Membuka Satu Akun WhatsApp Di Dua HP Android, Cara Dan Kekurangannya

Pada dasarnya satu nomor WhatsApp hanya bisa dipakai untuk 1 ponsel saja tapi bukan berarti kita tidak bisa membuka satu akun WhatsApp di dua HP Android yang berbeda dengan sedikit trik mudah.

Untuk bisa mengakses satu no WhatsApp pada dua smartphone berbeda bisa dilakukan dengan dua cara yaitu tanpa aplikasi tambahan yaitu melalui fitur web.whatsapp atau dengan tambahan aplikasi seperti dual whatsapp web.

Tetapi jangan senang dulu walaupun kita bisa pakai satu no wa pada hp berbeda tetapi ada hal penting yang perlu kamu tahu yaitu kedua hp harus dalam keadaan aktif dan terhubung ke internet.

Cara Membuka Satu Akun WhatsApp Di Dua HP Android

Seperti saya singgung diatas, ada dua pilihan untuk bisa menjalankan satu akun WhatsApp yang sama pada dua HP berbeda yaitu:

#1 – Cara Pertama Lewat WhatsApp Web

Mungkin ini salah satu trik usang yang sudah banyak dibahas tetapi tidak ada salahnya jika saya tulis kembali dan langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pada hp pertama, buka Google Chrome lalu tap menu yang ada di pojok kanan atas kemudian centang Ubah Situs Desktop.
  2. Setelah itu kunjungi halaman https://web.whatsapp.com/ dan tunggu sampai muncul QR Code.
  3. Pada HP kedua buka aplikasi WhatsApp lalu pilih menu yang ada dipojok kanan atas – WhatsApp Web lalu dekatkan ke hp pertama untuk scan kode yang tampak.
  4. Tunggu sampai berhasil konek yang ditandai dengan munculnya chat WA pada hp pertama.

#2 – Cara Kedua Pakai Aplikasi Dual WhatsWeb: 1 WhatsApp di 2 Telepon (Multi WA)

Pilihan lain untuk membuka satu akun WhatsApp di dua HP yang berbeda adalah dengan menginstall aplikasi dua WhatsApp web, prinsipnya hampir sama dengan cara pertama tetapi bedanya kita harus install aplikasi tambahan dulu dan untuk lebih lengkapnya ikuti langkah berikut ini.

  1. Install aplikasi dual WhatsAppWeb atau Multi Messenger for WhatsApp dari Google Play Store ini. (hanya pada salah satu hp yang akan digunakan untuk mengakses nomor lain)
  2. Kemudian jalankan sampai muncul kode QR.
  3. Buka aplikasi WA pada hp kedua lalu pilih menu WhatsApp Web kemudian scan kode itu dengan cara mengarahkan kamera belakang pada hp pertama.
  4. Nah jika berhasil maka kamu akan melihat aplikasi WA pada hp pertama seperti tampak pada gambar berikut.

 

Kelebihan dari cara kedua ini adalah kita tidak selalu harus scan qr code, selama kedua ponsel masih terhubung ke internet maka kita bisa langsung buka aplikasi Multi Messenger ini lalu akun WhatsApp nomor lain tersebut akan langsung terbuka.

Nah mungkin ini juga yang bisa menjadi celah untuk memata-matai pasangan atau WhatsApp orang lain tanpa disadari orang tersebut karena sekali scan kita akan tetap bisa memantau chat WA dari nomor lain itu kecuali sudah terputus ke koneksi internet atau orang tersebut menyadari akun WA disadap karena jika kita buka menu WhatsApp web maka akan terlihat terakhir aktif dari Windows 7 seperti gambar dibawah ini.

Jadi jika kamu melihat seperti gambar diatas pada aplikasi WhatsApp maka kemungkinan besar ada orang yang sudah mengakses via web dengan aplikasi yang saya jelaskan diatas.

Untuk keluar cukup tap “Keluar dari semua komputer” dengan demikian orang itu tidak bisa lagi mengetahui atau membaca chat yang kita kirim atau terima.

Baca juga : cara ganti background chat WhatsApp.

Masih Bingung Mas, Mba, Bagaimana Cara Pakai Aplikasinya?

Kalau penjelasan diatas membingungkan silahkan tonton video dari developer aplikasinya dibawah ini yang menunjukan bagaimana cara mengakses satu nomor WhatsApp di HP berbeda menggunakan aplikasi Multi Messenger atau Dual WhatsApp web.

Kekurangan Membuka 1 Nomor WhatsApp Pada 2 HP

  1. Kedua hp harus sama-sama sudah menginstall WhatsApp dan sedang terhubung ke jaringan internet jadi menurut saya pemborosan paket data.
  2. Jika memakai aplikasi tambahan seperti cara kedua maka kemungkinan aplikasi tersebut masih memiliki bug sehingga tidak bisa dipakai di semua merk / tipe hp. Selain itu sepertinya masih ada bug karena kadang tampilan chat tidak muncul sempurna.
  3. Jika kita clear history browser atau menutup Google Chrome maka kita harus scan ulang qr code dengan demikian harus selalu membawa kedua ponsel.

Kesimpulan

Sampai saat ini pihak WhatsApp secara resmi hanya menginzinkan satu nomor dipakai untuk satu hp walaupun memang kita bisa akses no yang sama diponsel lain dengan cara yang saya jelaskan diatas yaitu via web whatsapp baik via browser maupun aplikasi tambahan.

Advertisements

Dislaimer : penablog.com tidak bertanggung jawab dengan segala kerugian atau kerusakan setelah kamu mengikuti cara membuka satu akun WhatsApp di dua HP Android berbeda menggunakan aplikasi tambahan karena itu bukan aplikasi resmi. Jadi sebelum mencoba sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *