Perbedaan E-Toll dan E-Money Mandiri Apa Saja?

Apa perbedaan e-toll dan e-money Mandiri? apakah keduanya sama saja atau malah beda sama sekali? Bagi yang belum tahu penablog.com akan coba membahas keduanya.

E-Money Mandiri adalah kartu uang elektronik dari Bank Mandiri yang memiliki berbagai fungsi terutama membayar tol.

Sedangkan E-Toll adalah kartu uang elektronik hasil kerja sama antara Bank Mandiri dengan pengelola jalan tol. Itu sebabnya pada kartu e-toll card ada logo Jasamarga dan logo e-money.

Advertisements

Tetapi untuk fungsi keduanya sama saja, yaitu sebagai alat pengganti pembayaran tunai. Jadi bukan hanya untuk membayar di gerbang tol tetapi bisa untuk belanja di merchant e-money Mandiri seperti Indomaret, Alfamart, tempat wisata dan lainnya.

Perbedaan E-Toll dan E-Money Mandiri Apa Saja?

Perbedaan E-Toll dan E-Money Mandiri Apa Saja?

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, perbedaan dari e-toll card dan e-Money Mandiri sebetulnya hanya pada pihak yang menerbitkan.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah sedikit perbedaannya.

E-Toll

Dilansir dari Wikipedia, e-toll adalah salah satu kartu elektronik pertama yang berfungsi untuk pembayar di gerbang tol. Pada tahun 2009, penggunaan e-toll terbatas pada 3 ruas jalan tol yaitu Cawang-Tomang-Cengkareng, Cawang-Tanjung Priok-Pluit, dan Cikupa-Merak.

Namun pada perkembangannya semua ruas tol akhirnya tidak bisa bayar pakai uang tunai lagi. Sehingga cakupan penggunaan e-toll semakin luas.

Kartu e-toll diterbitkan oleh 4 institusi yaitu, PT Jasa Marga Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Bank Mandiri, dan PT Marga Mandala Sakti.

Kartu E-Money Mandiri

Berbeda dengan e-toll, kartu E-Money Mandiri hanya diterbitkan oleh Bank Mandiri. Sehingga pada kartunya hanya terdapat logo E-Money Mandiri.

Tetapi secara fungsi sama saja dengan kartu uang elektronik lainnya baik itu e-toll, Brizzi BRI, Tapcash BNI maupun Flazz BCA.

Karena saat ini semua kartu uang elektronik dari 4 bank tersebut bisa untuk pembayaran tol. Berbeda dengan dulu yang hanya bisa bayar tol pakai kartu e-toll atau e-Money Mandiri.

Jadi jika bertanya apa perbedaan e-toll dengan e-Money? maka jawabannya adalah pihak penerbit kartu.

Sedangkan fungsi, cara cek saldo, cara top up, cara update saldo maupun penggunaan sama saja.

Selain E-Toll dan E-Money Mandiri ada juga E-Money Indomaret Card. Hampir sama dengan e-toll, Indomaret Card adalah kartu uang elektronik hasil kerja sama antara Indomaret dan Bank Mandiri.

Tetapi lagi-lagi, untuk masalah fungsi Indomaret Card sama saja dengan kartu e-Money Mandiri. Jadi selain bisa untuk membayar tol, bisa untuk belanja, bisa juga untuk membayar transportasi umum seperti TransJakarta, Commuterline dan lainnya.

Yang membedakan E-Toll, E-Money dan Indomaret Card hanya pada siapa yang menerbitkan. E-Money Mandiri hanya diterbitkan oleh Bank Mandiri. Sedangkan E-Toll dan Indomaret Card hasil kerja sama Bank Mandiri dengan pihak lain.

Cara Cek Saldo dan Top Up

Untuk pengecekan saldo dan top up e-toll, e-money maupun Indomaret card sama saja yaitu bisa melalui:

  1. Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.
  2. Aplikasi Tokopedia.
  3. Aplikasi Bukalapak.
  4. Shopee.
  5. BliBli.
  6. i.Saku Indomaret.
  7. Mandiri Online.
  8. LinkAja.
  9. ATM Bank Mandiri.

Untuk mengecek saldo e-money Mandiri di HP harus yang sudah memiliki NFC. Jika cek dari HP tanpa NFC maka tidak akan bisa.

Pilihannya jika HP kamu tidak dilengkapi NFC maka bisa cek lewat ATM atau EDC. Begitu juga untuk isi saldo, jika tidak ada Mandiri Online maka kamu bisa pakai beberapa aplikasi marketplace di atas.

Batas minimal top up e-money, e-toll dan Indomaret Card rata-rata 10.000 rupiah dengan biaya admin 1.500. Tapi jika mengisi lewat Mandiri Online maka tidak kena biaya admin.

Cara Menggunakan

Penggunaan ke tiga kartu tersebut sama, yaitu cukup tempelkan pada reader di gerbang tol atau mesin edc jika kita pakai untuk membayar di merchant.

Selain untuk pembayaran tol dan belanja, kartu e-toll, Indomaret Card dan E-money bisa juga untuk pembayaran parkir.

Membayar transportasi umum seperti CommuterLine, TransJakarta, TransJojga, BatikSolo Trans dan lainnya.

Kesimpulannya, Perbedaan e-toll dan e-Money Mandiri maupun Indomaret Card hanya pada siapa yang menerbitkan.

Untuk Indomaret Card dan e-toll diterbitkan oleh Bank mandiri dan institusi lain. Sedangkan kartu e-Money Mandiri hanya diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Untuk fungsi, harga, bisa digunakan dimana saja semuanya sama. Karena pada dasarnya ke 3 kartu tersebut dari Bank Mandiri.

Tinggalkan komentar