Fungsi dan Cara Menggunakan WhatsApp Voice Mail dan Call Back

Penablog.com – WhatsApp kembali menghadirkan dua fitur baru pada voice call atau panggilan yaitu voice mail (message) dan call back. Nah apa si fungsi dan bagaimana cara menggunakan WhatsApp voice mail serta call back? Jika penasaran seperti saya, mari kita simak sedikit pembahasannya.

Sebelum lanjut perlu diketahui voice mail maupun call back (saat artikel ini ditulis) baru ada pada versi beta dan yang kami gunakan untuk mencoba adalah versi 2.16.159 yang kami unduh langsung dari Google Play Store dengan catatan kami sebelumnya sudah bergabung dengan beta tester.

Advertisements

Pada dasarnya WhatsApp voice mail dan call back merupakan dua fitur baru untuk memudahkan pengguna saat menghubungi seseorang via WhatsApp dan tidak dijawab karena sedang sibuk, tidak terdengar atau alasan lainnya.

Nah setelah panggilan gagal saat terputus maka akan muncul layar baru yang terdapat 3 buah tombol yaitu Cancel, Call Back, dan Voice Message.

Berbeda dengan versi sebelumnya saat kita gagal menghubungi kontak lewat panggilan di WhatsApp maka layar akan kembali pada menu utama WhatsApp. Sedangkan pada versi beta tidak demikian karena akan tetap pada menu voice call namun akan muncul 3 tombol baru dan dari situ kita bisa menghubungi ulang, maupun mengirim pesan suara tanpa harus masuk dulu ke menu chat.

Masih bingung? lihat gambar dibawah ini, paling kanan adalah saat kami lakukan panggilan suara kemudian olah kontak ternyata direject nah setelah ditolak oleh orang yang dihubungi maka muncul pilihan call back serta voice message.

Fungsi dan Cara Menggunakan WhatsApp Voice Mail dan Call Back

Jadi call back berfungsi untuk menghubungi ulang kontak sedangkan voice message untuk mengirim pesan suara tanpa perlu masuk ke menu chat terlebih dahulu. Baca : cara pakai WhatsApp di PC.

Dengan kata lain, dua fitur terbaru ini yaitu WhatsApp voice mail dan call back adalah jalan pintas untuk menghubungi kembali kontak via panggilan suara atau langsung mengirimkan pesan suara dengan lebih cepat melalui menu voice call.

Untuk menggunakan voice mail, caranya cukup tekan lalu tahan icon voice message kemudian silahkan kirimkan pesan yang ingin disampaikan, dan setelah selesai merekam kemudian akan terkirim otomatis lalu terbuka ke menu chat (lihat gambar paling kanan)

Kesimpulan :

  1. Voice Mail pada WhatsApp berfungsi untuk mengirimkan pesan suara kepada kontak saat kita gagal/ditolak melakukan panggilan telepon tanpa perlu masuk dulu ke menu chat seperti sebelumnya.
  2. Call back, berfungsi untuk dial/telepon ulang kontak.

Itulah dua fitur tambahan terbaru dari WhatsApp untuk Android dan saat artikel ini dibuat baru tersedia pada versi beta yang bisa kamu unduh langsung dari Google Play Store (jika kamu sudah bergabung sebagai beta tester) jika belum maka bisa coba install lewat file APK (tidak disarankan).

Selamat mencoba, dan bagaimana menurutmu 2 fitur baru ini? apakah biasa saja atau sangat berguna? silahkan share pendapat kamu disini.