Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

Penyebab Kartu ATM Tertelan Dan Cara Mengurusnya – Buat Baru

Penyebab Kartu ATM Terlelan Dan Cara Mengurusnya – Buat Baru

Penablog.com – Beberapa waktu lalu setelah membayar tagihan kartu kredit bank Mega via ATM Mandiri karena saya sibuk periksa slip bukti pembayaran akhirnya lupa segera mengambil kartu ATM yang sudah keluar, entah berapa detik tapi tiba-tiba ATM tersebut masuk kembali alias tertelan mesin.

Advertisement

Sekian lama memiliki kartu ATM baru kali ini mengalami kejadian sampai tertelan dan penyebabnya sepele yaitu terlalu lama tidak segera mengambil kartu tersebut setelah keluar. Dengan sedikit jengkel dan panik, saya coba tanyakan pada petugas security yang kebetulan ada disitu, berikut kira-kira percakapannya.

Saya : Pa, kartu ATM saya tertelan bagaimana ni?
Security : Hubungi Hubungi Mandiri Call di nomor 14000
Saya : Ga ada cara lain Pa?
Security : Coba datang langsung ke Kantor Cabang

Karena saat itu kebetulan ada juga petugas ATM yang sedang memperbaiki mesin lainnya, sayapun coba bertanya dan berikut cuplikannya.

Saya : Maaf pa, kartu saya tertelan setelah transaksi, gimana ngatasinnya?
Petugas : Waduh, kita ga bisa bantu mba, kalau udah ketelen ga bisa diambil, coba urus langsung ke kantor cabang aja bikin baru.

Dengan rasa kecewa, apalagi saat itu hari jumat sekitar pukul 3 sore dan tidak mungkin sampai ke kantor cabang sebelum tutup, akhirnysa saya putuskan untuk menghubungi Mandiri Call di 14000, kemudian meminta pemblokiran agar aman karena ATM sudah tertelan.

Apa Penyebab Kartu ATM Tertelan?

Setelah mengelami kejadian ini sakhirnya saya coba cari-cari informasi tentang apa saja yang bisa menyebabkan kartu atm masuk kembali ke mesin atau tertelan dan berikut kesimpulannya:

  1. Terlalu lama mengambil kartu yang sudah keluar (separuh) setelah selesai melakukan transaksi, saya lupa tepatnya berapa detik waktu yang diberikan.
  2. Mesin ATM rusak, atau listrik padam saat akan melakukan transaksi. ternyata banyak juga nasabah lain yang pernah mengalami kartu atm tertelan karena listrik padam atau mati lampu terutama yang menggunakan mesin yang lokasinya ada di supermarket seperti Alfamart, Indomart dll. seperti yang diceritakan di postingan Kompasiana ini. ~ Transaksi ATM BCA tiba-tiba listrik padam
  3. Lupa PIN dan memasukan PIN yang salah berulang-ulang.

Itulah 3 penyebab yang bisa membuat atm tertelan mesin dan mungkin masih ada faktor lain yang belum saya tahu tetapi setelah mencari informasi ternyata 3 hal diatas merupakan yang paling banyak menjadi penyebabnya.

Apa Hal Petama Yang Harus Dilakukan Jika ATM Tertelan Mesin?

  1. Jangan Panik : catat/ingat lokasi dan waktu kejadian serta transaksi yang kamu lakukan (jika sudah berhasil) seperti kasus saya.
  2. Segera hubungi CS Bank terkait, dan minta pemblokiran kartu ATM. Yang akan diblokir hanya kartunya bukan tabungan secara keseluruhan artinya kamu masih bisa transaksi jika sudah mendaftar fasilitas sms banking atau internet banking tetapi tentu tidak bisa ambil tunai kecuali langsung ke bank.

Apa Yang Ditanyakan Petugas Bank Saat Meminta Pemblokiran?

Saya tidak tahu apakah ini prosedur umum untuk semua bank atau tidak tetapi berikut ini adalah beberapa hal yang ditanyakan oleh petugas CS saat kita minta pemblokiran kartu.

  1. Identitas dan data rekening: Nama, alamat sesuai dengan yang ada dibuku tabungan, nomor rekening, nama ibu kandung.
  2. Alasan pemblokiran. Saya jawab karena kartu tertelan mesin.
  3. Transaksi terakhir, saldo yang tersisa dan tempat kejadian. Untuk saldo kebetulan saya tidak ingat nominal tepatnya berapa tetapi untungnya masih ingat transaksi terakhir yang saya lakukan.

