Setelah Mencoba Disqus Akhirnya Kembali Menggunakan WordPress Comment

Beberapa hari belakangan penablog.com mencoba sistem komentar Disqus karena sedang membenahi beberapa postingan yang terkena copy paste dan memoderasi kembali komentar-komentar yang agak kurang pas untuk ditampilkan.

Setelah menggunakan Disqus, sengaja saya tidak tampilkan komentar lama sampai proses moderasi dan pengeditan komentar selesai, namun ternyata komentar Disqus ini sedikit membuat kurang nyaman pengunjung dan terbukti tidak ada satupun komentar masuk selain itu saya juga mendapat masukan dari pemiliik pursuingmydreams.com, katanya susah berkomentar walau sudah mencoba dengan akun Google Plus dan Twitter tetap tidak bisa karena harus melakukan verifikasi via email.

Advertisements

Ya itulah salah satu kelemahan Disqus ketika kita pasang di blog, setiap orang yang mau berkomentar harus memiliki akun Disqus jadi sangat berbeda dengan sistem komentar wordpress dimana kita bisa masuk dengan akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Google Plus jadi tidak perlu memiliki akun wordpress dan sepertinya ini lebih mudah dibandingkan Disqus.

Alasan Kenapa Saya Mengganti Disqus Ke WordPress Comment Lagi

  1. Pengunjung yang ingin berkomentar harus memiliki akun Disqus walau daftar menggunakan akun sosial media tetapi harus verifikasi email, entah apa ada salah setingan atau memang defaultnya begitu, saya tidak tahu karena baru pakai disqus.
  2. Sistem Comment WordPress lebih mudah untuk berinteraksi antara pemilik blog dan pengunjung terutama bagi yang berkomentar dengan akun wordpress, sehingga kita bisa langsung membaca dan membalas komentar yang masuk tanpa perlu log in ke blog utama tetapi cukup dari akun wordpress seperti tampak pada gambar berikut.Alasan Kenapa Saya Mengganti Disqus Ke WordPress Comment LagiSeperti terlihat pada gambar dengan wordpress comment, kita cukup log in ke dashboard wordpress.com lalu bisa membaca dan membalas komentar.

Pakai Disqus atau WordPress comment sebetulnya kembali pada pilihan masing-masing pemilik blog tetapi bagi saya sepertinya memilih sistem komentar bawaan wordpress lebih asik walau kita pakai hosting sendiri tetapi dengan menghubungkan jetpack ke akun WordPress kita pun bisa menikmati fitur-fitur seperti yang bisa dinikmati para blogger yang hosting di WordPress.com.

Update : setelah mempertimbangkan beberapa hal akhirnya penablog.com kembali menggunakan form komentar standar bawaan theme.

Latest Comments
  1. hilman May 28, 2016
    • Dian Ayu L May 29, 2016
  2. Tiyawann March 20, 2016
  3. oke January 21, 2016
  4. admin December 31, 2015
    • Penablog December 31, 2015
  5. Emaknya Benjamin br. Silaen December 27, 2015
    • Penablog December 28, 2015
  6. hobilari December 25, 2015
    • Penablog December 25, 2015