Mencoba Sewa Hosting Gratis Domain Di Qwords (Lokal)

Tidak mudah memang mencari hosting terbaik lokal karena saya pribadi belum pernah sewa web hosting lokal untuk wordpress namun karena ada teman yang sedang butuh bantuan akhirnya saya coba Qwords.

Saya berani memilih qwords untuk hosting blog wordpress teman setelah mencari informasi disalah satu forum web hosting dan membaca beberapa review dan pengalaman pengguna yang sudah menggunakan jasa mereka sebelumnya dan ternyata hasilnya cukup lumanyan bagus atau tidak terlalu banyak keluhan.

Advertisements

Qwords menawarkan beberapa lokasi server diantaranya Indonesia, USA dan Singapura namun karena blog teman yang akan dibuat tersebut hanya untuk pengunjung Indonesia akhirnya saya pilih lokasi server Indonesia dan paket yang diambil adalah Business A dengan harga sewa bulanan 59.500 atau Rp. 595.000 per tahun (belum termasuk PPN 10%) dan gratis sebuah domain name.

Pengalaman Sewa Hosting di Qwords

Mencoba Sewa Hosting Gratis Domain Di Qwords (Lokal)

Tidak banyak pengalaman yang bisa saya bagikan karena masih terlalu dini mengingat belum genap satu bulan dan blog wordpress baru milik teman tersebut masih dalam tahap pembuatan jadi saya belum tahu kelebihan dan kekurangan tetapi saya akan coba berbagi sekilas pengalaman mulai dari proses pemilihan paket, pembayaran dan install wordpress.

  • Proses order dan pembayaran lumayan mudah dan lancar, saya coba membayar menggunakan sms banking Mandiri. Namun sayang karena untuk pembayaran via ATM atau SMS Banking yang tidak bisa menambahkan berita maka jumlah uang yang harus ditransfer berbeda dengan tagihan (unik) dan selisihnya tidak banyak, lihat gambar dibawah ini.Pengalaman Sewa Hosting di QwordsTagihan yang harus dibayar adalah 595.000 + 59.500 (PPN) = Rp654.500. Sedangkan jika bayar via ATM tanpa bisa mengisi kolom berita (karena susah mencari ATM Non Tunai) akhirnya saya harus membayar Rp663.342 atau ada selisih 8.741 yang akan masuk ke deposit. Setelah melakukan pembayaran kita harus melakukan konfirmasi pembayaran (sudah ada tombol yang disediakan pada form invoice) dan tunggu beberapa saat karena nanti akan ada email masuk yang memberitahukan proses pembayaran sudah sukses.
  • Proses Install WordPress, setelah sewa hosting langkah selanjutnya tentu install wordpress dan untuk urusan ini tentu tidak banyak berbeda dengan penyedia shared hosting lainnya yang menggunakan cpanel.
  • Sedikit Masalah pada Plugin, satu kendala yang saya hadapi di qwords adalah masalah saat akan menghubungkan plugin jetpack ke worpdress.com karena selalu gagal, entah masalahnya dimana karena setelah cek berbagai kemungkinan dari sisi instalasi wordpress saya tidak temukan penyebabnya apalagi theme yang saya gunakan adalah template wordpress default dan tidak ada plugin lain yang aktif jadi kecil kemungkinan penyebabnya adalah theme serta konflik dengan plugin lain. Akhirnya saya coba hubungi CS qwords dan jelaskan masalahnya, dan baru setelah mendapat jawaban ke 2 masalahnya selesai 🙂
  • Uptime, untuk masalah yang satu ini saya belum bisa memberikan gambaran karena seperti blognya pun masih dalam tahap pengembangan.

Kesimpulan sementara qwords cukup lumayan dipertimbangkan namun sebelum memutuskan untuk sewa disana silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya dan lakukan perbandingan dengan penyedia hosting lain. Dari pengalaman saya yang baru menggunakan qwords memang patutu diakui layanan support mereka cukup responsif dan ini bisa menjadi nilai plus karena saat kita menghadapi masalah dan support sulit dihubungi tentu akan menjengkelkan.

Jadi jika kamu pemula atau belum pernah sewa hosting sebaiknya cari informasi secukupnya sebelum putuskan memilih akan hosting dimana, atau coba tanyakan pada blogger lain karena biasanya jawaban mereka akan lebih fair dibandingkan jika kita hanya membaca review yang kebanyakan mereka sendiri tidak / belum menggunakan jasa hosting yang mereka review

Jangan terpaku pada harga murah, tetapi ketahui dulu kebutuhan spek hosting untuk blog / situs kamu terutama space, bandwidth selanjutnya pertimbangkan juga kualitas support yang mereka tawarkan. Kenyataannya tidak ada hosting yang murah karena semua kembali pada spesifikasi dan layanan.

Latest Comments
  1. ianhade November 10, 2015
    • Ayu Listia November 10, 2015
  2. ianhade November 10, 2015
    • Ayu Listia November 10, 2015
  3. ianhade November 10, 2015
    • Ayu Listia November 10, 2015