Mencoba Plugin ShortPixel Image Optimizer

Penablog.com – Apa keuntungan menggunakan Image Optimizer pada blog wordpress? memang secara kasat mata tidak akan terlihat perubahan drastis setelah kita install plugin Image Optimizer di WordPress yang saat ini ada banyak sekali pilihannya.

Namun jika sobat blogger cek menggunakan Gtmetrix atau Google Page Speed mungkin akan terlihat ada peringatan agar kita mengoptimalkan gambar (optimize images) karena menurut tool untuk mendeteksi kecepatan loading blog ini gambar yang kita pakai di blog ukurannya terlalu besar dan masih bisa dikompres atau diperkecil.

Advertisements

Lalu bagaimana mengoptimalkan gambar untuk blog? ada banyak cara sebetulnya, misal dengan menggunakan photoshop kemudian menyimpan sebagai PNG (save for web), kompres gambar secara online sebelum kita upload ke blog, atau menggunakan plugin image optimizer seperti EWWW Image Optimizer Cloud, maupun ShortPixel.

Cara Install dan Aktivasi Plugin ShortPixel Image Optimizer

Plugin ini mirip dengan EWWW Image Optimizer Cloud dimana kita harus memiliki api key sebelum dapat menggunakannya karena proses kompres gambar dilakukan dicloud bukan di server web hosting kita sehingga tidak akan membebani server atau membuat database cepat penuh seperti yang dilakukan EWWW Image Optimizer (bukan cloud).

Untuk menginstall cukup lakukan dari Dashboard WordPress – Plugins – Add New kemudian cari ShortPixel lalu Install Now dan aktifkan.

Setelah diaktifkan kita harus mempunya api key, caranya pilih Sign up here lalu masukan alamat email aktif setelah itu cek email masuk dan klik link untuk melakukan aktivasi akun.

Cara Install dan Aktivasi Plugin ShortPixel Image Optimizer

Setelah berhasil masuk ke halaman admin ShortPixel pilih menu Api Key kemudian copy kode yang terlihat lalu paste ke halaman setting plugin ShortPixel kemudian Validate.

Cara Mengoptimalkan Gambar Dengan Plugin ShortPixel

Setelah plugin aktif, maka proses optimasi gambar akan dilakukan secara otomatis saat kita upload namun untuk yang sudah ada di Media Library harus dilakukan secara manual.

Untuk optimasi manual kita bisa lakukan satu per satu dari Media – Library – Optimize Now atau jika ingin sekaligus bisa dari MediaBulk ShortPixel kemudian Start Optimizing.

Cara Mengoptimalkan Gambar Dengan Plugin ShortPixel

Seperti terlihat pada gambar diatas, ada 1.030 image dan 2.176 thumbnail, nah thumbnail inilah yang tidak bisa kita optimalkan secara manual tanpa plugin, kenapa?

Karena thumbnail digenerate secara otomatis saat kita upload gambar, jadi walaupun gambar yang akan diupload sudah dikompres tetapi tidak demikian untuk thumbnail, sebagai bukti mari lihat hasil Google Page Speed Test berikut.

Mencoba Plugin ShortPixel Image Optimizer

Lihat yang diberi tanda kotak, terlihat jelas menurut hasil Google Page Speed, ada beberapa gambar thumbnail yang harus dioptimalkan.

Setelah dioptimalkan pakai plugin ShortPixel peringatan tersebut tidak muncul lagi kecuali gambar lain yang bukan dari server penablog.com, seperti terlihat pada gambar berikut.

Kelebihan Kekurangan Plugin ShortPixel

Kelebihan Kekurangan Plugin ShortPixel

  1. Proses optimasi dilakukan di cloud sehingga tidak membebani server, oleh karena itu kita perlu api key.
  2. Untuk versi gratis terbatas hanya 100 gambar saja yang bisa diproses setiap bulan, jika sudah berganti bulan maka kuota akan reset lagi.
  3. Menyediakan backup, sehingga jika suatu ketika hasil optimize buruk misalnya menjadi blur, pecah-pecah dan sebagainya kita bisa kembalikan lagi gambar aslinya melalui restore backup.
  4. Harga langganan cukup murah, silahkan bandingkan dengan layanan sejenis, dengan harga yang hampir sama kita bisa mendapatkan kuota image lebih banyak dibandingkan beberapa penyedia layanan image optimize cloud.

Lalu apakah memang perlu menggunakan plugin image optimize di WordPress? menurut saya perlu karena ada banyak manfaatnya seperti mempercepat loading blog karena gambar yang diload akan semakin kecil ukurannya, menghemat bandwidth karena ukuran halaman web kita akan makin kecil.

Info : sebetulnya saya juga menggunakan EWWW Image Optimizer dengan biaya $10 per 5.000 gambar namun karena kredit sedang habis dan saldo PayPal sedang minim akhirnya saya coba ShortPixel dan hasilnya cukup memuaskan.

Kesimpulan

Plugin ini cukup layak dipertimbangkan walau untuk versi gratis hanya terbatas 100 gambar per bulan, namun jika memiliki dana lebih apalagi jika blog sobat memiliki banyak gambar maka tidak ada salahnya mencoba versi berbayar.

Bagi sobat blogger yang memiliki pengalaman dengan plugin image optimizer terutama ShortPixel mari berbagi pengalaman disini dan bagi yang ingin mencoba kamu bisa langsung install dari dashboard WordPress blog mu atau bisa juga dengan mengunjungi halaman ShortPixel Image Optimizer untuk mendownload kemudian install via FTP.

Latest Comments
  1. Rindi June 6, 2016
    • Dian Ayu L June 7, 2016