Review : CamScanner Aplikasi Scan Android Ubah Foto/Gambar Menjadi PDF dan JPG

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjadikan Android sebagai scanner yang artinya anda dapat merubah foto maupun gambar dari gallery menjadi file PDF, dengan kata lain aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan perangkat scanner biasa walau tentu saja dengan berbagai keterbatasan.

Kali ini kami akan mengulas sedikit tentang CamScanner melalui review saederhana ini, aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi scaner Android terbaik, betulkah?.

Advertisements

Menentukan suatu aplikasi sebagai yang terbaik atau bukan tentu tidak mudah dan mungkin saja akan muncul beda pendapat, namun kami hanya akan melihat dari beberapa faktor yaitu kemudahan penggunaan, fitur, dan harga.

Tampilan CamScanner Aplikasi Scan Android

Review : CamScanner Aplikasi Scan Android Ubah Foto/Gambar Menjadi PDF dan JPG

Fitur CamScanner

  1. Scan dokumen seperti bukti pembayaran, slip, kwitansi dan lainnya baik menggunakan kamera ponsel maupun mengambil dari galley, kemudian disimpan sebagai PDF atau JPG, boleh dibilang aplikasi ini dapat merubah jpg ke PDF di Android.
  2. Crop dan optimasi image, setelah mengambil gambar kita dapat memotong untuk menyesuaikan ukuran dan mengoptimalkan gambar agar lebih jelas atau sesuai kebutuhan dengan beberapa mode yang tersedia Auto, Oroginal, Lighten, Magic Color, Gray Mode, B&W (hitam putih).
  3. Share PDF & JPG, CamScanner dilengkapi dengan fitur share sehingga setelah selesai scan kita bisa langsung kirim hasilnya melalui email, Twitter, Whatsapp, BBM, Upload ke Cloud seperti Dropbox, BlueTooth dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan

Tidak ada aplikasi yang sempurna begitu juga dengan CamScanner yang memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan diantaranya :

  1. Mudah digunakan dan hasil foto cukup optimal (tergantung kualitas kamera HP juga tentunya).
  2. Fitur share memudahkan untuk berbagai atau mengirimkan hasil scan tersebut dengan berbagai cara baik email, perpesanan instant, bluetooth, dan sebagainya. Tentu ini sangat berguna terutama jika anda harus segera mengirimkan hasil scan kwitansi, bukti pembayaran, slip atm dan lainnya ke kantor anda melalui email.
  3. Tidak mendukung OCR kecuali anda membayar atau upgrade ke premium dengan biaya sekitar $4.99 per bulan.
  4. Versi gratis menyertakan watermark pada setiap hasil scan.

Kesimpulan : Boleh dibilang CamScanner memang salah satu aplikasi scanner Android terbaik saat ini walau untuk versi gratis memiliki kekurangan yaitu adanya watermark namun jika dilihat dari kemudahan penggunaan dan fitur share.

Aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan terutama bagi anda yang sering bekerja dengan scanner di kantor dan terkadang diharuskan untuk segera mengirimkan bukti/dokumen ketika ada dilapangan dan dengan aplikasi CamScanner maka pekerjaan anda tidak akan terhambat atau harus repot kembali ke rumah atau kantor hanya untuk scan dokumen.

Alternatif lain anda juga bisa menggunakan : Google Drive, Office Lens, atau Tiny Scan. Penasaran ingin mencoba? silahkan Download Aplikasi CamScanner Android Terbaru dari Google Play Store