Mengatasi Error 413 Request Entity Too Large di Nginx (VPS)

Pernah mengalami Error 413 Request Entity Too Large di Nginx saat akan upload plugin atau theme seperti yang baru saja saya alami ketika ingin kembali menggunakan theme Trupixel dari MyTheme Shop.

Theme ini ukurannya cukup besar karena didalamnya terdapat banyak gambar serta screen shoot tampilan template.

Advertisements

Walau sudah dikompres dengan winzip ukuran file theme wordpress ini masih besar sekitar 3MB dan inilah yang menjadi penyebab error 413 Request Entity Too Large di VPS Ubuntu yang saya gunakan.

Cara Mengatasi Error 413 Request Entity Too Large Nginx

Bagi yang belum tahu bagaimana mengatasi gagal upload theme atau gambar karena muncul pesan kesalahan 413 Request Entity Too Large berikut adalah langkah untuk mengatasinya.

  1. Log in ke VPS lewat SSH.
  2. Setelah berhasil masuk buka file konfigurasi nginx, kalau di Ubuntu biasanya ada di /etc/nginx/nginx.conf. Caranya ketik command berikut : sudo nano /etc/nginx/nginx.conf
  3. Selanjutnya tambahkan client_max_body_size 5M; pada blok server atau http, seperti gambar berikut ini.Cara Mengatasi Error 413 Request Entity Too Large Nginx
    Sesuaikan 5M dengan ukuran file yang menyebabkan error, pada kasus saya ukurannya adalah 3,5MB itu sebabnya client_max_body_size diubah menjadi 5M.
  4. Kemudian save lalu, reload nginx dengan perintah : service nginx reload

Setelah melakukan perubahan seperti diatas kita juga harus sesuaikan ukuran maksimal upload di php.ini karena jika lebih kecil dengan file yang akan kita upload maka akan muncul error baru.

Jadi, buka konfigurasi php.ini kemudian samakan upload_max_filesize dengan nilai pada client_max_body_size. Pada contoh ini saya ubah menjadi upload_max_filesize = 5M.

Langkah terakhir, silahkan reload php, jika kamu menggunakan php5 fpm maka perintahnya sudo service php5-fpm restart.

Setelah semua langkah dilakukan silahkan upload kembali file yang tadi menyebabkan error, dan jika memang penyebabnya seperti yang saya jelaskan diatas maka seharusnya masalah 413 error tersebut sudah bisa teratasi.

Kesimpulan, untuk mengatasi error 403 di Nginx caranya adalah menambah atau mengubah baris kode client_max_body_size menjadi lebih besar dibandingkan file yang akan kita upload dan jika masih muncul error upload max size pada php maka ubah juga pengaturan php.ini, samakan nilainya dengan yang ada pada konfigurasi nginx.