba langsung.

Itulah sedikit pengalaman verifikasi akun Neteller terbaru, dan jelas tidak bisa kalau hanya dengan upload KTP seperti dulu lagi.

Jika kamu cari di Google mungkin akan menemukan sedikit perbedaan terutama tampilan, namun gambar-gambar beserta langkah yang saya jelaskan diatas merupakan cara dan tampilan terbaru karena saya lakukan verifikasi 26 Februari kemarin.

Masih bingung? jangan bingung-bingung langsung coba saja supaya bisa karena terlalu banyak membaca teori kadang malah bikin tambah bingung, jadi silahkan coba sendiri seperti yang saya lakukan kemarin.

Latest Comments
  1. noi September 14, 2016
    • Dian Ayu L September 14, 2016
  2. muhammad taufik August 21, 2016
    • Dian Ayu L August 22, 2016
  3. Nuzzo May 23, 2016
    • Dian Ayu L May 23, 2016
  4. Yeris May 22, 2016
  5. Kirata May 16, 2016
    • Dian Ayu L May 19, 2016
  6. Kirata May 15, 2016
    • Dian Ayu L May 15, 2016