Setelah memberikan infomasi yang mereka butuhkan, kita diminta menunggu dan jangan tutup telepon karena proses pemblokiran akan dilakukan dan setelah selesai barulah mereka akan beritahu bahwa atm telah sukses diblokir baru kita tutup telepon.

Tips : sebelum telepon CS Bank, catat terlebih dahulu nomor rekening tabungan kamu dan jika telepon dari HP pastikan pulsa mencukupi, untuk amannya minimal ada sisa pulsa 20ribu.

Cara Mengatasi Kartu ATM Yang Tertelan Mesin

Setelah selesai meminta pemblokiran kartu via telepon ke CS Bank Mandiri, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat kartu atm baru karena seperti sudah saya jelaskan diatas, kartu atm tersebut tidak bisa diambil kembali dan berikut adalah caranya.

  1. Cari lokasi kantor cabang terdekat, dan bawa buku tabungan + KTP.
  2. Ambil no antrian untuk ke CS Umum.
  3. Setelah mendapat giliran, beritahukan CS Bank kamu mau ganti kartu atm karena tertelan mesin, biasanya mereka akan tanya beberapa hal seperti kapan transaksi terkahir, kenapa bisa tertelan dll.
  4. Isi form yang disediakan dan jangan lupa siapkan uang 6.000 untuk biaya materai.
  5. Setelah ATM baru didapat, tanyakan pada petugas bank kapan bisa digunakan dan jangan lupa ganti dengan PIN baru.

FAQ
– Apa syarat dan berapa biaya mengganti kartu ATM?
* Seperti yang disebutkan diatas, bawa buku tabungan dan KTP, untuk biaya yang dikeluarkan hanya biaya materai 6.000 tidak ada yang lain (entah kalau bank lain)
– Bisakah mengganti ATM di luar kota / beda kota dengan tempat membuka rekening?
* Setahu saya bisa karena waktu meminta pengantian ATM saya lakukan di Bekasi sedangkan rekening tersebut saya buka di daerah Bogor (KTP masih sesuai dengan yang ada di buku tabungan)

Jadi tidak perlu lagi mencari cara mengambil kartu atm yang tertelan mesin karena memang tidak bisa diambil lagi dan harus membuat baru dengan datang langsung ke kantor cabang.

Kesimpulan : Saat ATM tertelan mesin jangan panik tapi segera hubungi CS bank terkait untuk meminta pemblokiran dan penggantian dengan kartu baru.

Jika kamu berada diluar kota/pulau yang berbeda dengan lokasi pembukaan rekening tanyakan juga bagaimana prosedur atau syarat yang diperlukan apa saja agar kamu tidak bulak-balik ke kantor cabang tersebut, tetapi dari pengalaman saya dua kali meminta penggantian ATM baru karena tertelan dan expired (BRI) keduanya saya lakukan di kota berbeda dengan tempat pembukaan rekening dan tidak ada masalah selama kita bawa buku tabungan dan KTP asli.

Baca juga : cara deposit Neteller pakai rekening bank lokal Mandiri.

Ayu L Blogger pemula yang selalu berusaha menyajikan tulisan informatif berdasarkan pengalaman dan percobaan pribadi

63 Replies to “Penyebab Kartu ATM Tertelan Dan Cara Mengurusnya – Buat…”

    1. Saya ga tau mas ada batasannya atau engga tapi saran saya si cepet2 aja, atau minimal blokir dulu biar aman

    1. setau saya mah ga bisa mas pasti ditanya, 3 bank udah saya coba selalu minta buku tabungan + KTP asli

    1. ga apa2 juga si mas, kalau saya buru2 karena memang butuh kartu atm nya buat bayar2 πŸ™‚
      yang penting udah diblokir berarti ga bisa dipake lagi

  1. sy baru saja dapetin kasus ini. tadi siang sy ke atm mau tarik tunai. transaksi berjalan saldo ke potong, tp kartu atmnya ga keluar. sy dah hubungi cs jadi langsung diblokir katanya. sy mau tanya saldo yg kepotong tadi bisa kembali lagi ga yah?

