Ini Yang Terjadi Ketika Hapus Artikel Dari Blog

Bulan Desember 2015 saya menghapus beberapa artikel kalau tidak salah sekitar 130 an artikel dari penablog.com, kenapa dihapus? nanti akan saya jelaskan beberapa alasannya sekalian memberikan contoh yang terjadi ketika kita hapus artikel yang sudah terindex Google dari blog.

130 artikel tentu bukan jumlah yang sedikit, jadi mungkin jika sobat blogger hanya hapus satu atau dua artikel maka pengaruhnya belum tentu sama dengan yang saya alami.

Advertisements

Kenapa akhirnya saya putuskan menghapus lebih dari 130 artikel diantaranya karena setelah dibaca ulang isinya tidak karuan, tidak enak dibaca tidak informatif atau hanya tulis ulang berita yang sedang trend dan agak melengceng dari tujuan utama membuat blog ini yaitu ingin punya blog yang isinya banyak tutorial sehingga (siapa tahu) bermanfaat untuk orang lain.

Apa Yang Terjadi Setelah Menghapus Artikel Dari Blog

Ini Yang Terjadi Ketika Hapus Artikel Dari Blog

via Depositphotos

Berikut adalah pengalaman yang saya rasakan satu bulan setelah melakukan penghapusan banyak artikel yang semuanya sudah terindex Google.

  1. Jumlah Index berkurang, ini pasti.
  2. Banyak crawl error di Google Web Master Tools, walau sudah remove url sehingga tidak muncul di Google Index lagi tetapi crawl Google tetap menunjukan banyak kesalahan 404 url tidak ditemukan, dan ini terjadi sampai sekarang atau hampir 2 bulan setelah artikel dihapus.
  3. Banyak ditemukan broken link. Ini tidak mengherankan karena jika ada internal link yang menuju artikel telah dihapus tersebut tentu akibatnya akan ditemukan banyak broken link akibat url artikel sudah tidak ada.
  4. Jumlah page view dan pengunjung berkurang, ko bisa? padahal yang dihapus bukan artikel yang banyak mendatangkan pengunjung. Analisa sederhana saya si karena kita remove url dari GWT dan Google melakukan pengindex an ulang maka tidak heran pengunjung berkurang karena setelah saya perhatikan banyak artikel yang turun di SERP untuk sementara.

Apa Yang Terjadi Setelah Menghapus Artikel Dari Blog

Seperti terlihat pada gambar diatas, proses penghapusan artikel dari blog lalu remove url di Webmaster agar tidak terindex lagi dilakukan pada bulan Desember 2015, dan pada bulan Januari 2016 terlihat jelas page view dan visitor berkurang lebih dari 20%.

Nah jelas bukan, menghapus artikel dari blog yang sudah terindex Google memiliki beberapa efek buruk atau resiko, jadi kalau memang tidak perlu-perlu amat sebaiknya jangan dihapus tetapi coba edit agar lebih enak dibaca atau lebih informatif.

Punya pengalaman yang sama? atau malah sebaliknya setelah hapus artikel traffic blog semakin banyak? silahkan share pengalaman sobat disini.