Mudahnya Ganti Kipas Laptop Acer Aspire 4739

Awal mengganti kipas laptop Acer 4739 memang saya bawa ke tukang servis laptop dengan biaya yang lumayan tetapi karena penasaran apalagi sudah melihat sendiri ternyata cara pasang kipas laptop itu sangat mudah akhirnya saya coba cari video tutorial di YouTube.

Akhirnya saya temukan salah satu video yang menunjukan cara membuka laptop Acer 4739 kemudian saya coba dan ternyata langsung bisa, pada intinya sih kita harus tahu dimana saja posisi baut-baut yang harus dibuka.

Advertisements

Nah karena kebetulan kipas laptop rusak lagi sehingga harus ganti dan setelah mencari tahu berapa harganya kemudian saya putuskan untuk membeli dari Tokopedia karena harganya lumayan lebih murah dibanding membeli dari toko komputer walau tipenya sama.

Setelah barang sampai dirumah, akhirnya proses membongkar laptop pun langsung dilakukan setelah itu saya ganti kipas yang rusak tersebut dengan yang baru dan cuma dalam beberapa menit proses penggatian selesai, kemudian saya coba dan ternyata fan pendingin prosesor tersebut bisa berfungsi dengan normal tidak seperti kipas sebelumnya yang berisik dan sering mati sendiri. Baca juga cara memperbaiki keyboard laptop error.

Cara Mudah Ganti Kipas Laptop Acer Aspire 4739 Sendiri

Kipas yang saya beli dari Tokopedia dengan harga murah ditambah ongkos kirim JNE YES totalnya hanya 78.000.

Cara Mudah Ganti Kipas Laptop Acer Aspire 4739 Sendiri

Sebelum menlanjutkan ada beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya obeng + (kembang), pasta pending prosesor dan lakban kertas untuk merekatkan / menutup celah antara kipas dengan pendingin yang menempel ke prosesor.

Setelah semua alat tersedia kemudian posisikan laptop dalam keadaan terbalik lalu buka baterai dan buka juga baut satu persatu lalu buka cashing belakang.

Cara Mudah Ganti Kipas Laptop Acer Aspire 4739 Sendiri

Setelah cashing terbuka, kemudian buka baut (ada 3 buah) yang terdapat pada prosesor lalu buka juga baut pada fan, saya lupa berapa jumlahnya kalau tidak salah ada 4.

Jika baut sudah dicopot semua, cabut kabel konektor dari kipas ke motherboard dan selesai deh kipas pun bisa dibuka kemudian pasang yang baru dan jangan lupa bersihkan dulu pasta pendingin yang tersisa diatas prosesor lalu beri pasta pendingin lagi kemudian lakukan pemasangan kipas.

Setelah itu baru pasang cashing dan baut satu persatu sampai selesai. Ternyata proses mengganti kipas laptop acer 4739 yang saya miliki hanya dalam waktu kurang dari 30 menit sudah selesai.

Maaf jika artikel ini kurang jelas, karena saya memang tidak memberikan panduan lengkap langkah demi langkahnya karena kipas sudah keburu terpasang dan tidak sempat difoto semua prosesnya, tetapi pada intinya membongkar kemudian mengganti kipas laptop sendiri itu sangat mudah.

Nah bagi kamu yang masih bingung bisa lihat video YouTube ini yang menunjukan cara membongkar dengan lebih jelas walaupun memang kualitas videonya agak kurang baik karena gelap tetapi sudah bisa menjadi panduan saat kita ingin membongkar laptop acer 4739 sendiri.