Masuk Ke Gmail Diminta Verifikasi No HP dan Akhirnya Dipaksa Ganti Password, Ada Apa Dengan Google?

Entah apakah Google sedang meningkatkan kemanan atau memang ada yang mencurigakan dengan akun Gmail saya karena sejak kemarin saat pertama kali masuk ke Gmail diminta verifikasi lewat SMS dan hari ini satu akun lagi pun mengalami hal serupa selain diminta masukan kode verifikasi kemudian dipaksa untuk mengganti sandi.

Kenapa saya bilang dipaksa? karena tanpa mengubah password terlebih dahulu ternyata saya tidak bisa masuk ke Gmail. Karena penasaran akhirnya coba tanya pada beberapa teman dan mereka pun mengalami hal serupa, menurut mereka hal ini sudah terjadi sejak kemarin.

Advertisements

Kesimpulan sementara sepertinya Google sedang melakukan perubahan untuk meningkatkan keamanan atau hanya karena IP Address yang saya gunakan dicurigai, walaupun sampai saat ini saya hanya menggunakan satu buah perangkat (laptop) yang sama untuk login artinya tidak pernah pindah atau ganti PC lagi sudah lebih dari 2 tahun.

Tampilan Saat Akan Masuk ke Gmail Diminta Ganti Password

Berikut adalah gambar, setelah berhasil melakukan verifikasi lewat sms ke nomor pemulihan ternyata sebelum bisa membuka email Gmail saya masih harus mengganti sandi akun Gmail terlebih dahulu.

Masuk Ke Gmail

Jika dilihat keterangannya menurut Google, ada aktivitas yang mencurigakan di Akun Google dan untuk melindungi akun kita diminta mengubah sandi, walaupun sebetulnya jika dilihat pada hitsory aktivitas tidak ada yang mencurigakan atau tidak ada orang lain yang masuk dari perangkat berbeda.

Karena agak malas mengganti password dengan yang baru, saya coba logout terlebih dahulu kemudian clear cookies dan disconnect koneksi internet, tetapi hasilnya nihil alias tetap saja harus ganti password juga.

Jadi jika sobat pembaca yang mengalami hal serupa, jangan panik karena bukan hanya sobat yang mengalami demikian saya dan teman pun terpaksa harus verifikasi pakai no HP lagi kemudian mengganti dengan sandi baru.

Nah bagi sobat yang belum mengalami sebaiknya segera update data pemulihan akun terutama nomor HP dan alamat email pemulihan karena jika diminta verifikasi dan nomor HP sudah tidak aktif maka tentu akan sangat merepotkan bahkan bisa jadi tidak akan bisa masuk ke akun Google lagi.

Latest Comments
  1. BangTekno June 29, 2016