Pengalaman Mengatasi svchost.exe Memory Usage dan CPU Usage Tinggi di Windows 7

Setiap kali habis start up Windows 7 yang terpasang di laptop terasa lemot seolah kehabisan memory, lama kelamaan kursor mouse menjadi susah digerakan baik itu hanya untuk membuka Windows Explorer, klik start menu maupun saat digunakan untuk browsing dengan Firefox.

Awalnya saya curiga peyebabnya adalah Anti Virus Kaspersky 2016 yang baru saya pasang kurang kompatible dengan hardware laptop Acer Aspire 4739 yang saya gunakan tetapi setelah melihat proses yang berjalan ternyata penyebabnya adalah svchost.exe menghabiskan banyak memory usage lebih dar 800.000 K.

Advertisements

Apa itu svchost.exe? jika kita baca pada halaman resmi Microsoft ini, singkatnya svchost.exe adalah proses di komputer berbasis Windows yang menampung atau terdiri dari beberapa proses lain misalnya Windows update, defender dan lainnya.

Jadi jangan heran jika kita cek melalui task manager di tab proccess ada banyak svchost.exe yang berjalan, walaupun jumlahnya banyak tetapi jika konsumsi memory wajar (dibawah 100ribu K) biasanya tidak akan menyebabkan komputer menjadi lambat atau susah merespon, sebaliknya jika memory consumption dan cpu usage terlalu tinggi maka akan sangat terasa laptop atau komputer menjadi kurang cepat merespon seolah terlalu banyak proses berjalan sedangkan RAM tidak cukup.

Seperti yang saya alami tadi pagi, ketika baru menyalakan laptop tetapi hampir 5 menit menunggu Windows terasa sangat lambat padahal baru saja dilakukan install ulang dan tidak banyak software yang terpasang.

Cara Mencari Penyebab Memory Usage Tinggi Yang Membuat Komputer Lemot

Jika yakin PC anda sehat atau tidak terserang virus atau tidak memiliki masalah dengan hardware terutama hard disk tetapi setiap kali habis start up terasa sangat lambat, maka berikut adalah salah satu cara untuk mencari tahu penyebabnya.

  1. Tekan CTRL + ALT + DEL untuk membuka Windows Task Manager.
  2. Setelah terbuka pilih Tab Proccess. Lalu klik pada Memory (Private Working Set) untuk mengurutkan dari yang terbesar.Windows Task Manager
  3. Setelah diurutkan akan terlihat proses apa yang paling tinggi menghabiskan memory dan salah satu solusinya adalah dengan cara klik End Proccess. Namun khusus untuk svchost.exe sebaiknya jangan langsung menghentikan proses tetapi periksa lebih lanjut proses apa saja  yang menggunakan svchost.exe seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi svchost.exe Memory Usage dan CPU Usage Tinggi

  1. Langkah pertama bukan Windows Task Manager seperti langkah diatas.
  2. Selanjutnya centang Show proccess from all users.Show proccess from all users
  3. Kemudian klik kanan pada svchost.exe lalu pilih Go to service(s).Cara Mengatasi svchost.exe Memory Usage dan CPU Usage Tinggi
  4. Akan muncul proses apa saja yang menggunakan services svchost.exe seperti tampak pada gambar berikut.Cara Mengatasi svchost.exe Memory Usage dan CPU Usage TinggiPada langkah ini memang membutuhkan coba-coba untuk mencari tahu penyebab memory usage scvhost.exe tinggi sehingga membuat Phyisical memory usage diatas 80% dan yang saya lakukan adalah dengan menghentikan proses yang muncul satu persatu lalu lihat apakah ada perubahan atau tidak.
  5. Pada percobaan pertama saya stop wuauserv atau Windows Update dengan cara klik kanan pada item wuauserv lalu pilih Stop services.
  6. Ternyata setelah proses Windows Update dihentikan, penggunaan Physical Memory berkurang dari 97% menjadi 46% dan laptop terasa normal kembali, berikut penampakannya.penggunaan Physical Memory berkurang

Kesimpulan

  1. Untuk mencari tahu kenapa svchost.exe menyebabkan Phiysical Memory menjadi tinggi sehingga komputer lambat bisa dilakukan melalui Task Manager kemudian cek proses apa saja yang menggunakan svchost.exe.
  2. Stop salah satu services yang ada pada grup svchost.exe lalu lihat apakah ada perubahan atau tidak, jika tidak berubah maka coba stop services lainnya.

Disclaimer : tidak ada jaminan cara diatas akan mengatasi masalah yang anda hadapi karena ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab svchost.exe menghabiskan banyak memory.

Itulah sedikit pengalaman mengatasi svchost.exe yang menyebabkan memory usage tinggi. Semoga bermanfaat dan jika memiliki pengalaman serupa silahakan berbagi disini.

Latest Comments
  1. kudogilo September 21, 2016
  2. Iwan September 19, 2016
  3. arif ajf July 29, 2016
    • Dian Ayu L July 29, 2016
  4. Gunawan July 11, 2016
    • Dian Ayu L July 12, 2016
  5. Tips Komputer June 23, 2016
  6. Erick June 9, 2016
    • Dian Ayu L June 11, 2016
  7. Kevin June 1, 2016
  8. dwi thio April 21, 2016
  9. dennis apriliyanto April 16, 2016
  10. krismawan April 9, 2016
    • Dian Ayu April 9, 2016
  11. jimmy March 17, 2016
  12. otoborn.com January 5, 2016