    1. Jadi uang sama kartunya ga keluar mas?
      setahu saya si kalau tarik di atm dan uang ga keluar tapi saldo kepotong biasanya diganti

  2. ulvi yanah
    januari 30,2015 at 8:00
    tadi saya atm nya ktelen gimana y cra ngurisny alnya atm nya dibuat ditegal bisa ga lo ngurusnya disukabumi

  3. Permisi. Maaf saya mau tanya . Beberapa hari yg lalu atm saya tertelan . Kebetulan atm nya dekat dengan bank nya. Setelah itu pihak bank meminta ktp atas nama atm tersebut setelah itu kebetulan petugas atm nya ada dan langsung di ambil hari itu juga tidak sampai berjam-jam. Saya lupa tanya itu tidaka ada yg berubah kan baik saldo maupun pin? Hehe saya belum cek lg soalnya. Tolong balas makasih

    1. Itu diambil lagi dari mesin? beda bank beda kebijakan kayanya kalau pas saya mah ga bisa diambil lagi tapi suruh bikin baru
      harusnya kalau cuma diambil blom sempet diblokir mah ga berubah pin nya, kalau saldo ya ga berubah juga kecuali ada penarikan tunai selain lewat atm πŸ™‚

  4. permisi mw tanya,,,, apakah gpp alamat yg tertera dibuku tabungan berbeda sama alamat ktp asli ????

    1. Dicoba aja mas, kalau saya kebetulan alamatnya masih sama, paling kalau bank nya ragu diminta identitas lain kaya sim, kk dll (saya belum pernah kalau beda ktp)

  5. Mau tanya mas kartu ATM mandiri saya tertelan mesin dan pada saat saya mau mengurusnya di bank untuk buat ATM baru dalam persyaratan yang harus di lengkapi ada buku rekening tp buku rekening saya hilang bagaimana ya mas solusinya klo kejadian seperti saya.

    1. Lebih pas si tanya langsung ke bank yang bersangkutan mas, tapi berarti mas harus bikin buku tab baru dulu
      biasanya bikin surat kehilangan dulu dari kepolisian

  6. Kl ketelannya udah lebih dr 15 hari dan ga di blokir masih bisa gak yah? Tp sy selalu cek di e banking saldo masih aman.

  7. Permisi saya mau tanya, kartu atm saya hilang, dan saya pengguna sms banking. Jadi saya klw mau mngambil uang hrus transfer ke rek temen, krn berhubung tu hari sabtu jd saya blm urus ke bank utk pemblokiran atm. Nmun saat saya mengirim lwat sms mreka kan minta beberapa digit pin tu, saya masukan tdk bisa, alhasil sms banking sy terblokir. Berhubung ini hr minghu jd saya binggung hrus gmn ya?

    1. Kalau minta pemblokiran ATM bisa via telepon ko saya juga dulu kejadiannya sore. Tapi kalau atm hilang mungkin harus bikin surat kehilangan dulu sebelum diurus bikin baru.
      Untuk sms banking terblokir setau saya si harus langsung ke kantor cabang buat buka blokirnya, kaya saya dulu waktu token ke blokir akhirnya harus ke kantor cabang & bawa buku tabungan serta KTP asli, kalau cabang si dimana aja bisa ga harus tempat buka tabungan dulu

  8. mas uang saya tertelan lagi mesin atm…sado berkurang.kebetulan ssya pake banl bri.baikmya mengadu langsung ke atm center apa cabang bank bri

  9. Atm saya di bawa kawan lari,,uang tak ada pulsa tak ada
    apa yg harus saya lakukan boss..?
    buisakah smz ke no tanpa bayar,,?

  10. Kak kalo kartu atm ketelen, terus lupa belum diblokir tapi udah bikin kartu atm baru dan udah ganti pin yang baru aman gak ya apabila nanti ada trnsferan uang?soalnya kartu atm ketelen itu perbuatan orang alias pembobol, saking paniknya saya tlfn call center tpi nomernya nomer pribadi bukan nomer call center bank. Aku dapat dari komplotan maling itu juga nomer call center palsunya.jadi aku minta diblokir nya sama maling bukan pihak bri asli.nah q langsung ke bank bri nya minta atm baru dan penggantian pin barh, lupa gak ngomong

