Wajib Tahu Sebelum Anda Kirim File APK via Bluetooth Dengan Share Apps

Sebelumnya kami telah berbagi cara kirim aplikasi game Android lewat bluetooth menggunakan share apps, setelah mencoba beberapa kali akhirnya kami mengerti sistem kerja dari app ini yaitu mengambil file apk dari aplikasi yang sudah terinstall pada HP Android kemudian menyimpannya ke folder share_apps.

Karena share apps akan membuat duplikat dari file apk yang ingin dikirimkan maka hal ini akan menyebabkan ruang penyimpanan atau memory ponsel anda cepat habis jika tidak segera menghapusnya setelah selesai mengirim, tidak perlu khawatir salah menghapus karena anda hanya perlu hapus apk yang ada di folder share_apps.

Advertisements

Tidak ada aplikasi yang sempurna begitu pula dengan share apps, dan berikut adalah detailnya :

Kelebihan Kekurangan Share Apps

  1. Ukuran file installer cukup kecil (kurang dari 3MB) sehingga tidak akan memakan banyak memori HP anda.
  2. Cukup mudah digunakan untuk mengirim apk ke sesama Android melalui bluetooth.
  3. Hati-hati jika memilih transfer face to face karena akan merubah nama APN pada Tethering Mobile Hotspot yang telah anda buat, karena ini kami alami saat mencoba share face-to-face ternyata APN yang tadinya penablogAP berubah menjadi nama yang baru dengan password baru pula (ini hanya terjadi pada ponsel pengirim / asal)
  4. Setiap APK yang dikirim ke ponsel target akan di duplikasi terlebih dahulu kemudian disimpan di folder share_apps dan dari sanalah aplikasi ini dapat mengirimkan file game maupun aplikasi lainnya ke ponsel target dan inilah yang menjadi salah satu kelemahannya jika kita kirim banyak file sekaligus sehingga total ukurannya besar selain itu file yang telah dicopy tersebut akan tetap tersimpan pada folder share_apps artinya jika tidak anda hapus secara manual maka jangan heran memori cepat habis.

Hapus File APK Android

Seperti terlihat pada gambar diatas, setelah sukses mengirimkan game dan aplikasi ke HP Android lain ternyata share apps meninggalkan semua apk yang total ukurannya lebih dari 300MB dan jika tidak dihapus tentu saja ini pemborosan dan akan cepat menghabisakan memori ponsel.

Jika dilihat dari kegunaannya memang share apps cukup bermanfaat karena memudahkan kita untuk share aplikasi atau game ke sesama Android sehingga tidak perlu lagi mendownload dari Google Play Store namun perlu diperhatikan setiap kali selesai mengirim segera hapus file apk yang tersimpan di folder share_apps agar ruang penyimpanan ponsel anda tetap besar.

Untuk menghapus file apk duplikat tersebut bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti CCleaner atau ES File Explorer jika ingin melakukan secara manual.

Jika menggunakan CCleaner caranya cukup mudah yaitu, jalankan aplikasinya lalu pilih ANALYZE dan tunggu sampai selesai menganalisa terakhir pilih CLEAN.

Menghapus APK

Sedangkan jika menggunakan file manager seperti ES File Explorer silahkan cari folder share_apps dan hapus semua apk yang ada disitu.

Kesimpulannya jika ruang penyimpanan Android anda tiba-tiba penuh setelah mengirimkan aplikasi game ke HP lain menggunakan share apps segeralah periksa dan hapus file-file apk yang ada di share_apps.

Latest Comments
  1. jonna July 26, 2015
    • Ayu Listia July 26, 2015
  2. Muhamad Tan'in June 8, 2015
    • Ayu Listia June 9, 2015
    • Ayu Listia June 16, 2015
      • jonna July 26, 2015
      • jonna July 26, 2015
  3. a.hudory April 23, 2015
    • Ayu Listia April 24, 2015