Sedikit Pebandingan Neteller VS Payoneer, Mana Yang Paling Oke?

Memang belum lama saya menggunakan Neteller tetapi tidak ada salahnya jika coba melakukan perbandingan dengan Payoneer karena keduanya sama-sama debit card dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi sobat yang masih bingung pilih Neteller atau Payoneer semoga tulisan ini bisa sedikit membantu memutuskan mana yang terbaik.

Advertisements

Saya tidak akan membandingkan secara mendetail tetapi hanya gambaran secara umum saja terutama kemudahan saat digunakan untuk transaksi pembayaran online maupun saat akan mengisi saldo atau deposit.

Sedikit Pebandingan Neteller VS Payoneer

Salah satu kelebihan dari Payoneer yang perlu sobat tahu adalah sudah lebih banyak digunakan oleh merchant atau situs partner sebagai alat pembayaran selain PayPal, sehingga sangat cocok bagi sobat yang hobi mencari uang online atau bekerja sebagai freelance.

Oke agar lebih jelas mari kita lakukan sedikit perbandingan sederhana agar tahu kelebihan serta kekurangan masing-masing alat pembayaran online ini.

#1 Payoneer

  1. Hanya menyediakan kartu plastik (fisik) sehingga kita tidak bisa menggunakannya jika belum menerima kartu debet ini, karena saat awal membuat akun kita juga harus lakukan verifikasi dengan memasukan nomor kartu debet yang tercetak di kartu.
  2. Proses load balance lebih sulit, karena jika kita belum pernah menerima pembayaran dari merchant/partner Payoneer maka tidak bisa melakukan private load atau mengisi saldo sendiri.
  3. Ada biaya tahunan, terkahir dari data akun saya biayanya adalah $29.5 per tahun dan $12.95 untuk penggantian kartu.
  4. Biaya tarik tunai di ATM $3.15 per transaksi.
  5. Biaya load / terima pembayaran $2 untuk standar (kurang dari 24 jam) dan $5 untuk immediate (kurang dari 2 jam).
  6. Proses isi saldo lama, butuh sekitar 3 hari kerja.
  7. Komunikasi mudah dan terbilang cepat, beberapa kali menghubungi Payoneer via email tidak sampai 3 hari sudah mendapat tanggapan.

#2 Neteller

  1. Perlu proses verifikasi dengan cara isi deposit terlebih dahulu kemudian upload dokumen pendukung seperti KTP/SIM.
  2. Menyediakan plastic (fisik) dan virtual card sehingga kita tidak perlu menunggu kartu debet datang ke rumah bisa langsung menggunakan untuk pembayaran atau dihubungkan ke PayPal.
  3. Pembuatan net plactic card tidak gratis, ada biaya $13 untuk pembuatan kartu dan pengiriman.
  4. Tidak ada biaya tahunan.
  5. Biaya tarik tunai di ATM $6 per transaksi.
  6. Proses load lebih mudah dan instant karena tidak hanya pakai kartu kredit kita juga bisa pakai kartu VISA seperti ATM Mandiri misalnya.
  7. Ada proses validasi sebelum kita bisa dengan bebas terus isi saldo, jika belum tervalidasi maka jumlah deposit dibatasi. Pengalaman saya setelah beberapa kali deposit akhirnya maksimal per hari hanya bisa $10.
  8. Komunikasi lambat, pertama kali tanya-tanya tenyang proses validasi baru 6 hari kemudian dibalas dan saat mengirim dokumen untuk keperluan validasi kartu debit Mandiri, sampai hari ini (sudah 5 hari) belum ada jawaban juga.

Catatan : biaya yang saya tulis diatas adalah per Maret 2016 jadi jika sobat lihat tidak sesuai kemungkinan sudah ada perubahan. Untuk lebih jelas bisa langsung cek di https://www.neteller.com/en/fees atau langsung masuk ke akun Payoneer lalu buka menu Help – Pricing & Fees.

Jadi mana yang terbaik? kalau saya bilang 11-12 alias tidak jauh berbeda tergantung kebutuhan kita. Jika kita lebih banyak menggunakan untuk membayar maka Neteller jelas lebih baik sedangkan jika lebih banyak digunakan untuk menerima pembayaran jelas Payoneer lebih baik.

Mana yang harus dipilih? seperti saya katakan diatas tergantung kebutuhan. Misal kita akan gunakan untuk verifikasi PayPal tanpa kartu kredit maka Neteller jawabannya karena lebih mudah didapatkan.

Info Tambahan Seputar Payoneer dan Neteller

Bagi sobat yang masih membutuhkan informasi lebih tentang Payoneer dan Neteller silahkan baca artikel yang pernah saya tulis berikut ini.

  1. Cara load saldo Payoneer.
  2. Cara Deposit Neteller pakai kartu ATM Mandiri.
  3. Cara Verifikasi Akun Neteller.
  4. Cara Tarik Uang Tunai Payoneer di ATM Bank Lokal.

Cukup buat akun, lakukan deposit via ATM Mandiri misalnya atau dari sumber lain kemudian lakukan verifikasi. Setelah verified buat VCC lalu tambahkan VCC tersebut ke PayPal. (Saya tidak menyarankan menggunakan cara ini untuk verifikasi PayPal karena lebih baik pakai kartu fisik & setahu saya PayPal tidak mengijinkan pakai VCC)

Ah tambah bingung, tidak perlu bingung. Saya beri contoh satu lagi. Misal kita ingin membeli domain, sewa hosting dan PayPal belum verified atau tidak ada saldo maka buat akun Neteller, isi saldo verifikasi dan request Net Plastic Card.

Setelah diterima, tambahkan ke akun PayPal atau langsung gunakan untuk membayar domain, hosting atau belanja ditempat lainnya secara online, karena fungsi nya sama dengan kartu kredit. Punya pengalaman atau pendapat lain dengan Neteller atau Payoneer? silahkan berbagi pengalaman sobat disini.

Latest Comments
  1. Ahmad September 12, 2016
    • Dian Ayu L September 14, 2016
  2. Andri August 29, 2016
    • Dian Ayu L August 29, 2016
  3. Teknonow.COM August 14, 2016
    • Dian Ayu L August 14, 2016
  4. keylash April 18, 2016
  5. wanna April 9, 2016
    • Dian Ayu April 9, 2016