Mengatasi Error 404 Not Found Setelah Pindah Blogger Ke WordPress

Migrasi dari blogger atau blogspot ke wordpress tidak terlalu sulit namun yang menjadi kendala adalah perbedaan struktur pemalinks antara blogger dan wordpress yang bisa menyebabkan error 404 not found terutama url pada artikel yang mengarah ke artikel lainnya.

Seperti yang dialami oleh salah seorang teman blogger yang beberapa waktu lalu memutuskan untuk pindah dari blogger ke wordpress, setelah sukses melakukan import artikel lengkap beserta gambar ada satu masalah yang dihadapi setelah mengganti permalinks menjadi /%postname%/ yang jelas berbeda dengan struktur url blogger yang menggunakan format tahun dan bulan atau /%year%/%monthnum%/%postname%/

Advertisements

Memang saat kita ganti permalink wordpress menjadi /%postname%/ secara otomatis semua url artikel akan diubah kecuali link yang ada pada artikel atau internal link.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Setelah Pindah Blogger Ke WordPress

Bagi sobat yang baru saja memindahkan blog dari blogspot ke wordpress self hosted dan mengalami kendala pada internal link yang menjadi error 404 not found berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya tanpa perlu menggunakan plugin tambahan.

#Solusi Pertama Memodifikasi htaccess 

Bagi kamu yang menggunakan web hosting dengan Apache maka untuk mengatasi error setelah pindah dari blogspot ke wordpress self hosted adalah dengan menambahkan kode berikut pada file .htaccess kemudian save.

RewriteEngine on
RedirectMatch 301 /([0-9]+)/([0-9]+)/(.*).html$ /$3/

#Solusi Kedua Memodifikasi File Konfigurasi Nginx
Cara kedua ini berlaku bagi kamu yang menggunakan nginx terutama di VPS karena harus memiliki akses via ssh, dan berikut langkahnya.

Buka file konfigurasi blog kamu, defaultnya adalah /etc/nginx/sites-enabled/wordpress (harap sesuaikan jika kamu menyimpan konfigurasi untuk situs berbeda dengan lokasi tersebut)

Cara membukanya, ketik command sudo nano /etc/nginx/sites-enabled/wordpress kemudian tambahkan kode untuk redirect 301 secara permanen pada blok Server { }, berikut kode untuk pengalihan permanen dari url blogspot lama ke url wordpress di nginx.

rewrite "^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([^/]+).html$" https://penablog.com/$3 permanent;

Catatan : Ganti penablog.com dengan url blog kamu

Setelah menambahkan kode diatas, save lalu reload nginx dengan command sudo service nginx reload. Jika masih bingung dimana menyimpan kode tersebut lihat gambar dibawah ini.

Mengatasi Error 404 Not Found Setelah Pindah Blogger Ke WordPress

Ingat, tempatkan kode pengalihan alamat url tersebut pada blok Server {….. } seperti terlihat pada gambar.

Penting : Kedua cara diatas berlaku bagi kamu yang sudah mengubah permalinks menjadi /%postname%/

Apa yang akan terjadi setelah melakukan modifikasi seperti diatas?
Yang akan terjadi adalah semua url internal link (yang ada pada postingan dan mengarah ke artikel lain) akan otomatis diredirect saat ada pengunjung yang klik. Jadi url pada artikel tidak akan berubah namun saat diklik akan menuju ke artikel dengan permalinks baru.

Cara diatas sudah saya coba sebelumnya dan berhasil mengatasi error 404 setelah pindah dari blogger ke wordpress tanpa menggunakan plugin tambahan dan tidak perlu takut kehilangan traffik karena struktur url berubah.

Yang kami jelaskan hanya untuk mengatasi error pada link artikel saja, karena setelah migrasi dari blogger ke wordpress ada banyak hal lain yang harus dilakukan selain langkah diatas diantaranya mengalihkan versi mobile atau url yang biasanya berubah menjadi m=1 agar redirect ke versi dekstop, silahakan cari tuturial pendukung karena ada banyak blogger yang sudah menuliskan caranya. Baca juga traffik turun setelah ganti domain blogspot ke tld.

Latest Comments
  1. Muhamad Ansori August 19, 2016
    • Dian Ayu L August 21, 2016
      • ken August 28, 2016
        • Dian Ayu L August 29, 2016
  2. Abi Royen April 19, 2016
  3. Krisna February 6, 2016
    • Penablog February 6, 2016