    1. waduh kalau begitu mendingan langsung tanya BRI deh mba & lain kali jangan mudah percaya dengan no call center karena di ATM biasanya udah ada nomor resminya

  11. Saya mau tanya,untuk melakukan perubahan data bagaimana caranya, karna di bukutabungan mandiri saya namanya Muhammad Yunus, sedangkan di KTP saya muhamad yunus,karena pada saat pembukaan rekening saya pakai foto copy KTP krna KTP saya hilang waktu itu

    1. kalau untuk itu si mendingan langsung tanya ke bank yg bersangkutan mas, tapi biasanya bank akan minta dua identitas & diliat mana yg benernya misal KTP & KK
      nah kalau di KTP sama KK beda biasanya agak ribet lagi karena harus dibetulkan dulu,

  12. Atm saya tertelan mesin atm di luar kota,trus saya langsung tlp call center untuk blokir atm.apa bisa ambil uang tunai lewat buku tabungan walau atm sdh diblokir

    1. bisa mas kan yang diblokir cuma atm, jadi untuk tarik tunai via teller maupun sms/internet banking masih bisa

  13. Saya baru aja dapetin kasus ini juga mas..syg udh tlp pihak bank ny dan sudah di blokir..untuk membuat atm yg baru..harus ada ktp +buku tabungan .. nah masalah saya buku tabungan saya hilang mas wkt banjir gk tau kmna..gmn tuh mas..apa ada cara lain..

    1. waduh saya baru baca komennya ada 2 ternyata πŸ™‚
      coba aja datang dulu ke kantor cabang mas, terus beri tahu situasinya tar paling disuruh bikin surat kehilangan

    1. ya solusinya seperti yang dijelaskan mas, telp cs minta pemblokiran kartu abis itu datang ke kantor cabang dengan membawa buku tabungan serta KTP asli terus minta buat atm baru.

      1. Mas.. Atm saya ketelen pada selasa tanggal 20 september ini,, terus.saya ngurusnya hari jum,at tanggal 23 september 2016.cuman.masalahnya saya berada di perantauan dan buku tabungannya ada di kampung halaman.trus kartu atmnya belum di blokir nyampe hari jum,at tgl 23. Gimana tu mas …??

        1. mendingan langsung kontak cs bank terkait aja mba
          soalnya setahu saya buat ngurus atm tertelan diminta bawa buku tabungan + KTP asli

    1. mgurusnya ke kantor cabang aja langsung mas, bawa buku tabungan sama KTP nanti langsung ke CS & minta buat baru

  14. Baru kali ini saya dapet kasus lewat sms untuk pembayaran angsuran motor .saya di suru ke atm lalu si penipu suru saya ketik e banking setiap bulan nyh saldo saya kepotong 100 rbu
    Apa yg hrus saya lakukan agar saldo di atm saya tidak terpotong lgi stiap buln nyh.mohon penjelasannyh trimkasih

    1. kalau menurut saya si mendingan langsung ke bank aja, kalau memang tiap bulan ada pemotongan 100ribu cek apa ada autodebet dan minta dibatalkan

  15. kenapa atm bisa tertelan ?
    karena di mesin atm sdh diset agar sekitar 5 -10 detik setelah kartu keluar harus segera diambil kalau tidak mau tertelan. Jadi prioritaskan ambil kartu atmnya dulu, jangan hitung uangnya dulu atau lihat slip.
    sebenarnya sih ga usah diblokir jg gpp kok, klo yakin tertelan ke mesin sih (bisa ditunggu 5 menit) soalnya yg bisa buka tempat kartu rejectnya cm pegawai bank saja dan mereka ga tau pin atmnya jadi masih aman lah. klo mau pingin aman lagi ya diblokir aja, tinggal telpon ke 14000 jd ga perlu ngantri di kantor cabang.
    nomer yg dituju harus ke 14000 ya, jgn telpon ke nomer lain.

    1. Itu kejadian gara2 saya lupa ambil kartu atm nya πŸ™‚ malah sibuk baca struk takut ada yg salah, eh pas mau diambil masuk lagi
      waktu kejadian saya kebetulan lagi ada petugasnya & katanya ga bisa diambil mas πŸ™‚
      jadi langsung minta blokir aja.

