Duh Tidak Bisa Buat Droplet Baru di VPS DigitalOcean

Penablog.com – Tadi malam ada kawan blogger yang minta tolong dibantu untuk memindahkan blog dari shared hosting ke VPS.

Dia ingin pindah karena di web hosting yang dia pakai sekarang performanya kurang memuaskan, loading blog kadang sangat lambat bisa sampai 42 second saat dicek pakai Gtmetrix padahal normalnya hanya 1,5 detik.

Advertisements

Entah apa penyebabnya tetapi blog tersebut masih baru, hanya berisi 3 artikel dan beberapa halaman begitu juga dengan pengunjung yang masih bisa dihitung pakai jari tetapi tiba-tiba blog terasa lambat ketika diakses.

Karena penasaran akhirnya tes kecepatan loading blog menggunakan gtmetrix.com dan juga tool.pingdom.com. Betapa kagetnya ketika mendapati loading blog lambat yang awalnya kurang dari 2 detik sekarang menjadi 35-42 detik. Baca : Mengatasi Error Establishing a Database Connection.

Nah karena tidak mau blognya terus lambat seperti itu akhirnya dia putuskan untuk mencoba VPS Digital Ocean, tetapi anehnya saat akan membuat droplet selalu gagal dengan muncul pesan “Looks like something went wrong…” seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Duh Tidak Bisa Buat Droplet Baru di VPS DigitalOcean

Aneh karena baru kali ini setelah 1 tahun lebih menggunakan VPS DigitalOcean tapi tidak bisa membuat droplet baru.

Selain itu ketika cek status ternyata tidak ada masalah sama sekali. Awalnya saya pikir ini masalah sementara saja tetapi setelah menunggu lebih dari 6 jam masih saja tidak bisa juga membuat droplet baru.

Karena tidak ingin berlama-lama akhirnya saya coba tanya langsung ke CS Digital Ocean melalui tiket namun belum mendapatkan jawaban, jadi belum tahu apa penyebab sebenarnya error “Looks like something went wrong…”

Apakah sobat blogger pernah mangalami masalah serupa di DigitalOcean? lalu bagaimana mengatasinya? jika punya pengalaman silahkan share disini.

Tulisan ini akan saya update ketika sudah mendapat jawaban dari CS, semoga saja ini masalah pada sisi sistem (server mereka) bukan di akun yang saya gunakan.

Semoga saja saya bisa mendapatkan jawaban dari mereka karena untuk urusan performa VPS DigitalOcean cukup memuaskan walau ambil paket yang paling murah yaitu hanya $5 per bulan sudah cukup untuk menampung blog dengan traffic sampai 5.000 pengunjung per hari.

Update : setelah beberapa jam tanya via ticket akhirnya saya mendapat jawaban dari tim support Digital Ocean, ternyata penyebab tidak bisa membuat droplet baru karena ada tagihan yang belum terbayar.

Entah ini aturan baru atau memang dari dulu begitu karena ini baru pertama kali kejadiannya dan setelah saya cek di billing ternyata memang ada tagihan belum terbayar sekitar $20.