Spek VPS DigitalOcean RAM dan Hardisk Lebih Besar Harga Tetap

Ada kabar gembira buat yang sewa VPS di DigitalOcean karena saat ini spek VPS DigitalOcean RAM dan hardisk lebih besar namun harganya tetap sama, jadi kalau sebelumnya paling rendah adalah RAM 512 MB dengan harga sewa perbulan sekitar $5 kini dengan uang segitu kita bisa mendapat spek VPS RAM 1GB dengan ruang penyimpanan SSD 25GB.

Advertisement

Jika dilihat secara umun harga vps DigitalOcean terbaru 2018 ini tetap sama namun RAM naik rata-rata 2x lipat dibanding sebelumnya begitu juga SSD storage yang rata-rata naik.

Selain RAM dan SSD yang naik, perbedaan lainnya adalah saat ini ada 3 pilihan droplet yaitu Standard Droplets yang cocok untuk blog, Optimized Droplets, dan Flexible Droplets.

Spek VPS DigitalOcean RAM dan Hardisk Lebih Besar

Berikut ini adalah sebagian spesifikasi dan harga terbaru VPS DigitalOcean untuk Standard Droplets yang biasanya cocok untuk aplikasi web seperti wordpress dan lain sebaginya.

Spek VPS DigitalOcean RAM dan Hardisk Lebih Besar

Seperti terlihat pada gambar, saat ini sudah tidak ada lagi droplet dengan RAM 512MB karena yang terkecil adalah 1GB dengan SSD Disk 25 GB sebelumnya hanya 20 GB. Untuk cek harga lebih lengkap silahkan buka halaman ini https://www.digitalocean.com/pricing/

Karena sekarang spesifikasi droplet sudah berbeda, pertanyaanya adalah apakah perubahan ini akan berpengaruh pada droplet lama yang sudah kita miliki?

Jawabanya tidak, karena jika kita tidak resize maka droplet lama yang sudah berjalan akan memiliki spesifikasi yang sama.

Oleh karena itu jika kita ingin merasakan spek baru dengan RAM lebih tinggi namun harganya tetap sama maka kita harus mengubah / upgrade alias resize droplet yang kita miliki.

Apakah Resize Droplet Digital Ocean akan menghapus data?

Berdasar pengalaman saya tidak, artinya data blog atau yang lainnya akan tetap ada namun spesifikasi RAM, SSD dan CPU akan berubah sesuai dengan yang kita pilih saat upgrade.

Namun hal penting yang perlu diketahui saat resize kita harus shutdown vps terlebih dahulu jadi akan ada downtime beberapa saat yang lamanya tergantung dari jumlah space yang kita gunakan.

Untuk mengetahui berapa banyak space yang sudah kita gunakan caranya cek melalui console / akses via ssh kemudian ketik command df / -h dan nanti akan muncul seperti gambar berikut ini.

command df / -h

Lihat gambar yang diberi kotak biru, terlihat penggunaan space adalah 4.8GB dengan demikian kira-kira diperlukan waktu sekitar 4,8 menitan dengan rumus perkiraan 1 menit untuk setiap 1 GB space.

Bagaimana Cara Resize Droplet di DigitalOcean?

Yang paling mudah adalah melalui control panel, jadi silahkan login ke akun DigitalOcean kemudian pilih droplet yang akan diubah.

Matikan power / turn off lalu pilih Resize dan pilih CPU and RAM only jika ingin bisa dikembalikan ke spek awal atau pilih Disk, CPU and RAM jika ingin upgrade permanen (tidak bisa dikembalikan ke spek awal / diturunkan lagi)

Bagaimana Cara Resize Droplet di DigitalOcean?

Setelah itu silahkan pilih paket vps yang diinginkan lalu pilih tombol Resize dan tunggu sampai selesai, setelah selesai jangan lupa nyalakan kembali (ON) droplet kamu agar bisa kembali diakses.

catatan : resize droplet sudah saya tes beberapa kali dan hasilnya berjalan mulus, spek ram naik dan data blog wordpress tidak hilang alias tetap aman.

Kesimpulan, jika kamu mencari vps murah maka tidak ada salahnya mencoba DigitalOcean karena sekarang dengan $5 USD perbulan sudah bisa membuat droplet dengan RAM 1GB yang tentunya sudah cukup untuk hosting wordpress dengan pengunjung atau page view sampai 15.000 per hari tapi tentunya ini akan balik ke setingan atau optimasi vps maupun wordpressnya karena beberapa teman saya malah masih menggunakan vps ram 512 MB untuk blog wordpress dengan pengunjung unik sekitar 10.000 per hari.