Dua Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Blog WordPress

Pada dasarnya ada dua cara mengoptimalkan gambar pada blog WordPress sehingga ukurannya bisa jauh lebih kecil yaitu dengan bantuan plugin dan tanpa plugin, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan pada kesempatan kali ini akan kami coba membandingkan keduanya.

Salah satu alasan untuk menggunakan gambar pada posting WordPress dengan ukuran sekecil mungkin adalah untuk mempercepat loading blog selain itu tentu saja akan ikut membantu menghemat penggunaan bandwidth pada web hosting yang kita gunakan.

Advertisements

Nah untuk mengurangi ukuran file gambar baik JPG maupun PNG sebelum diposting ke blog kita bisa pakai plugin atau memanfaatkan layanan image compressor online maupun software gratis seperti caesium (hanya untuk JPG), oke tidak perlu panjang lebar lagi mari kita bahas dua cara mengoptimalkan gambar untuk blog WordPress.

1 – Menggunakan Plugin Image Optimizer

Dua Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Blog WordPress

Ada banyak plugin untuk mengurangi ukuran gambar pada WordPress baik berbayar maupun gratis, seperti ShortPixel, WP Smush, EWW Image Optimizer dan masih banyak lagi.

Kelebihan menggunakan plugin adalah mudah, cepat dan serba otomatis karena setiap kali upload gambar maka plugin ini akan melakukan kompresi atau mengoptimalkan gambar utama maupun thumbnail yang biasanya digunakan untuk related post maupun featured image.

Kekurangannya, tidak semua plugin gratis bisa memberikan hasil yang optimal dibandingkan versi berbayar. Proses yang dilakukan pada web server juga bisa mempengaruhi kinerja hosting terutama jika kita lakukan bulk optimize.

Semakin banyak gambar yang diproses maka beban cpu akan semakin besar, oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak melakukan optimasi gambar sekaligus dan lalukanlah bulk optimize pada jam sepi pengunjung misalnya tengah malam.

Lalu plugin apa yang terbaik? jawabannya relatif terutama jika yang dicari adalah versi gratis karena hampir semua plugin kinerjanya tidak jauh berbeda. Sebagai referensi bisa baca : perbandingan 3 plugin image optimizer.

2 – Tanpa Plugin, Kompres Secara Manual Sebelum Upload

Alternatif lain kita juga bisa kurangi ukuran file gambar sebelum diupload menggunakan beberapa layanan online seperti iloveimg, optimizilla.com dan lainnya.

Atau jika gambar yang digunakan lebih banyak dalam format JPG maka bisa juga pakai software gratis seperti caesium.

Kelebihannya, tidak perlu repot install plugin tambahan dan cara ini tentu saja bisa digunakan juga untuk platform selain WordPress misalnya blogger.

Kekurangannya, jika menggunakan layanan online tentu akan kerja dua kali yaitu sebelum upload ke blog kita harus upload dulu ke situs image compressor online lalu download hasilnya baru kita upload ke blog, bagi blogger dengan koneksi internet kuota terbatas tentu ini bukan pilihan yang sempurna.

Selain itu, dengan pilih mengurangi ukuran gambar sebelum diupload tanpa plugin memiliki satu kekurangan lagi yaitu hanya gambar utama saja yang kecil ukurannya sedangkan untuk thumbnail tidak bisa kita optimalkan, berbeda dengan pakai plugin saat kita upload semua gambar yang digenerate otomatis oleh WordPress akan diproses sehingga ukurannya lebih kecil.

Itulah dua cara dasar untuk mengoptimalkan gambar pada blog WordPress semoga bermanfaat dan jika masih kurang jelas silahkan tanyakan, atau jika memiliki cara lain yang lebih baik silahkan berbagi disini. Terimakasih telah berkunjung & jangan lupa baca juga : cara memperkecil file JPG Online.