Plugin Yoast SEO Update Lagi Ke Versi 3.1 Apa Saja Yang Baru?

Jika sobat sudah login ke dashboard wordpress blog masing-masing mungkin sudah melihat ada notifikasi ada update plugin Yoast SEO, yang sebelumnya versi 3.07 kini menjadi versi 3.1. Lalu apa saja perbedaan yang hadir pada update terbaru ini?

Bagi yang belum melakukan update plugin Yoast SEO entah karena belum sempat atau karena masih ragu, mari kita simak beberapa perubahan yang hadir pada update kali ini.

Advertisements

Secara keseluruhan sebetulnya tidak ada yang terlalu Wah untuk urusan fitur pada update kali ini, namun patut diakui memang ada banyak perubahan dari segi tampilan yang lumayan berbeda dibandingkan versi sebelumnya baik pada pengaturan maupun pada snippet preview. Berikut ini adalah beberapa perubahan pada update Yoast SEO 3.1.

1 – Snippet Editor

Yang paling jelas terlihat adalah pada bagian Snippet Editor saat kita akan posting artikel, kini untuk mengubah SEO title, Meta description dan slug atau url posting menjadi lebih mudah karena dibuat terpisah dibagian bawah.

Plugin Yoast SEO Update Lagi Ke Versi 3.1 Apa Saja Yang Baru?

Lihat yang diberi kotak merah pada gambar diatas, pada versi terbaru Yoast SEO pengisian Meta description dan SEO Title menjadi lebih mudah dibandingkan versi lawas, karena posisinya terpisah ada dibagian bawah saat kita klik Edit snippet.

Selain itu pada kolom Meta description dan SEO Title juga muncul progress bar yang akan berwana hijau jika dianggap memenuhi skor seo yang disarankan, lebih jelasnya lihat contoh dibawah ini.

Snippet Editor

Pada SEO Title ada garis (progress bar) dengan warna orange yang menandakan judul artikel kurang memenuhi kriteria SEO berdasarkan Yoast yaitu 55-60 karakter.  Begitu juga pada deskripsi, akan berwana hijau jika bagus antara 150-160 karakter.

Walau demikian jujur saja kadang saya tidak terlalu memikirkan kedua hal diatas, ketika ingin membuat artikel dengan judul panjang saya sering tidak mau dipusingkan dengan skor SEO oleh plugin Yoast SEO ini.

2 – Tombol Radio dan Checkboxe Diganti Dengan Tombol Styled Toggle

Perubahan yang mencolok pada pembaharuan kali ini adalah dihilangkannya radio button serta checkboxes, untuk yang ini saya tidak terlalu banyak berkomentar tetapi untuk saya pribadi lebih suka dengan tampilan yang lama karena terlihat lebih simpel dan tidak membingungkan. Berikut perbedaanya.

Tombol Radio dan Checkboxe Diganti Dengan Tombol Styled Toggle

Sedangkan pada versi baru 3.1 tampilannya sangat berbeda seperti tampak pada gambar berikut.

Tombol Radio dan Checkboxe

Selain ada perubahan tampilan, memang ada beberapa pembaharuan lain terutama perbaikan bug, penambahan og:image:width dan og:image:height metatags dengan tujuan agar gambar yang tampil saat kita share artikel ke Facebook adalah gambar yang tepat yang biasanya mengambil dari featured image.

Itulah beberapa perubahan pada update plugin Yoast SEO 3.1, bagi sobat blogger yang belum melakukan update silahkan lakukan karena saat saya coba tidak ada kendala, error atau bentrok dengan plugin lain maupun dengan versi wordpress yang digunakan.