Mencari Penyebab Aplikasi Install Sendiri di HP Android Dengan ESET

Sudah sebulan lebih ada beberapa aplikasi bandel yang selalu terinstall sendiri walau sudah dihapus, sudah berbagai cara dicoba namun belum ada yang berhasil mengatasi aplikasi Android install sendiri.

Akhirnya saya coba mencari penyebabnya menggunakan ESET Mobile Security & Antivirus yang bisa diunduh langsung dari Google Play Store.

Advertisements

Selain ESET saya juga pernah mencoba Antimalware serta Avast tetapi hasilnya nihil alias tidak ditemukan apapun yang berbahaya. Berbeda dengan ESET ternyata berhasil menemukan 5 file berbahaya di HP Android dan salah satunya berpotensi menjadi penyebab aplikasi Android install sendiri walau sudah dihapus tetapi akan balik lagi.

Mencari Penyebab Aplikasi Install Sendiri di HP Android

Langkah pertama uduh dan install ESET Mobile Security & Antivirus dari Google Play Store kemudian jalankan. Lalu pilih Antivirus kemudian pada opsi Scan Level ubah menjadi Deep.

Mencari Penyebab Aplikasi Install Sendiri di HP Android

Setelah diubah seperti gambar diatas, pilih Scan Device dan tunggu proses scanning sampai selesai.

Mencari Penyebab Aplikasi Install Sendiri di HP Android Dengan ESET

Jika ditemukan ada aplikasi yang dianggap berbahaya termasuk bisa menginstall aplikasi lain tanpa diketahui maka akan muncul seperti gambar diatas.

Lihat gambar kanan yang saya beri warna merah, ada keterangan May install additional unwanted software bla bla bla dan inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa di HP Android sering muncul aplikasi sendiri walau sudah dihapus.

Untuk mengatasinya tinggal tap/pilih file tersebut (gambar kiri) lalu pilih Remove atau Quarantine. Sayang ternyata yang SecuritySerives, threat Xinyinhe.AD dan ternyata tidak bisa dihapus.

Setiap kali mencoba Remove maupun Quarantine akan muncul peringatan seperti ini “SecurityService is a system application and cannot be uninstalled

Tidak Bisa Dihapus

Tidak Bisa Dihapus Lalu Apa Solusinya?

Karena file tersebut tidak bisa dihapus oleh ESET maka salah satu solusinya adalah dengan stop services yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka Settings / Pengaturan lalu pilih Application Manger / Appl
  2. Selanjutnya pilih Tab ALL kemudian cari SecurityService
  3. Setelah ketemu pilih Force stop dan Turn offTidak Bisa Dihapus Lalu Apa Solusinya
  4. Terakhir cek apakah langkah tadi berhasil atau tidak dari Tab TURNED OFF, lihat SecurityService harusnya ada disitu dan statusnya Turned off.

Penting : jika kamu sudah stop SecurityService  tetapi masih install aplikasi sendiri seperti sebelumnya silahkan cek lagi apakah benar SecurityService sudah benar-benar dinonaktifkan, jika ternyata kembali aktif maka harus mencoba stop lewat Safe Mode.

Kesimpulan

Setelah melakuan scan HP Android dengan ESET Mobile Security & Antivirus kesimpulan sementara yang menjadi penyebab aplikasi suka install sendiri di HP Android adalah terinfeksi Adware Xinyinhe.AD dan tidak bisa dihapus begitu saja.

Kecurigaan ini bukan tanpa alasan karena jika kamu mencari tahu tentang Xinyinhe.AD yang mendompleng di SecurityService maka akan menamukan banyak fakta bahwa ini salah satu adware yang cukup berbahaya karena bisa memperoleh kontrol penuh pada perangkat Android kita bukan hanya menginstall aplikasi tanpa diketahui tetapi bisa mengambil informasi-informasi penting lain.

Untuk info lebih jelas bagaimana cara kerja Xinyinhe.AD serta Adware lain yang berbahaya termasuk aplikasi gratisan apa saja yang sudah terinfeksi kamu bisa baca di softpedia dan fireeye.

Solusi terakhir untuk lebih meyakinkan HP kita aman adalah dengan flashing ulang lewat PC karena dengan demikian kita menggunakan ROM baru yang benar-benar fresh namun pastikan kamu mendapatkannya dari situs resmi, setelah itu install antivirus seperti ESET untuk mencegah aplikasi berbahaya terpasang pada HP Android kita.

Disclaimer : Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi baik pada hardware maupun software Android kamu setelah kamu mencoba cara diatas, jadi kalau tidak terlalu mengerti tentang Android sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang lebih mengerti atau bawa ke tempat servis sekalian. Baca juga cara restart safe mode Galaxy Grand 2.

Latest Comments
  1. rifki August 13, 2016
    • Dian Ayu L August 13, 2016
  2. Ahmad Ripani August 2, 2016
  3. dompet kulit handmade July 14, 2016
  4. inunk24 July 12, 2016
    • Dian Ayu L July 12, 2016
  5. Indra Apr June 23, 2016
    • Dian Ayu L June 23, 2016
  6. simak June 4, 2016
    • Dian Ayu L June 5, 2016
  7. Ray Rumawas May 24, 2016
    • Dian Ayu L May 25, 2016
  8. Ryemovies May 19, 2016
  9. Adhoyz April 27, 2016
  10. gilang April 13, 2016
    • Dian Ayu April 13, 2016
  11. bule March 27, 2016
    • Penablog March 27, 2016
  12. blidee February 22, 2016