Rekening Mandiri e-cash Diblokir Ko Bisa?

Mungkin baru 2 mingguan saya menggunakan mandiri e-cash untuk berbagai keperluan termasuk membayar tokopedia, tapi hari ini tiba-tiba akun mandiri e-cash dilokir tanpa tahu apa sebabnya dan tidak ada pemberitahuan sama sekali.

Saat membuka aplikasi e-cash di Android kemudian memasukan PIN tiba-tiba muncul pop up pemberitahuan yang isi pesannya adalah “mandiri e-cash Anda saat ini sedang diblokir. Silahkan hubungi mandiri call 14000”.

Advertisements

Setelah tanya cs mandiri via Twitter ternyata jawabannya simpel yaitu harus mengurus ke kantor cabang dengan membawa KTP.

Agak kecewa sebetulnya karena saya tanya juga kenapa bisa e-cash mandiri terblokir tiba-tiba. Tetapi untungnya saldo pada rekening tersebut hanya tersisa 500 rupiah sisa membeli pulsa di Tokopedia.

Perkiraan Penyebab Rekening Mandiri e-Cash Diblokir

Rekening Mandiri e-cash Diblokir Ko Bisa?

Karena cs tersebut tidak memberikan info lebih lanjut termasuk ketika saya tanya saldo yang tersisa apakah akan kembali maka saya coba buat perkiraan beberapa penyebab e-cash mandiri terblokir, diantaranya:

1 – Mendaftarkan kemudian upgrade e-cash lebih dari satu e-cash menggunakan satu rekening mandiri yang sama, walaupun agak ragu ini penyebabnya karena jelas disebutkan kita boleh mempunyai lebih dari satu rekening e-cash dengan nomor HP berbeda.

2 – Menambahkan rekening e-cash ke aplikasi grab, sepertinya ini yang paling masuk akal menjadi penyebab e-cash diblokir karena saat mencoba tambahkan ke grab saya mengalami sedikit kendala, kronologinya begini:

Daftar grab menggunakan no HP berbeda dengan no e-cash kemudian saat akan menambahkan metode pembayaran di grab otomatis yang terbaca adalah no hp di grab.

Akhirnya saya coba daftar mandiri e-cash lagi menggunakan nomor yang sama dengan yang dipakai untuk daftar grab.

Setelah sukses daftar e-cash lalu saya coba hubungkan ke grab tetapi saat akan verifikasi akun melalui OTP yang dikirim via sms, selalu gagal.

Ternyata setelah dicek nomor tersebut tidak ada pulsanya 🙁 wajar saja tidak ada pulsa karena nomor indosat tersebut saya pakai hanya untuk paket internet di HP.

Karena gagal, akhirnya saya hapus grab dan e-cash dari HP Android lalu install lagi kemudian daftar grab pakai nomor yang sesuai dengan e-cash lama dan sukses dihubungkan ke grab.

Intinya ada kesalahan saat daftar grab pakai nomor yang ada di sim 2 sedangkan akun e-cash pakai sim 1, karena tidak bisa terhubung gara-gara pulsa di sim 2 habis akhirnya grab saya hapus lalu daftar lagi pakai nomor di sim 1 sesuai dengan e-cash lama, akhirnya sukses tapi….

Selang 2 hari kemudian akun mandiri e-cash diblokir.

Tetapi apa yang saya utarakan diatas hanya perkiraan saja, sedangkan untuk pastinya mungkin beberapa hari kedepan saya akan datang langsung ke kantor cabang.

Entah apakah mandiri e-cash yang diblokir bisa dibuka kembali atau tidak? entahlah karena saya harus ke kantor cabang duku untuk memastikan tetapi setidaknya ini menjadi pelajaran berharga bagi saya, yaitu jangan menyimpan saldo terlalu banyak di e-cash dan mungkin akan pilih ke metode pembayaran lain.

Selama ini mandiri e-cash saya gunakan lebih banyak untuk belanja online seperti di Tokopedia dan elevenia tetapi jika terlalu mudah diblokir sepertinya saya akan kembali pilih pakai kartu kredit atau lewat atm saja.