Review Baidu WiFi Hotspot – Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak software gratis yang bisa digunakan untuk membuat laptop atau PC menjadi WiFi Hotspot untuk perangkat seluler maupun sesama PC sehingga kita dapat berbagi koneksi internet, salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah Baidu WiFi Hotspot.

Mungkin belum banyak yang mendengar tentang software Baidu WiFi Hotspot, terbukti ketika kami mencari informasi tentang aplikasi hotspot terbaik untuk laptop, jarang sekali situs yang membahas aplikasi yang satu ini.

Advertisements

Aplikasi ini dapat diunduh gratis dengan ukuran installer sekitar 4.7MB, namun tidak jelas support OS Windows apa saja, namun pada percobaan ini kami menggunakan Windows 7 Ultimate.

Apa Itu Baidu WiFi Hotspot?

Yaitu sebuah software gratis yang dapat berjalan di Windows (tidak ada keterangan resmi support Windows apa saja) yang memiliki fungsi untuk menjadikan laptop sebagai Hotspot Wifi sehingga berbagai perangakat lain dapat terhubung dan mengakses koneksi internet.

Review Baidu WiFi Hotspot - Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sangat mudah, download lalu install dan jalankan karena secara otomatis aplikasi ini akan membuat SSID dan password WiFi hotspot di PC anda, dan anda juga dapat merubah SSID dan password sesuai keinginan, baca selengkapnya di sini : Mengubah Laptop Menjadi Hotspot Dengan Baidu WiFi Hotspot.

Perangkat Apa Saja Yang Bisa Konek Ke Baidu WiFi Hotspot?

Setelah menginstall dan menjalankan aplikasi Baidu WiFi Hotspot di Laptop atau PC (OS Windows) maka semua perangkat yang memiliki wifi adapter dapat terhubung, seperti smartphone, HP Android, Tablet, maupun Laptop. Jadi aplikasi ini bukan hanya dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android tetapi semua perangkat yang memiliki adapter WIFI.

Kelebihan dan Kekurangan Baidu WiFi Hotspot Apa Saja?

Kekurangan :

  1. Aplikasi ini hanya dapat berjalan setelah laptop atau komputer yang akan dijadikan sebagai server wifi hotspot terkoneksi ke internet.
  2. Proses start up – running pertama kali agak lambat dibandingkan aplikasi lain.
  3. Setelah melakukan restart WIFI kadang aplikasi tidak mau berjalan.

Kelebihan :

  1. Memiliki fitur Block dan Blacklist. Sehingga kita dapat mengatur perangkat mana saja yang dapat terhubung maupun dapat menggunakan akses internet dari Hotspot yang kita buat.
  2. Adanya fitur Transfer file dari Android ke PC dan sebaliknya, walau prosesnya agak sulit terutama saat akan transfer dari HP ke PC via Wifi.

FAQ

Q. Saya sudah install di Windows tetapi tidak dapat digunakan?

A. Mungkin aplikasi ini tidak kompatibel dengan OS anda, karena seperti kami jelaskan diatas tidak ada keterangan resmi versi Windows apa saja yang didukung, karena kamipun hanya mencoba pada Windows 7, jadi kami tidak menjamin jika aplikasi ini bisa berjalan di Windows XP atau Windows 8 karena belum mencobanya.

Q. Setelah restart wifi muncul error ‘Sorry, unable to create a WiFi Hotspot’

A. Tidak perlu restart PC, cukup dengan mematikan services ‘WifiHotspot.exe’ dari windows task manager, caranya CTRL+ALT+DEL atau klik kanan dari Windows status bar lalu pilih start windows task manager, pilih Tab Processes, cari WifiHotspot.exe lalu “End Process” kemudian buka kembali aplikasinya.

Q. Apa Beda Blocked dan Blacklist?

A. Blocked, artinya perangkat yang anda masukan ke daftar tersebut tidak akan bisa terhubung sama sekali ke hostpot, sedangkan Blacklist masih bisa konek tetapi tidak dapat menggunakan koneksi internet yang dishare, jadi walupun konek perangkat tersbut tidak bisa browsing dan sebagainya.

Q. Bagaimana Cara Blok dan Blaklist?

A. Caranya klik pada angka yang menunjukan jumlah perangakat yang terhubung, sehingga tampak seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik kanan pada perangkat yang ingin diblok atau blacklist. Pilih Disallow Connection untuk memblok dan pilih Add to Blacklist jika ingin memasukan perangkat tersebut ke daftar blackist.

Kelebihan dan Kekurangan Baidu WiFi Hotspot Apa Saja?

Kesimpualan

Aplikasi ini cukup layak dipertimbangan terutama dari segi fitur dan kemudahan penggunaan, karena tidak perlu melakukan banyak setting atau pengaturan yang membingungkan anda sudah dapat dengan mudah menjadikan laptop sebagai hotspot wifi untuk berbagi koneksi internet ke Android, maupun laptop.

Beberapa aplikasi lain yang dapat dipilih sebagai alternatif adalah My WiFi Router atau jika ingin lebih simpel terutama jika hanya digunakan untuk hotspot pribadi dirumah maka bisa juga mempertimbangkan menggunakan UC Browser.

Latest Comments
  1. Hendar S Rao (@Rao___) August 1, 2015
  2. Arifin Budi P May 26, 2015