Perbandingan 3 Plugin Image Optimize Untuk WordPress

Salah satu cara mempercepat loading blog adalah dengan mengoptimalkan gambar sehingga ukurannya lebih kecil yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan plugin image optimizer seperti EWWW Image Optimizer, ShortPixel, WP Smush.

Kali ini kami akan coba melakukan perbandingan dari ke 3 plugin tersebut untuk mencari mana yang terbaik untuk digunakan, walau tentu saja masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan sehingga agak sulit menentukan yang terbaik.

Advertisements

Terutama jika gambar pada blog yang digunakan banyak memakai format PNG, biasanya file jenis ini agak susah dikurangi ukurannya karena memang sudah optimal untuk halaman web. Pada percobaan ini kami menggunakan 5 buah image, 2 dalam format JPG dan 3 PNG dengan ukuran file bervariasi

Disclaimer : Hasil yang kami dapat belum tentu akurat walau mencoba menggunakan image yang sama, semua plugin kami biarkan default tanpa mengubah setting sama sekali.

Cara Kami Membandingkan Ukuran Asli dan Hasil Optimize

Kami tidak melihat ukuran file yang sudah dioptimasi dari Gallery tetapi langsung lihat dari halaman posting gambar tersebut kemudian klik kanan – view image info.

Kenapa demikian? karena plugin ini memproses semua gambar termasuk thumbnail jadi agak susah untuk melihat hasil gambar asli (full) selain thumbnail karena datanya digabung.

Inilah Perbandingan 3 Plugin Image Optimize Untuk WordPress

Semua plugin yang akan kami bahas bisa digunakan secara gratis walau memang memiliki batasan, misal untuk plugin ShortPixel dibatasi hanya 100 image per bulan, WP Smush membatasi maksimal 50 buah image untuk bulk optimize, sedangkan EWWW Image Optimizer ternyata cukup cepat membuat ukuran database MySQL membengkak.

1 – EWWW Image Optimizer

EWWW Image Optimizer

EWWW Image Optimizer gratis digunakan, namun karena prosenya dilakukan di lokal alias web server kita maka plugin ini menyimpan berbagai data dari gambar yang sudah dioptimasi ke database, akibatnya ukuran database cepat membesar terutama jika pada blog kita sudah terdapat ribuan gambar.

Mudah digunakan tanpa perlu repot melakukan pengaturan, semua gambar yang kita upload akan otomatis diproses. Setelah mencoba dengan 5 gambar hasilnya dalam bentuk tabel.

EWWW Image Optimizer

Ternyata hasilnya 2 buah gambar dengan format PNG gagal diproses (lihat huruf warna merah) sedangkan untuk file PNG lainnya hasil berkurang 0.87% dari ukuran asli.

Begitu juga untuk JPG, tidak terlihat ada perubahan signifikan, hanya berkutang 3-5% dari ukuran asli. Jika sobat ingin mencoba silahkan langsung kunjungi halaman ini.

Catatan : EWWW Image Optimizer sebetulnya menyediakan versi lain yaitu cloud namun berbayar, dengan harga mulai dari $10 untuk 5.000 image namun karena kuota gambar kami habis akhirnya hanya bisa mencoba versi gratis.

2 – WP Smush

WP SmushPlugin untuk mengoptimalkan gambar blog WordPress ini ada dua versi gratis dan PRO, dan lagi-lagi agar adil kami hanya gunakan versi free.

Dengan batasan maksimal 1MB ukuran file yang bisa diproses dan 50 gambar untuk sekali proses bulk (banyak). Tidak ada pengaturan sama sekali kecuali opsi untuk auto optimize saat upload, dan berikut adalah hasil tes yang kami dapatkan menggunakan gambar yang sama seperti pada tes pertama.

WP Smush

Plugin yang dibuat oleh WPMU DEV ini ternyata mendapat hasil lebih baik dibandingkan EWWW Image Optimizer Free.

Hanya 1 gambar PNG yang gagal diproses dan untuk optimasi gambar PNG hasilnya cukup memuaskan karena bisa menjadi lebih kecil 5-6%. Install WP Smush.

3 – ShortPixel Image Optimizer

ShortPixel Image Optimizer

Yang ketiga adalah ShortPixel, plugin ini juga menawarkan versi gratis dan berbayar, dengan batasan hanya bisa memproses 100 image per bulan.

Namun jika dirasa cocok maka sobat bisa membeli credit dengan harga yang tidak terlalu mahal, untuk lebih detail silahkan cek langsung di situs resminya. Berikut adalah hasil optimasi gambar dengan plugin ShortPixel.

ShortPixel Image Optimizer

Tidak ada satupun gambar yang gagal diproses, walau untuk urusan kompress PNG masih kalah dibanding WP Smush tetapi untuk JPG hasilnya sangat memuaskan karena bisa kompres JPG sampai 69%. Install ShortPixel Image Optimizer.

Kesimpulan

  1. WP Smush cukup handal untuk kompres file PNG walau ada satu yang gagal tetapi hasil kompresinya lebih tinggi dibandingkan ShortPixel maupun EWWW Image Optimizer.
  2. ShortPixel boleh dibilang yang paling stabil / konsisten karena tidak ada gambar yang gagal dikompres. Sangat baik untuk mengurangi ukuran file JPG.
  3. Ketiga plugin diatas tidak mengurangi kualitas gambar, jadi secara kasat mata tidak akan terlihat perbedaan dengan file aslinya, kecuali mungkin sobat lakukan pengaturan lain yang berbeda dengan kami (default)

Mana Yang Terbaik?

Jika melihat berdasar hasil percobaan diatas maka 2 plugin yang menurut kami cukup baik adalah WP Smush dan ShortPixel.

Walau demikian untuk hasil lebih akurat silahkan lakukan percobaan sendiri atau cari data pembanding karena belum tentu hasil diatas akurat 100% tetapi setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran.

Yang kami bandingkan hanya gambar asli (full width) tidak termasuk thumbnail, itu sebabnya kami sebutkan bisa saja hasil ini kurang akurat, walaupun yang menjadi perhatian kami memang lebih pada gambar full yang akan muncul dipostingan bukan pada thumbnail related post, recent post dan sebagainya karena ukurannya cukup kecil.

Itulah sedikit perbandingan 3 plugin untuk mengoptimalkan gambar di WordPress secara gratis, silahkan berbagi pengalaman sobat disini. Jika ada kesalahan silahkan koreksi dan dengan senang hati kami akan memperbaikinya.

Latest Comments
  1. Semua Ponsel July 29, 2016
    • Dian Ayu L July 29, 2016