Perlukah Android Menggunakan Anti Virus?

Penablog.com – Perlukah menginstall anti virus di HP Android? mungkin banyak yang berpendapat tidak perlu termasuk saya, tetapi setelah merasakan HP Android install aplikasi sendiri akhirnya mulai menyadari bahwa antivirus di HP Android memang perlu sekarang ini.

Setelah menyadari bahwa antivirus di ponsel Android perlu, permasalahan berikutnya adalah memilih mana yang terbaik?

Advertisements

Untuk hal ini memang tidak mudah terutama jika yang dicari adalah gratisan, karena setelah mencoba beberapa aplikasi antivirus untuk Android gratis hasilnya kurang memuaskan.

Sebagai contoh saat mencoba mengatasi aplikasi Android sering terinstall sendiri, ternyata hanya ESET dan Dr.Web yang mempu mendeteksi adanya adware pada ponsel.

Setelah terdeteksi selanjutnya ada aplikasi yang bisa dihapus ada juga yang hanya bisa distop karena digunakan oleh system, tetapi pada dasarnya dengan adanya anti virus pada HP Android memang sangat dibutuhkan dan cukup membantu mencegah aplikasi berbahaya terpasang pada ponsel.

Beberapa Alasan Kenapa Android Perlu Antivirus

Jika kamu masih ragu atau masih butuh alasan lebih sebelum memutuskan menggunakan anti virus atau tidak pada ponsel mu, berikut beberapa alasan yang mungkin bisa membuat kamu mempertimbangkan kembali untuk segera install antivirus.

# 1 – Semakin Banyak Aplikasi Terinfeksi Adware

Jika kamu belum tahu apa itu Adware bisa baca definisinya dari wikipedia. Singkatnya adware atau advertising-supported software software yang bisa secara otomatis menampilkan iklan sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi pembuatnya atau pihak tertentu yang menyisipkan.

Iklan yang ditampilkan beragam, tidak selamanya hanya dalam bentuk banner maupun pop up tetapi yang lebih parah biasanya redirect atau malah tiba-tiba install aplikasi lain saat kita tanpa sadar klik iklan tersebut.

Seperti yang dilansir oleh situs dr web pada halaman ini, yang menemukan lebih dari 100 aplikasi Android sudah terinfeksi oleh Adware dan spyware.

# 2 – Bisa Melindungi Ponsel Android Dari Aplikasi Berbahaya

Berdasarkan pengalaman, setelah menginstall ESET ternyata setiap kali kita unduh aplikasi dari Google Play Store maupun install dari file APK.

ESET akan melakukan scan secara otomatis dan jika dianggap berbahaya terutama mengandung spyware atau adware maka akan muncul peringatan dan menyarankan kita untuk menghapusnya.

Tidak hanya ESET NOD32, tetapi Dr.Web pun mampu melakukan hal yang sama bahkan setelah mencoba ternyata Dr. Web untuk Android mampu mendeteksi lebih banyak aplikasi berbahaya di ponsel.

Walau memang keduanya tidak gratis, karena hanya menyediakan trial atau percobaan selama 14 hari setelah itu kita harus upgrade atau membeli lisensi jika ingin tetap menggunakan secara optimal terutama dapat melakukan update.

Memang masih banyak alasan lain, tetapi dua hal diatas yang sudah kami sebutkan sepertinya sudah bisa menjadi bahan pertimbangan bahwa anti virus di ponsel Android memang sangat dibutuhkan saat ini.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, betul? sekarang tinggal kita pilih mau pakai antivirus gratis dengan resiko kurang bisa melindungi ponsel atau berbayar dengan mengeluarkan uang sekitar 100ribuan untuk membeli lisensi tetapi menawarkan perlindungan lebih maksimal.

Apakah kamu sudah pakai anti virus atau malah sebaliknya masih menganggap tidak perlu? jika ya silahkan berbagi pendapat kamu disini.