Sukses Mengatasi Android Download dan Install Aplikasi Sendiri

Entah kapan tepatnya tiba-tiba HP Android Samsung Galaxy Grand 2 saya sering mendownload lalu install aplikasi sendiri. Maklum HP memang sering dipakai anak jadi saya tidak tahu apa yang dia lakukan sampe akhirnya bermunculan beberapa aplikasi yang muncul lagi walau sudah dihapus.

Tidak tanggung-tanggung sekali terinstal bisa 4-5 aplikasi sekaligus dan akibatnya HP jadi lemot responnya jadi lama karena itu aplikasi rata-rata berjalan dibackground.

Advertisements

Setelah coba beberapa cara kecuali factory reset akhirnya ketemulah solusi mengatasi Android suka download lalu install aplikasi sendiri dan susah dibuang karena akan muncul lagi setiap kali terhubung ke internet atau membuka Google Play Store.

Walau memang ini cuma solusi sementara tetapi setidaknya sudah satu minggu lebih tidak pernah lagi ada app yang tiba-tiba muncul sendiri seperti APUS, Hola Launher dan lainnya, bagaimana mengatasinya? yu simak cara sederhana yang saya lakukan tanpa perlu melakukan factory reset.

Pengalaman Mengatasi Android Download dan Install Aplikasi Sendiri

Sekedar mengingatkan, cara yang akan saya jelaskan berikut mungkin tidak bisa mengatasi semua masalah aplikasi Android suka muncul sendiri walau udah dihapus, tetapi tidak ada salahnya mencoba sebelum memutuskan untuk factory reset dan sebagainya.

Catatan : HP yang digunakan belum diroot alias masih asli menggunakan OS KitKat

Berikut adalah beberapa langkah yang sudah saya coba dan sukses mengatasi HP Android install aplikasi sendiri.

1 – Install ESET Mobile Security & Antivirus.

Apa tujuannya? yaitu untuk mencari penyebab atau aplikasi bandel yang terinfeksi Adware dan sebagainya, karena saya coba pakai antivirus Android lainnya tidak ada yang berhasil mendeteksi kecuali ESET.

Setelah terpasang, kemudian jalankan. Pilih Antivirus dan ubah Scan Level menjadi Deep lalu pilih Scan Device dan tunggu sampai selesai.

Mencari Penyebab Aplikasi Install Sendiri di HP Android Dengan ESET

Jika ditemukan ada aplikasi berbahaya maka akan muncul peringatan seperti tampak pada gambar diatas, coba pilih Resolve All dulu namun jika tidak bisa dihapus seperti gambar dibawah ini maka lanjutkan ke langkah no.2

Sukses Mengatasi Android Download dan Install Aplikasi Sendiri

Jika masih kurang jelas cara menggunakan ESET silahkan baca artikel ini.

2 – Masuk Ke Safe Mode dan Stop Aplikasi

Setelah langkah pertama dilakukan dan ditemukan aplikasi berbahaya namun tidak bisa dihapus (Unresolved Threats) maka yang bisa kita lakukan adalah hanya stop agar service tersebut tidak berjalan lagi sehingga tidak akan menginstall aplikasi sendiri seperti sebelumnya.

Pertama-tama restart Android ke safe mode, karena saya pakai Galaxy Grand 2 mungkin caranya akan berbeda jika kamu pakai merk/tipe lain jadi silahkan googling jika caranya beda.

Namun untuk Samsung Galaxy Grand 2 cara masuk ke safe mode adalah, shut down atau matikan ponsel kemudian restart lagi namun tetap tekan tombol power sampai muncul logo/tulisan Galaxy Grand lalu lepas power dan tekan volume down sampai berhasil restart.

Jika berhasil masuk ke safe mode akan muncul tulisan safe mode dilayar HP bagian bawah kiri, dan tidak ada aplikasi lain yang berjalan kecuali bawaan HP.

Selanjutnya cari aplikasi yang harus distop berdasar hasil scan ESET, pada kasus ini untuk saya adalah FirewallService dan SecurityService.

Tidak Bisa Dihapus Lalu Apa Solusinya

Langkahnya buka menu Settings atau pengaturan lalu buka tab ALL lalu cari yang ingin distop setelah ketemu pilih Turn Off, selesai. Lakukan langkah ini sampai semua app berbahaya berhenti.

Terakhir restart HP dalam keadaan normal dan coba cek kembali apakah apps yang sudah kita matikan masih berjalan atau tidak, namun dari pengalaman saya saat stop lewat safe mode semua aplikasi bandel tersebut tidak akan berjalan lagi.

Cara Lain Yang Pernah Dicoba dan Gagal

Sebelum tahu pakai ESET saya juga sudah melakukan beberapa langkah namun semuanya gagal mengatasi Android install aplikasi sendiri, diantaranya.

  1. Hapus akun Google Play Store dan ganti dengan yang baru.
  2. Nonaktifkan auto update Google Play Store.
  3. Nonaktifkan usb debugging & Unknown source.
  4. Stop aplikasi bukan dari safe mode.

Itulah beberapa langkah lain yang pernah dicoba dan semua gagal, jadi untuk kasus saya yang berhasil adalah dengan stop aplikasi yang mengandung adware lewat safe mode.

Semoga bermanfaat dan jika masih kurang jelas silahkan tanyakan. Tambahan HP Android saya belum di root jadi memang cuma stop aplikasi via sefe mode yang bisa dilakukan. Baca juga : beli eset antivirus pakai pulsa.

Latest Comments
  1. Daniel Lestya August 24, 2016
    • Dian Ayu L August 24, 2016
      • Daniel Lestya August 26, 2016
        • Dian Ayu L August 27, 2016
  2. andrew August 15, 2016
    • Dian Ayu L August 17, 2016
  3. Ryan August 5, 2016
  4. Lisa July 19, 2016
    • Dian Ayu L July 20, 2016
      • Lisa July 23, 2016
  5. Lisa July 17, 2016
    • Dian Ayu L July 18, 2016
  6. Lisa July 17, 2016
    • Dian Ayu L July 17, 2016
  7. BUDI SUPRIYADI July 7, 2016
    • Dian Ayu L July 8, 2016
  8. VinZ July 4, 2016
    • Andy August 24, 2016
  9. orang June 6, 2016
    • Dian Ayu L June 7, 2016
  10. revi May 20, 2016
    • Dian Ayu L May 22, 2016
  11. Jude March 28, 2016
  12. Jude March 28, 2016
    • Penablog March 28, 2016
  13. Nayla March 5, 2016
    • Penablog March 5, 2016
      • Nayla March 5, 2016
  14. riza hariyani February 29, 2016
    • Penablog February 29, 2016
  15. hafidz February 28, 2016
    • Penablog February 28, 2016