Facebook Meluncurkan Internet.org di Pakistan

Penablog.com – Facebook kembali meluncurkan layanan internet.org dan kini bekerja sama dengan salah satu operator seluler Pakistan, Telenor. Layanan yang pertama kali diluncurkan di Zambia padaJuli 2015 lalu kini telah tersedia di lebih dari 10 negara, diantaranya India, Indonesia, Tanzania, Kenya, Kolombia, dan juga Malawi.

Internet.org yang bertujuan memberikan akses internet gratis, ternyata menuai kontroversi terutama dari para pendukung internet netralitas, dan juga dianggap membatasi akses pengguna hanya ke beberapa situs yang masuk dalam program Facebook selain itu layanan ini hanya dapat dinikmati oleh sebagian pengguna dengan operator seluler tertentu yang telah menjalin kerjasama dengan Facebook seperti di Indonesia kita hanya dapat menikmati layanan ini jika menggunakan sim card Indosat, bahkan setelah diluncurkan di India beberapa perusahaan yang awalnya mendukung akhirnya keluar dari proyek ini.

Advertisements

Seperti kita tahu dengan internet.org maka penggunanya dapat mengakses beberapa situs yang telah ditentukan secara gratis tanpa biaya.

Walau sebagian orang ada yang berpandangan miring terhadap program ini tetapi disisi lain, akses internet gratis bisa menjadi anugerah bagi orang-orang yang tidak memiliki akses internet bebas atau tidak mampu berlangganan internet mobile, seperti di Indonesia kita dapat mengakses Facebook tanpa pulsa walau memiliki kekurangan yaitu tidak dapat melihat postingan full beserta gambar karena akan dikenakan biaya tambahan.

Setelah Pakistan, entah negara mana lagi yang akan menikmati layanan internet.org dan seperti apa masa depana layanan ini kita tunggu saja perkembangannya.