Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing (Page Unresponsive)

Pernah mengalami masalah dengan Google Chrome tidak bisa browsing atau muncul error Page Unresponsive? walau internet lancar padahal jika menggunakan browser lain seperti Firefox, Internet Explorer kita bisa melakukan browsing dengan lancar.

Tadi pagi entah kenapa setelah mengganti proxy dari contol panel – internet option ke default atau tidak menggunakan proxy lagi ternyata Google Chorme tidak bisa digunakan untuk membuka situs bahkan untuk membuka setting atau pengaturan pun tidak bisa dan muncul pesan kesalahan Page Unresponsive.

Advertisements

Setelah mencari cara mengatasi masalah diatas, akhirnya saya menemukan beberapa artikel yang memberikan tips untuk mengatasi Google Chrome yang seperti tidak merespon sama sekali, bukan cuma untuk browsing membuka alamat web tertentu tetapi tidak bisa membuka pengaturan. Baca juga : cara mengubah halaman awal Google Chrome.

Pengalaman Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing (Page Unresponsive)

Ada dua solusi yang saya coba dan berhasil mengatasi browser Google Chrome tidak merespon dan tidak bisa digunakan untuk browsing yaitu :

#1 – Solusi Pertama : Ubah Compatibility

Langkah pertama, tutup Google Chrome lalu cari lokasi folder dimana anda install Chrome, defaultnya ada di C:Program FilesGoogleChromeApplication lalu klik kanan chrome.exe pilih Properties. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing (Page Unresponsive)

Centang Run this program in compatibility mode for, lalu pilih salah satu OS (asal jangan sama dengan OS yang digunakan saat ini) misal saya menggunakan Windows 7 maka yang saya pilih adalah Windows Vista (Service Pack 1) lalu OK.

Buka kembali Google Chrome dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

Jika cara pertama tidak berhasil kemungkinan penyebab error berbeda dengan yang saya alami.

#2 – Solusi Kedua : Reset Pengaturan Google Chrome

Peringatan, cara ini akan menghapus pengaturan termasuk extension yang sudah terpasang jadi pikirkan baik-baik resikonya sebelum melakukan langkah berikut ini.

Tutup Google Chrome terlebih dahulu kemudian buka folder C:UsersUSERAppDataLocalGoogleChromeUser Data dari Windows Explorer, klik kanan folder Default lalu pilih rename  menjadi Default Lama misalnya.

Reset Pengaturan Google Chrome

Setelah melakukan perubahan kedua, ternyata semua pengaturan Google Chrome direset seperti semula dan browsing pun lancar kembali tanpa restart PC, seperti terlihat pada gambar berikut.

Google Chrome Tidak Bisa Browsin

Catatan : Saya tidak menjamin kedua cara diatas bisa mengatasi masalah anda karena bisa jadi penyebabnya berbeda, jadi jika dua cara yang saya jelaskan tidak berhasil harap maklum atau jika memiliki pengalaman lain silahakan berbagi disini.

Itulah sedikit pengalaman mengatasi Chrome error tidak bisa dipakai browsing walau internet lancar atau tidak bisa membuka setting sama sekali dan hanya muncul kotak Page Unresponsive.

Latest Comments
  1. Annan October 3, 2016
  2. iit borneo September 27, 2016
  3. Nara September 2, 2016
    • Dian Ayu L September 3, 2016
  4. Anggi August 5, 2016
  5. Putri July 22, 2016
    • Dian Ayu L July 22, 2016
  6. habaportal.com July 17, 2016
  7. Bagja June 27, 2016