      Semenjak kejadian itu tiap abis ambil atau bayar di atm, yg pertama saya ambil kartunya dulu πŸ™‚ yg lain belakang, dah kapok soalnya

  16. Mas ini agak sedikit ruet, sya mau narik ATM punya sodara, pke kartu dan mesin ATM yg berbeda Bank, saya pikir bisa meskipun kena Cass, tpi kartu ketelen, buku tidak ada trus yg bersangkutan/pemilik ATM lgi di tahanan, yg kmi tahu cuma no rekeningnya saja.. gmna caranya mengatasinya..?? Sedangkan kmi perlu uangnya pake bayar pengacara..

    1. waduh kalau kasusnya begitu sy juga kurang tahu ngatasinnya mas
      lebih enak pergi ke pihak bank terkait dulu minta petunjuk gimana solusinya
      karena susah urusan bank diwakilkan

  17. saya kan mau narik atm punya saya. trus kartunya ketelen dan uang nya enggak keluar termasuk slip juga tapi saldo saya berkurang. kejadian ini hari minggu, 21 agustus 2016. trus hari seninnya saya kepihak bank mandiri. kebetulan saya buka rekeningnya di mandiri. mesin atm yg saya pke untuk narik uang nya juga atm mandiri. pihak mandiri langsung mencetak kartu atm bru saya setelah mendengar kronologis kejadian yg saya alami. katanya uang bapak akan kembali. tunggu saja entar ada balasan dari pusat lewat hp. nah bagaimana ini, uang saya juga belum kembali. kata pihak mandiri entar mereka ngembaliin uangnya kerekening. tapi saya cek sampe sekarang saldo saya enggak nambah.? nah, itu gimana solusinya?

    1. Kalau pihak mandiri sudah bilang uang akan kembali pasti kembali mas cuma waktunya sayang ga disebutkan berapa lama
      mereka bisa cek sebetulnya uang keluar dari mesin atau tidak jadi kalau memang terbukti tidak keluar tapi saldo berkurang pasti dibalikin sih
      saya pernah baca kasusnya cuma lupa dimana urlnya tapi balik si duitnya dari pengalaman orang tersebut
      kalau mas masih ragu coba tanya CS mandiri bisa lewat Twitter juga ko, akunnya @mandiricare

  18. Maaf saya mau tanya ATM papa saya tertelan di mesin ketika di pakai ibu saya, sedangkan papa saya sedang berada di luar negeri apa bisa kalau yg mengurusnya saya sebagai anak atau ibu saya senagai istri papa saya ? Kebetulan buku tabungan dan KTP papa saya ada di ibu saya . Terima Kasih

    1. Kalau untuk itu kayanya lebih pas kalau langsung tanya ke CS bank bersangkutan aja mba
      bisa via twitter, kan sekarang rata2 bank punya akun resmi di Twitter & lebih hemat dibanding harus telepon, atau kalau mau lebih jelas bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat

  19. Untuk membuat kartu atm baru harus ,membawa buku tabungan +ktp, kalau buku tabungan nya hilang, d ganti dengan apa?

    1. Kalau hilang mungkin harus buat surat kehilangan dulu mas dari kepolisian, coba langsung cek dulu ke pihak bank terkait supaya jelas
      karena buku tab + ktp buat bukti kita sebagai pemilik sah rekening tersebut

  20. Baru saja sy mengalami kasus serupa.. Namun ATM punya ortu saya.. Apakah bisa buat kartu ATM baru dg membawa surat kuasa ortu ybs+butab ybs+ktp ybs.?

    1. mungkin bisa mas, tapi untuk lebih pastinya lebih baik tanya dulu ke bank, kalau saya kan cuma nasabah biasa πŸ™‚

  21. Baru saja di alami mbak tapi ktp sya yg ektp malah blm siap apa bisa ktp ny di ganti dengan identitas lain ya mbak misal sim atau npwp mbak

  22. Tolong bantu kasih solusi, tdi sore saya ke ATM setelah saya memasukkan PIN dan ingin nge cek saldo, ternyata PIN nya salah. Sudah sampai 3 kali, disana tertera kalo sudah melebihi batas maks kesalahan.
    Mlm nya saya ke ATM lagi, setelah masuk dan saya kembali ingin nge cek saldo, namun ada tulisan kalo ATM saya diblokir, dan kartunya tertelan???
    BAGAIMANA,apakah SALDO SAYA AMAN?

Comments are closed.